fbpx

Beasiswa Pemerintah Taiwan untuk Kuliah Gratis di Luar Negeri

Ada kabar baik, nih! Sambil menunggu situasi kondusif, kamu dapat meluangkan waktu untuk mencari informasi beasiswa. Salah satunya yaitu beasiswa pemerintah Taiwan.

Secara umum, beasiswa pemerintah Taiwan terbagi ke dua jenis, yaitu MOFA dan MOE. Perbedaannya, MOFA lebih memprioritaskan pelamar berasal dari negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Taiwan, sedangkan MOE mengizinkan pelamar dari negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik.

  1. MOFA Taiwan Scholarship
Sumber: Pexels

Periode beasiswa S1, S2, dan S3 ini biasa dibuka setiap awal tahun, yakni sekitar Februari-Maret. Beasiswa MOFA Taiwan pada prinsipnya diberikan kepada mahasiswa dari negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Taiwan. Namun, pertimbangan khusus juga dapat diberikan kepada siswa dari negara lain.

Dilansir dari Taiwan Fellowship and Scholarship, cakupan beasiswa berupa uang bulanan sebesar NT $25.000 (Rp 12.574.382) untuk program Bahasa Mandarin non degree (LEP). Lalu, NT $30.000 (Rp 15.089.258) untuk program bergelar. Selain itu, beasiswa ini juga memberikan tiket pesawat kelas ekonomi untuk penerbangan langsung ke dan dari Taiwan.

Cakupan beasiswa tidak termasuk biaya tempat tinggal. Penerima bertanggung jawab atas semua biaya selama mereka tinggal di Taiwan. Informasi lebih lanjut dapat kamu lihat melalui situs resmi MOFA.

Persyaratan umum

Sumber: Pexels
  • Merupakan lulusan sekolah menengah atas atau lebih dengan catatan akademik yang sangat baik dan memiliki karakter moral yang baik serta tidak memiliki catatan kriminal.
  • Bukan warga negara Republik Tiongkok (Taiwan)
  • Bukan mahasiswa Taiwan atau keturunan Taiwan di luar negeri
  • Belum pernah menghadiri institusi pendidikan di Taiwan dengan tingkat gelar atau LEP yang sama dengan yang dia ingin lamar.
  • Bukan siswa pertukaran melalui perjanjian kerja sama antara universitas / perguruan tinggi asing dan lembaga pendidikan di Taiwan saat menerima beasiswa.
  • Belum pernah mengalami pencabutan beasiswa oleh instansi pemerintah Republik Indonesia atau instansi terkait lainnya.

Kontak Resmi MOFA Taiwan Scholarship

Tel: +886-2-2236-8225 ext. 84212

Fax: +886-2-2236-8593  

Email: loicweng@mail.shu.edu.tw

2. MOE Taiwan Scholarship

Sumber: Pexels

Beasiswa ini dibuka untuk jenjang S1, S2, dan S3 setiap tahun pada bulan Februari – Maret. Program Beasiswa Taiwan adalah inisiatif bersama yang diluncurkan oleh Kementerian Luar Negeri (MOFA), Kementerian Pendidikan (MOE), Kementerian Urusan Ekonomi (MOEA) dan Dewan Sains Nasional (NSC) pada tahun 2004.

Dilansir dari Taiwan Fellowship and Scholarship, penerima beasiswa jenjang S1 akan mendapatkan tunjangan bulanan sebesar NT $15.000 (Rp 7.544.629) dan NT $20.000 (Rp 10.059.505) untuk mahasiswa pascasarjana. Beasiswa berlaku 4 tahun untuk jenjang S1, lalu 2 tahun untuk pascasarjana, dan 4 tahun untuk program doktoral.

Informasi lebih lengkap dapat dilihat melalui situs resmi MOE Taiwan.

Persyaratan Umum

Secara umum, beasiswa pemerintah Taiwan terbagi ke dua jenis, yaitu MOFA dan MOE. Secara umum, pemberkasan beasiswa cenderung lebih mudah.
Sumber: Pexels
  • Memiliki ijazah sekolah menengah atau lebih tinggi, berprestasi baik di institusi akademis terakhirnya dan memiliki karakter moral yang baik.
  • Bukan warga negara Taiwan, atau bukan seorang Taiwan di perantauan.
  • Belum pernah mendaftar di institusi pendidikan di Taiwan untuk tingkat yang sama dengan aplikasi saat ini.
  • Tidak menjadi siswa pertukaran melalui perjanjian kerjasama akademik antara universitas / perguruan tinggi luar negeri dan lembaga pendidikan di Taiwan.
  • Tidak memiliki catatan pencabutan program beasiswa MOE atau beasiswa lain yang disponsori pemerintah. Penerima tidak dapat menerima R.O.C. beasiswa atau subsidi yang disponsori pemerintah secara bersamaan dengan beasiswa ini.

Kontak Resmi

Tel: +886-2-2236-8225 ext.  4211
Fax: +886-2-2236-8593
Email: yllau@mail.shu.edu.tw

Itulah informasi mengenai beasiswa pemerintah Taiwan. Secara umum, melamar beasiswa ke Taiwan cenderung mudah dari sisi perbekasan. Tapi, tetap tidak bisa disepelekan, ya! Kamu harus tetap mempersiapkannya dari jauh-jauh hari. Selamat berjuang!

For Your Information

Apa saja beasiswa pemerintah Taiwan?

Secara umum, beasiswa pemerintah Taiwan terbagi ke dua jenis, yaitu MOFA dan MOE

Apa perbedaan beasiswa pemerintah Taiwan MOFA dan MOE?

Perbedaannya, MOFA lebih memprioritaskan pelamar berasal dari negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Taiwan, sedangkan MOE mengizinkan pelamar dari negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik

Ingin mengetahui cerita lain di Taipei?