fbpx

Bagaimana Cara Mendapatkan Visa Pelajar untuk Kuliah di Perancis?

Perancis dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang paling diminati. Apalagi ditambah dengan banyaknya landmark ikonik seperti Menara Eiffel, Notre Dame de Paris, serta Istana Versailles. Selain itu, Perancis juga merupakan rumah bagi 3.900 institusi pendidikan tinggi negeri maupun swasta yang bereputasi tinggi. Nah, apabila kamu penasaran bagaimana cara mendapatkan visa pelajar untuk kuliah di Perancis, maka kamu bisa menyimak artikel ini dengan baik karena akan kami bahas lebih lanjut.

Pada dasarnya, Perancis memiliki rencana untuk menjadikan negaranya sebagai destinasi pelajar internasional terbesar. Sejumlah hal telah dilakukan, mulai dari mempermudah prosedur pembuatan visa, mereformasi biaya perkuliahan, dan meningkatkan program berbahasa Inggris di berbagai universitas. Meskipun sekarang ini masih terdapat larangan penerbangan menuju Perancis, pelajar internasional tetap akan disambut dengan baik.

Apa persyaratan untuk bisa mendapatkan visa pelajar Perancis?

Sumber: indoplaces.com

Kamu diperbolehkan untuk mendaftarkan diri dalam pengajuan visa pelajar apabila memenuhi persyaratan berikut ini:

  1. Minimal berusia 18 tahun
  2. Kamu telah memilih program studi atau pelatihan yang ada
  3. Telah diterima di institusi pendidikan terkait di Perancis
  4. Memiliki bukti akomodasi selama tinggal di Perancis

Menurut Campus France, kamu sebagai warga negara Indonesia memerlukan visa pelajar untuk bisa berkuliah di Perancis. Tentunya, aturan ini akan berbeda dengan para pelajar yang berasal dari negara-negara di Uni Eropa.

Apa jenis visa pelajar yang saya butuhkan?

Jenis visa pelajar yang kamu butuhkan akan tergantung dari berapa lama kamu akan menjalani studi di negara ini. Setidaknya, terdapat empat jenis visa pelajar yang tersedia, yakni sebagai berikut:

Merupakan visa yang tepat bagi kamu yang ingin mengambil kursus singkat seperti kursus bahasa yang berdurasi kurang dari tiga bulan. Tentu akan terdapat pengecualian bagimu untuk mengajukan jenis visa ini. Kamu bisa menemukan pembahasan lengkapnya di tautan berikut ini.

  • “Student in competition” (etudiant concours) visa

Visa ini dikhususkan untuk pelajar yang berasal dari luar Eropa dan butuh ke Perancis untuk menjalani ujian atau menyelesaikan tahapan wawancara di salah satu institusi pendidikan tinggi di sana. Kamu bisa mendapatkan visa ini dengan menghubungi Kantor Konsulat Perancis di Indonesia.

  • The Temporary Long-Term Visa (VLS-T)

Dengan VLS-T, kamu bisa tinggal di Perancis selama satu tahun untuk menyelesaikan pendidikanmu. Kamu tidak perlu melakukan validasi untuk visa ini saat sampai di Perancis. Nah, perlu diperhatikan bahwa visa ini tidak dapat diperbaharui dan memberimu hak yang berbeda dengan para pemegang VLS-TS.

Apabila kamu memiliki visa ini, maka kamu bisa bepergian secara bebas ke negara-negara yang berada di Kawasan Schengen. Kamu juga bisa mendapatkan keuntungan dari French Social Security selama kamu tinggal di negara ini.

Bagaimana cara mengajukan visa pelajar?

Sumber: campusfrance.org

Menurut Campus France, kamu bisa mengajukan pembuatan visa pelajar dengan mengikuti prosedur daring yang disediakan oleh Study in France. Berikut sejumlah dokumen yang akan kamu butuhkan untuk mengajukan pembuatan visa:

  • Formulir pendaftaran visa
  • Dua foto berukuran paspor
  • Paspor yang valid dan salinan visa sebelumnya
  • Surat penerimaan resmi di salah satu institusi pendidikan tinggi di Perancis
  • Bukti bahwa kamu memiliki pendanaan yang cukup untuk tinggal di Perancis 
  • Bukti tiket kembali ke negara asal
  • Bukti asuransi kesehatan
  • Bukti akomodasi
  • Bukti kecakapan berbahasa Inggris atau Perancis

Demikianlah sejumlah informasi mengenai pengajuan pembuatan visa pelajar Perancis. Apabila kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut, maka kamu bisa langsung menghubungi Campus France atau Kantor Konsulat Perancis. 

Baca juga bagaimana pelajar internasional telah menjadi prioritas utama dari Perancis.

For Your Information

Apakah kita memerlukan visa pelajar untuk kuliah di Perancis?

Tentu saja, Kawan Rantau. Kamu harus memiliki visa pelajar untuk bisa melanjutkan studi di Perancis.

Apa saja jenis visa pelajar untuk kuliah di Perancis?

Setidaknya terdapat dua jenis berbeda dari visa pelajar, yakni untuk jangka pendek dan panjang sementera. Selengkapnya dapat kamu temukan di artikel ini.

Bagaimana cara membuat visa pelajar?

Temukan petunjuk lengkapnya di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Paris?