fbpx

Apa yang Dimaksud Euroleague for Life Sciences (ELLS)?

Sekarang ini, jejaring universitas telah banyak terbentuk. Kampus Ivy League, Group of Eight, ataupun ASEAN University of Network merupakan beberapa jejaring yang punya tujuan dan maksud tertentu. Kali ini, kami akan mengulas satu jejaring universitas yang ada di Kawasan Eropa, yakni Euroleague for Life Sciences (ELLS).

Apakah kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai ELLS? Baca detail informasinya di bawah ini.

Apa itu Euroleague for Life Sciences?

Euroleague for Life Sciences
Sumber: ddm.dk

Euroleague for Life Sciences (ELLS) merupakan jejaring universitas yang bekerja sama di bidang manajemen sumber daya alam, ilmu agrikultur dan kehutanan, ilmu kehidupan, ilmu kedokteran hewan, ilmu pangan, dan ilmu lingkungan. Jejaring ini telah terbentuk sejak tahun 2001.

Keanggotaan dari ELLS terdiri dari negara-negara Uni Eropa. Untuk universitas yang berasal dari luar Eropa, mereka akan menjadi mitra dari ELLS, bukan anggota.

Universitas-universitas yang termasuk dalam ELLS

Hingga saat ini, terdapat 7 universitas anggota dari Uni Eropa dan tiga universitas mitra dari luar Eropa.

Universitas anggota ELLS

ELLS - Univeristy of Natural Resources and Life Sciences
Sumber: boku.ac.ut
  • University of Natural Resources and Life Sciences, Wina, Austria
  • University of Copenghagen, Denmark
  • Swedish University of Agricultural Sciences, Swedia
  • University of Hohenheim, Stuttgart, Jerman
  • Wageningen University and Research, Belanda
  • Czech University of Life Sciences Prague, Ceko
  • Warsaw University of Life Sciences, Polandia

Universitas mitra ELLS

  • China Agricultural University, Beijing
  • Hebrew University of Jerusalem, Israel
  • Lincoln University, Selandia Baru

Apa keistimewaan dari ELLS?

ELLS - Program join master
Sumber: unsplash.com

Jejarin ELLS memiliki keistimewaan karena menawarkan sejumlah program Joint Master dan juga Summer School yang bisa kamu ikuti.

Program Joint Master dari ELLS memungkinkan kamu untuk kuliah di dua negara dan mendapatkan dua gelar saat lulus. Setidaknya ada 5 program yang bisa kamu pilih untuk program dari ELLS ini, yakni sebagai berikut:

  • MSc EnvEuro. Program S2 di bidang ilmu lingkungan. Berfokus pada tanah, air, dan keberagaman.
  • MSc EUR-Organic. Program S2 di bidang agrikultur dan sistem pangan yang organik.
  • MSc Safety in the Food Chain. Program MSc yang berfokus pada seluruh seluk-beluk dari keamanan pangan.
  • MSc NARMEE – Natural Resources Management and Ecological Engineering. Program di bidang sustainability yang ditawarkan oleh BOKU Vienna dan Lincoln University, Selandia Baru.
  • MSc EMABG – European Master in Animal Breeding and Genetics (EMABG). Program S2 2 tahun yang berfokus pada pembangunan kapasitas peranakan dan genetika hewan.

Informasi mengenai Summer School bisa kamu temukan di sini. Kebanyakan, untuk program 2020, pelaksanaan program dibatalkan karena pandemi COVID-19.

Kemudian, universitas anggota ELLS tiap tahunnya akan mengadakan ELLS Scientific Student Conference. Tujuan dari konferensi adalah untuk mendorong para pelajar di bidang ilmu kehidupan untuk saling bertukar pikiran mengenai topik-topik tertentu.

Untuk ESSC 2020, tema yang diambil adalah The World of Tomorrow: A Green and Sustainable Society. Rencanya, konferensi ini akan diadakan pada 20-21 November 2020 di University of Natural Resources and Life Sciences, Wina, Austria.

Demikianlah informasi mengenai ELLS, Kawan Rantau. Apakah kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah di salah satu universitas tersebut?

Baca juga informasi mengenai kampus Ivy League, kumpulan kampus prestisius di Amerika Serikat.

For Your Information

Apa itu ELLS?

Euroleague for Life Sciences (ELLS) merupakan jejaring universitas yang bekerja sama di bidang manajemen sumber daya alam, ilmu agrikultur dan kehutanan, ilmu kehidupan, ilmu kedokteran hewan, ilmu pangan, dan ilmu lingkungan. Jejaring ini telah terbentuk sejak tahun 2001.

Universitas mana saja yang termasuk ke dalam ELLS?

Hingga saat ini, terdapat 7 universitas anggota dari Uni Eropa dan tiga universitas mitra dari luar Eropa. Daftar lengkapnya bisa kamu baca di artikel ini.

Apa keistimewaan dari ELLS?

Baca artikel ini untuk tahu jawabannya.

Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?