Melalui Beasiswa ASEAN, Kuliah di NTU Singapura Bukan Cuma Mimpi!

Kamu para scholarship seeker, sudah saatnya untuk mengenal salah satu program beasiswa bergengsi untuk melanjutkan studi ke Nanyang Technological University (NTU), Singapura. Beasiswa Sarjana ASEAN diusung oleh NTU untuk warga negara dari Asosiasi Negara Asia Tenggara (ASEAN) kecuali Singapura sebagai tuan rumah.

Beasiswa ini mencakup gratis uang kuliah (tuition fee) serta uang saku sebesar S$5.800 per tahun akademiknya. Hal ini sepadan dengan beberapa persyaratan yang harus diikuti oleh penerima beasiswa nantinya seperti mempertahankan Kumulatif Grade Point Average (CGPA) minimum 3.5 dari 5.0 serta penilaian attitude mahasiswa.

bangunan di NTU (Nanyang Technology University) di Singapura
Sumber: Human Resources Online

Sebagai universitas yang menempati urutan ke-12 versi QS World University Ranking, NTU menatapkan beberapa ketentuan khusus bagi calon penerima beasiswa. Dilansir dari channel youtube KalderaNews, Gabriel James Goenawan salah satu penerima beasiswa ASEAN 2019, menjelaskan tips untuk kamu calon mahasiswa penerima beasiswa NTU di masa depan, mantap!

Murid berpose di depan Nanyang Technological University - Beasiswa ASEAN NTU

Segala informasi terkait penerimaan beasiswa ASEAN dapat kamu akses melalui website resmi NTU yang sudah menjelaskan secara lengkap dan sistematis.

Kamu dapat login untuk melengkapi data sebagai calon penerima beasiswa, melampirkan dokumen Personal Statement berupa esai pribadi yang tidak lebih dari 300 kata, Recommendation Letter, serta nilai rapor. Mempertahankan nilai rapor agar tetap konsisten bagus atau mengalami grafik peningkatan sangatlah penting untuk kamu yang nantinya ingin melanjutkan perkuliahan dengan jalur beasiswa.

Gymnasium di NTU (Nanyang Technological University) di Singapura - Beasiswa ASEAN NTU
Sumber: Nanyang Technological University

NTU akan memanggil 20 orang dengan nilai tertinggi pada tes awal untuk dilakukan seleksi interview selanjutnya.

Setelah menyelesaikan prosedur tes tertulis, kamu akan diinterview oleh tiga orang professor di NTU langsung atau via skype jika tidak bisa datang. Fokus pertanyaan adalah seputar passion, apa yang akan dilakukan dengan gelar yang sudah kamu peroleh nantinya, serta kontribusi apa yang akan kamu lakukan untuk NTU, Singapura, dan negara asal kamu.

A man interviewed by a panel of judge - Beasiswa ASEAN NTU
Sumber: Kontemplasi Sejenak

Leadership program serta kegiatan ekstrakulikuler untuk mengembangkan minat dan bakat penting untuk kamu pahami.

NTU menginginkan mahasiswa yang memiliki pengalaman dan mengerti terhadap diri mereka sendiri dan passion yang kamu miliki. Hal ini agar kamu nantinya memahami proses perkuliahan dengan baik, mengikuti informasi teknologi, serta terlibat aktif dalam kegiatan kemahasiswaan.

gotong royong - Beasiswa ASEAN NTU
Sumber: CIO.com

Kesempatan menempuh studi formal di NTU nantinya tentu akan menjadi prestasi bergengsi terlebih dilalui dengan jalan beasiswa. Bertemu dengan pengajar hebat dan koneksi pertemenan dari berbagai negara.  Self-education will make you a fortune, pengalaman kuliah di Singapura dan jauh dari sanak keluarga akan memberikan pengalaman dan pelajaran kehidupan yang berharga untuk kamu. Yuk, persiapkan diri dari sekarang!

Yuk! cari tahu bagaimana mendapatkan beasiswa ekstensi dari D3/D4 ke S1 dengan beasiswa Westminster.