fbpx

Bagaimana Cara Meningkatkan Skill Saat Berada di Rumah?

Seluruh orang di dunia sekarang ini dianjurkan untuk tetap berada di rumah. Tentu, hal ini merupakan bagian dari upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19. Tetap menjaga kesehatan menjadi sangat penting di saat seperti ini. Akan tetapi, yang tak kalah penting kita juga harus memanfaatkan waktu yang ada, termasuk dengan meningkatkan skill yang sekiranya dibutuhkan di masa depan. Berikut sejumlah cara meningkatkan skill saat berada di rumah saja.

Skill untuk para pelajar

Meskipun kamu tidak bisa menghadiri kegiatan pembelajaran secara langsung, bukan berarti kamu sepenuhnya bebas dari tugas, bukan? Nah, pada dasarnya, banyak sekali skill yang bisa kamu tingkatkan saat berada di rumah. Pastinya yang berhubungan dengan sekolah atau perkuliahanmu. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Kemampuan menulis

meningkatkan skill di rumah - menulis
Sumber: unsplash.com

Harus diakui bahwa banyak sekali tugas yang diberikan oleh pihak sekolah maupun universitas yang berhubungan dengan esai. Permasalahannya, tidak semua orang terbiasa untuk menulis. Maka dari itu, menulis menjadi salah satu kemampuan yang bisa kamu kembangkan selama berada di rumah.

Bagaimanakah caranya?

Sebelumnya, kamu harus mampu menentukan ide pokok dari tulisanmu. Barulah kamu bisa mencari penjabaran dari ide yang telah kamu canangkan tadi. Pada dasarnya, menulis itu membutuhkan proses. Jadi, jangan pernah putus asa untuk mencoba terus menulis. Manfaatkan waktu yang kamu punya sekarang untuk terus berlatih.

Rekam suara untuk mengingat

meningkatkan skill di rumah - mengingat
Sumber: creativemarket.com

Setiap orang memiliki teknik belajarnya masing-masing. Apabila kamu lebih mudah menyerap materi melalui suara, maka tidak ada salahnya untuk merekam suaramu sendiri untuk mengingat materi.

Kemudian, cara yang satu ini juga untuk meningkatkan kemampuan megingatmu. Kamu juga bisa menerapkan teknik ini untuk belajar sebelum ujian. Menarik, bukan?

Berbicara di depan umum

meningkatkan skill di rumah - berbicara depan umum
Sumber: salesforce.com

Memang tidak semua orang merasa nyaman ketika harus berbicara di depan umum. Dengan demikian, waktu berada di rumah merupakan waktu yang tepat bagimu untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum.

Mulanya, kamu bisa menonton sejumlah video di berbagai platform mengenai tips dalam berbicara di depan umum. Kemudian, kamu bisa mulai berlatih di depan teman atau keluargamu melalui Skype. Bukankah ini juga bisa menjadi latihan buatmu mempersiapkan wawancara secara daring?

Selain itu, kamu juga bisa merekam diri kamu sendiri dan mengidentifikasi aspek mana saja yang perlu kamu tingkatkan dalam berbicara di depan umum.

Belajar bahasa Inggris dan bahasa lainnya

Bila sebelumnya kamu merasa kekurangan waktu untuk belajar bahasa asing, maka sekarang kamu bisa mencoba membagi waktumu untuk belajar. Banyak sekali platform untuk kamu belajar bahasa Inggris, salah satunya adalah Cakap.

Mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris akan selalu menjadi pilihan terbaik. Bagaimanapun, kemampuan yang satu ini pasti akan kamu butuhkan nantinya.

Demikian sejumlah cara untuk meningkatkan skill yang berguna bagi kehidupanmu selama berada di rumah. Apakah kamu punya cara lain, Kawan Rantau?

Baca juga tips supaya belajar jadi lebih produktif saat di rumah.

For Your Information

Apa yang harus saya lakukaan saat berada di rumah?

Tentu menjalankan aktivitas seperti biasa sembari menjaga kesehatan. Kemudian, jangan lupa juga untuk meningkatkan skill yang sekiranya berguna di masa depan.

Bagaimana cara meningkatkan skill saat berada di rumah?

Bacalah penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?