fbpx

Apakah Kamu Tahu Perbedaan dari Masing-masing Jurusan Teknik?

Bidang teknik dianggap selalu memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi dan sosial. Tak mengherankan apabila bidang ini sangat berperan pada peningkatan kualitas hidup bagi seluruh manuasia. Akan tetapi, apakah kamu tahu perbedaan dari masing-masing jurusan teknik?

Apabila kamu ingin berkuliah di jurusan teknik, maka kamu akan menemukan berbagai jenis jurusan teknik yang ada. Apabila kamu bingung, berikut ulasan kami mengenai perbedaan dari jurusan-jurusan teknik yang ada.

Teknik Mesin

Sumber: unsplash.com

Bagi kamu yang memilih jurusan teknik mesin, maka akan banyak sekali pilihan karir yang bisa kamu pilih.

Sebagai lulusan teknik mesin, kamu bisa bekerja di bidang otomotif dan manufaktur aerospace. Tentu pilihan yang menarik, bukan?

Dalam jurusan teknik mesin, kamu akan mendesain, mengembangkan, mengoperasikan, dan memelihara apapun yang memiliki bagian yang bergerak.

Teknik Sipil

Sumber: unsplash.com

Ingin bekerja di bidang konstruksi bangunan, transportasi, atau perencanaan tata kota? Maka kamu wajib memilih teknik sipil.

Melalui jurusan ini, kamu akan diajarkan untuk mendesain, menciptakan, dan menghubungkan dunia. Mengapa? Karena sebagai lulusan teknik sipil, kamu akan membantu dalam pembangunan desa dan kota, tempat semua orang tinggal.

Teknik Kimia

Sumber: unsplash.com

Apakah kamu suka melakukan percobaan di laboratorium? Maka memilih teknik kimia sebagai jurusanmu sangatlah tepat.

Setelah lulus, kamu bisa memilih untuk bekerja di sebagai konsulan, analis, maupun pemerhati lingkungan.

Oh, ya, meskipun judulnya teknik kimia, bukan berarti kimia menjadi subjek satu-satunya yang akan kamu pelajari. Kamu akan tetap bertemu dengan fisika dan matematika.

Teknik Elektro

Sumber: unsplash.com

Para lulusan teknik elektro menjadi salah satu lulusan yang paling dicari. Perkembangan teknologi yang begtu pesat, membuat para lulusan ini dibutuhkan.

Salah satu alasan mengapa lulusan ini dicari adalah karena dibutuhkan orang yang memiliki pengatahuan bagiamana praktik keberlajutan dan penghematan energi dapat berjalan dengan baik.

Apabila kamu ingin mempelajari seluk beluk elektroika, maka jurusan ini tepat untukmu.

Teknik manajemen

Sumber: unsplash.com

Siapa bilang bahwa teknik dan manajemen tidak bisa disatukan? Melalui jurusan teknik manajemen, kamu akan dibekali kemampuan memimpin yang tentunya kamu butuhkan dalam menjalani peran di tingkat manajerial di bidang teknik.

Ketika kamu berkuliah di jurusan ini, maka kamu juga akan mempelajari teknologi yang berkembang dan cara menentukan keputusan di bidang manajemen teknik.

Jadi, jenis jurusan teknik mana yang ingin kamu masuki, Kawan Rantau? Tentukan pilihan yang sesuai dengan minatmu, ya. Demikian perbedaan jurusan-jurusan teknik kali ini. Semoga membantu kamu memilih jurusan impianmu.

Baca juga alasan mengapa jurusan teknik material penting untuk hadapi industri 4.0?

For Your Information

Apa perbedaan dari masing-masing jurusan teknik?

Baca artikel ini untuk tahu jawabannya.

Apakah prospek karir masing-masing jurusan teknik berbeda?

Tentu saja berbeda, Kawan Rantau. Akan ada spesialisasi untuk masing-masing jurusan.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?