Begini Caranya Tonton Penampilan Artis Korea di KPOP Music Show!

Membahas idol dan boyband Korea memang tidak akan ada habisnya. Dari tahun ke tahun selalu ada trend baru di industri musik dan hiburan Korea. Pun, penggemarnya juga semakin bertambah jika dilihat melalui Google Trends, bahkan Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki minat K-POP tertinggi di dunia. Saking suburnya, rasanya belum cukup jika belum mencoba tonton penampilan artisnya di KPOP Music Show.

Anak Rantau - Cara Menonton Konser KPOP Music Show Gratis
Sumber: Pexels

Kegiatan tersebut sayang untuk dilewatkan, terlebih jika waktu kunjungan ke Korea Selatan bertepatan dengan rilisnya album baru idola favoritmu. Acara musik mingguan juga terbuka untuk fans internasional, asalkan dapat memenuhi persyaratan layaknya warga lokal di sana. Mumpung akhir tahun, banyak sekali program musik korea yang mengadakan pertunjukkan spesial menjelang tahun baru 2020. Supaya tidak hanya angan-agan, wujudkan keinginanmu untuk menonton penampilan artis korea di KPOP Music Show dengan baca panduan lengkap ini!

Dua Cara untuk Mampir ke KPOP Music Show

Anak Rantau - BTS Mnet Countdown Cara Menonton Konser KPOP Music Show Gratis
Sumber: HoneyJoonie94, Salah Satu Fansite BTS.

Berkunjung dan melihat langsung penampilan musik artis di luar konsernya merupakan salah satu impian penggemar K-POP internasional. Sebelum memutuskan untuk datang, ada baiknya kamu persiapkan segalanya dengan matang supaya tidak kecewa. Dilansir Soompi, seorang fans harus pastikan 3 hal penting ini :

  • Artis/idola sedang promosi karya terbaru.
  • Artis/idola memiliki kumpulan fans (fandom) yang besar.
  • Artis/idola memiliki tingkatan lebih senior dibandingkan bintang tamu lainnya. Pada Korea Music Show, senioritas menentukan giliran tampil dan screen time. Semakin senior, maka akan tampil di stage terakhir dan screen time lebih banyak.

Hampir semua program musik di Korea memakai sistem pre-record dan live. Adanya kombinasi tersebut supaya transisi antar artis ketika masuk keluar panggung menjadi lebih enak dilihat di televisi, apalagi jika idola memiliki panggung lebih dari satu saat masa promosi. Secara umum, ada dua cara untuk bisa mampir ke program musik k-pop di Korea Selatan, yaitu reservasi melalui stasiun televisi dan pemesanan melalui official fanclub.

1.Pesan Tiket Melalui Stasiun Televisi

Beberapa program musik korea memberikan kemudahan bagi penggemar yang ingin datang, baik dari segi akses maupun pemakaian bahasa Inggris pada aplikasi. Biasanya, 3 acara paling terkenal ini yang paling diincar untuk dikunjungi. Saking tingginya permintaan, seringkali stasiun televisi memberlakukan sistem kuota. Nah, bacalah hingga tuntas supaya kebagian, ya!

1. M Countdown

Anak Rantau - EXO Mnet Countdown Cara Menonton Konser KPOP Music Show Gratis
Sumber: Mcountdown

Waktu dan Hari Rekaman: Kamis, 18.00 KST/ 16.00 WIB

Acara musik mingguan ini paling terkenal di kalangan fans k-pop internasional melalui TV kabel sekaligus paling mudah diakses karena terletak di Digital Media City. Tidak ada proses pendaftaran yang sulit karena memakai sistem siapa cepat dia dapat (first-come, first-served). Saking hitsnya, banyak fans yang rela antri sejak subuh untuk masuk ke studionya yang berlokasi di CJ E&M Center (2F) Studio. Pasalnya, hanya 200 penonton yang diizinkan menyaksikan langsung idola favoritnya rekaman di sana.

Persaingan yang ketat membuat pengunjung harus memiliki persiapan extra supaya dapat kursi. Biasanya, artis yang sudah memiliki banyak fans akan memberikan snack berupa food truck sebelum atau setelah rekaman sebagai ucapan terima kasih. Sebelum datang, cek line up bintang tamu di situs resmi M Countdown versi Bahasa Inggris.

Transportasi: Seoul Subway Line 6, lalu turun di Digital Media City Station, Exit 2. Kemudian, jalan kaki selama 10 menit atau naik taksi supaya lebih cepat.

Situs Resmi: https://www.mwave.me/en/mcountdown (Bahasa Inggris).

2. KBS Music Bank

Anak Rantau - Red Velvet Cara Menonton Konser KPOP Music Show Gratis
Sumber: OSEN

Waktu dan Hari Rekaman: Jumat, 17.00 KST/ 15.00 WIB

Music Bank merupakan acara musik Korea yang sering mengadakan konser di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Meskipun begitu, nuansanya berbeda dengan program mingguan yang dapat kamu saksikan secara gratis. KBS selaku stasiun TV yang menaunginya selalu mengundi tiket masuk setiap minggunya.

