fbpx

Apa Saja Keuntungan Pergi ke Pameran Pendidikan?

Tentu kamu pernah mendengar atau bahkan mengunjungi sebuah pameran pendidikan, bukan? Iya, pameran pendidikan ke luar negeri sering sekali diadakan. Hal tersebut pun secara tidak langsung akan membantu kamu untuk lebih siap saat ingin mendaftar ke suatu universitas di luar negeri. Akan tetapi, ternyata banyak sekali lho keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika pergi ke sebuah pameran pendidikan.

Kira-kira apa saja, ya? Simak pembahasannya berikut ini ya, Kawan Rantau.

Bicara secara langsung dengan pihak universitas

Pergi ke Pameran Pendidikan
Sumber: ayobandung.com

Pihak universitas yang akan hadir dan melayani para pengunjung biasanya berasal dari admission office atau mahasiswa yang menjadi duta dari universitas tersebut. Jadi, apabila kamu mendatangi booth satu universitas saat pameran, kamu bisa mendapat kesempatan untuk bertanya seara langsung pada mereka.

Dengan bertemu secara langsung, kamu bisa menanyakan hal-hal yang kurang jelas di informasi daring yang tersedia. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan kontak dan prospectus langsung dari pihak universitas.

Mendapat nasehat dari para ahli

Sumber: hkmpb.org

Tentu ketika kamu sedang menyiapkan aplikasi pendaftaranmu, kamu harus melampirkan tes kecakapan bahasa Inggris seperti IELTS dan TOEFL. Atau bagi kamu yang ingin melanjutkan S2, kamu pasti membutuhkan nilai tes GRE dan GMAT.

Nah, biasanya dalam pameran pendidikan yang ada, akan ada seminar dan juga presentasi mengenai detail dari tes-tes tersebut dari para ahlinya. Inilah waktu yang tepat bagimu untuk mendapatkan nasehat jenis tes apa saja yang harus kamu ambil untuk masuk ke universitas tujuanmu.

Memahami lebih lanjut persyaratan pendaftaran

Pergi ke Pameran Pendidikan
Sumber: roc-taiwan.org

Meskipun semua universitas melampirkan persyaratan pendaftaran di situs resmi mereka masing-masing, terkadang ada sejumlah persyaratan yang dapat membingungkanmu. Dengan demikian, ketika ada sebuah pameran pendidikan, kamu bisa mendapatkan pemahaman lebih lanjut mengenai persyaratan pendaftaran yang harus kamu lengkapi.

Tidak usah malu untuk mengakui kebingunganmu saat bertanya dengan perwakilan universitas. Tanyakan saja apa yang mengganjal di hatimu.

Menemukan pilihan-pilihan baru

Sumber: educationfair.nl

Meskipun kamu mungkin telah menentukan pilihan universitas dan jurusan apa yang kamu mau, saat kamu mengunjungi pameran pendidikan, ada kemungkinan kamu bisa menemukan pilihan-pilihan baru. Pilihan-pilihan yang belum pernah kamu pertimbangkan sebelumnya tapi sesuai dengan minatmu.

Usahakan memanfaatkan kesempatan untuk bertanya pada para perwakilan universitas sebanyak mungkin. Hal ini akan membuat kamu menemukan pilihan baru yang bisa kamu pertimbangkan lebih lanjut.

Mendapat informasi soal beasiswa

Pergi ke Pameran Pendidikan
Sumber: zone.binabangsaschool.com

Terakhir, keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila kamu pergi ke pameran pendidikan adalah, kamu bisa lebih banyak mengetahui informasi beasiswa atau pilihan pendanaan lainnya. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi kamu yang sedang mencari alternatif pendanaan untuk kuliah yang akan kamu lakukan.

Sebagai contoh, mungkin kamu hanya sekadar mengetahui tentang LPDP atau beasiswa dari pemerintah masing-masing negara. Akan tetapi, setiap universitas juga terkadang menawarkan beasiswa bagi para pelajar internasional, lho. Sebagai contoh adalah beasiswa Emile Boutmy dari Sciences Po dan Anne van den Ban Fund dari Wageningen University.

Hal ini jugalah yang dilakukan oleh Nikko Akbar, mahasiswa S1 Kedokteran di Chongqing Medical University, China. Kala itu, ia sempat mengunjungi satu pameran pendidikan di Surabaya, dan akhirnya ia pun mendapat pencerahan untuk mendaftar di jurusan ia berkuliah sekarang.

Jadi, kalau ada pameran pendidikan perguruan tinggi, khususnya dari negara yang kamu minati, coba datang dan dapatkan informasi sebanyak mungkin, Kawan Rantau. Jangan sampai kamu melewatkan hal ini, ya.

Kamu juga bisa membaca tentang perbedaan tes GRE dan GMAT yang akan membantu kamu mempersiapkan aplikasi pendaftaranmu.

For Your Information

Apa itu pameran pendidikan?

Pameran pendidikan merupakan kesempatan terbaik bagi para siswa untuk mengetahui lebih lanjut mengenai universitas incarannya masing-masing secara langsung.

Mengapa saya harus datang ke pameran pendidikan?

Dengan mendatangi pameran pendidikan, secara tidak langsung akan membantu kamu untuk lebih siap saat ingin mendaftar ke suatu universitas di luar negeri.

Apa saja keuntungan yang bisa saya dapatkan dengan pergi ke pameran pendidikan?

Bacalah artikel ini untuk tahu jawaban yang lebih lengkap.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?