fbpx

Beasiswa Pemerintah Rusia 2020 Diperpanjang Hingga 1 Maret 2020

Halo, anak rantau! Ada kabar bahagia nih, bagi kalian pengincar beasiswa Rusia 2020. Pada akhir tahun lalu, Mahfud MD selaku Menko Polhukam melakukan kerjasama dengan pemerintah Rusia di bidan pendidikan. Hasil kerja sama tersebut membuahkan hasil bahwa pemerintah Rusia sepakat menambah kuota penerima beasiswa asal Indonesia hingga 1000 orang per tahun. Iya, kamu tidak salah baca! Begitu banyak, bukan? Sehubungan peraturan baru tersebut, maka pemerintah Rusia juga mengubah jadwal tenggat waktu pendaftaran (deadline) menjadi 1 Maret 2020.

Beasiswa penuh (fully funded) ini memiliki cakupan yang sangat mengagumkan, yaitu biaya kuliah ditanggung 100% plus beasiswa pemerintah untuk 5-100 proyek di universitas terkemuka, lalu biaya hidup, hingga tiket pesawat pulang pergi (PP). Bonusnya, penerima beasiswa juga akan mendapatkan banyak kenalan dosen pemenang hadiah nobel di penelitian dan pendidikan global. Bagus banget, kan!

Meskipun masih Maret, akan tetapi bukan saatnya kamu rebahan. Kamu bukanlah roro jonggrang yang dapat membuat banyak candi dalam 1 malam. Persiapan beasiswa tidak memakan waktu 1 atau 2 minggu, melainkan berbulan-bulan supaya hasilnya maksimal. Ayo, wujudkan resolusi kuliah di luar negeri tahun ini dengan beasiswa pemerintah 2020 ini!

Persyaratan Umum Beasiswa Pemerintah Rusia 2020

Pemerintah Rusia memperbanyak kuota beasiswa untuk pelamar Indonesia. (Sumber: Pexels)

Beasiswa Pemerintah Rusia 2020 memiliki batasan usia dan nilai yang harus diperhatikan oleh pelamar. Selain itu, supaya lebih besar peluang diterima, alangkah lebih baik pelamar memiliki prestasi di bidang akademik, seni, dan atau olahraga. Berikut daftar usia berdasarkan jenjang pendidikan yang diinginkan:

SI: Usia di bawah 25 tahun , memiliki nilai rapor 80

S2: Usia di bawah 35 tahun, memiliki IPK di atas 3.0

S3: Usia di bawah 45 tahun, memiliki IPK di atas 3.0

Apakah kamu memenuhi persyaratan umum? Jika iya, langsung siapkan berkas, ya!

Dokumen yang Harus Disiapkan

Belajar gratis bagi pelamar Indonesia. (Sumber: Pexels)

Terdapat kurang lebih 10 dokumen yang harus dipersiapkan dan dikumpulkan saat melamar Beasiswa Pemerintah Rusia 2020 ini. Cek kelengkapannya supaya tidak ada yang terlewat, ya!

  1. Paspor
  2. Ijazah terlegalisir. Jika belum punya, maka gunakan nilai rapor terakhir
  3. Transkrip nilai (terlegalisir)
  4. SKHUN
  5. Akte kelahiran
  6. Medical certificate (Surat Keterangan Sehat dan Jasmani, HIV, AIDS). Perlu diperhatikan bahwa penderita TBC dan Hepatitis tidak diperbolehkan mendaftar beasiswa
  7. Surat pernyataan dan pendanaan
  8. Surat jaminan
  9. Motivasi dan abstrak
  10. Khusus untuk S3 harus sudah memiliki LOA dan calon supervisor tempat universitas yang dituju

Proses Pendaftaran Beasiswa Pemerintah Rusia 2020

Kuliah sambil jalan-jalan gratis di Rusia. Sumber: https://skift.com/

Proses penyeleksian terdiri dari tes seleksi dokumen dan wawancara

  1. Buat akun terlebih dahulu di situs terbaru Future in Rusia.
  2. Isi data. JIka kamu tidak memiliki nama ayah di belakang nama (patronim), maka kosongkan saja bagian tersebut, sekalipun namamu memiliki 3 kata.
  3. Pilih program studi dan universitas, lalu submit dokumen persyaratan wajib. Oh, iya jika pelamar kebingungan, maka pihak panitia siap menjawab pertanyaanmu via e-mail beasiswarusia@gmail.com

Itulah sekilas mengenai beasiswa bergengsi yang diadakan oleh pemerintah Rusia. Awas, jangan malas, ya! Beasiswa merupakan pertarungan sengit karena donatur ingin mendapatkan penerima yang bekerja keras dan penuh skill. Bagaimana, apakah kamu sudah siap mendaftar? Semoga berhasil, ya!

Selain beasiswa ini, Pemerintah Korea Selatan juga membuka program beasiswa untuk jenjang S2 dan S3 pada Februari 2020. Stay tune dengan membaca panduan lengkapnya, ya!

For Your Information

Siapa saja yang bisa mendaftar Beasiswa Pemerintah Rusia 2020?

S1: Usia di bawah 25 tahun , memiliki nilai rapor 80
S2: Usia di bawah 35 tahun, memiliki IPK di atas 3.0
S3: Usia di bawah 45 tahun, memiliki IPK di atas 3.0

Ingin mengetahui cerita lain di Moscow?