Kamu cukup membuat akun KBS, lalu mendaftar undian sekaligus member di tautan ini. KBS membuka pendaftaran untuk 4 kategori, yaitu general members( di atas 14 tahun), anak-anak (di bawah usia 14 tahun), warga negara asing yang tinggal di korea, dan luar negeri. Klik sesuai status dan peraturan umur (di atas 14 tahun). Undian dibuka dari Kamis jam 09.00 KST hingga Jumat jam 24.00 KST. Cantumkan nomor registrasi residen atau nomor passport bagi fans internasional. Pemenang akan mendapatkan dua tiket, jadi jangan lupa ajak teman, ya! Pengumumannya selalu dilakukan setiap Senin setelah jam 5 sore di situs resminya.

Pemenang terpilih harus menukar nomor reservasi di KBS New Wing Open Hall saat hari rekaman. Tiket diakui jika ditukar antara 16.50 KST hingga 17.20 KST, lewat dari jam tersebut maka dianggap hangus. Selain itu, penonton juga wajib berusia di atas 15 tahun. Jika tiket masih tersedia, maka KBS dapat membagikannya secara langsung di tempat ke unregisted guest antara jam 17.30 KST hingga 18.00 KST. Barangkali ada yang ingin berburu keberuntungan, maka silakan datang ke kantornya di Seoul, Yeongdeungpo-gu, Yeouido-dong 18. Tapi, fans juga bisa melihat red carpet artis di halaman gedung KBS jika tidak ingin atau tidak bisa masuk ke studio rekaman.

Transportasi: National Assembly Station (Seoul Subway Line 9), Exit 4, jalan kaki 3-4 menit.

Situs Resmi: http://www.kbs.co.kr/ (Bahasa Korea, tetapi Google bisa menerjemahkan ke dalam Bahasa Inggris).

3. SBS Live Inkigayo

Anak Rantau - Blackpink SBS Live Inkigayo Cara Menonton Konser KPOP Music Show Gratis
Sumber: SBS Live Inkigayo

Waktu dan Hari Rekaman: Minggu,15.30 KST/ 13.30 WIB

Acara musik mingguan yang terakhir ini juga memiliki sistem yang sama seperti Music Bank, yaitu undian dengan pemenang mendapatkan 2 tiket. Fans internasional juga bisa ikutan dengan mendaftar member terlebih dahulu di tautan ini. Pengumuman yang beruntung dilakukan setiap Kamis setelah jam 15.00 KST melalui situs resmi SBS. Supaya lebih mudah, alangkah baiknya kamu memiliki teman Korea Selatan supaya lebih mudah memahami isi websitenya. Lebih bagus lagi kalau kamu bisa Bahasa Korea, meskipun ala kadarnya.

Batasan usia peserta dan penonton adalah di atas 15 tahun. Pemenang harus menukarkan tiket di SBS Open Hall, Deungchon-dong hari Minggu dari jam 14.30 KST hingga sebelum 15.30 KST. Jangan telat supaya tiket tidak hangus!

Transportasi: Gayang Station (Seoul Subway Line 9), Exit 10, lalu jalan kaki sekitar 5 menit.

Situs Resmihttp://wizard2.sbs.co.kr (Bahasa Korea, tetapi Google bisa menerjemahkan ke dalam Bahasa Inggris).


2. Mendapatkan Tiket Melalui Official Fanclub

Sumber: Pexels

Ada keuntungan jika kamu mendaftar di official fansclub, yaitu kamu akan otomatis mendapatkan tiket untuk acara-acara tertentu, seperti nonton acara musik ini. Akan tetapi, fans harus merogoh kocek lebih dalam dan setiap fansclub memiliki perbedaan kebijakan dalam mengalokasikan tiket. Pun, adapula fansclub yang belum tentu membuka pendaftaran setiap setahun sekali, akan tetapi jika sudah masuk, maka penggemar akan mendapatkan info rekaman di fansclub resmi.

Nah, itulah beragam cara untuk tonton penampilan artis korea di KPOP Music Show. Ingatlah untuk membaca dan mematuhi peraturan yang berlaku biar kamu tidak diusir paksa dari studio rekaman, seperti penggemar dilarang untuk mengambil gambar dalam bentuk apapun supaya siaran tidak bocor duluan ke publik. Tetapi, ada beberapa situasi diperbolehkan untuk merekam atau foto, misal saat perayaan tahun baru karena panggungnya terbagi dua, yakni indoor & outdoor. Intinya, jangan malu-maluin diri sendiri, ya!

Kalau kamu belum siap berburu tiket, maka banyak destinasi fangirling lainnya yang bisa kamu kunjungi secara gratis. Selamat berlibur, ya!