fbpx

Apa Perbedaan Kursus Daring dan Kuliah Daring?

Pandemi COVID-19 masih terus menyebar dan berdampak sistem pembelajaran di seluruh dunia. Sebagian besar kampus menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh untuk menghadapi hal ini. Saat berada di rumah, kerap kali kamu melihat istilah kursus daring dan juga kuliah daring. Apa sih sebetulnya perbedaan dari kursus daring dan kuliah daring tersebut? Berikut pembahasannya.

Penyampaian

Sumber: psychologytoday.com

Kursus daring atau Massive Open Online Course (MOOC) biasanya menggunakan sejumlah platform sebagai media penyampaian materi. Sebagai contoh, kamu bisa menemukannya di Edx, FutureLearn, dan juga Coursera.

Banyak universitas di dunia yang telah bermitra dengan platform tersebut, sebagai contoh Harvard University dengan Edx. Menggunakan platform tersebut, materi kursus daring disampaikan melalui serial video perkuliahan yang dilengkapi dengan tes di akhir materi.

Untuk kuliah daring, maka nantinya kamu akan mendapatkan gelar di akhir sesi perkuliahan. Program ini langsung ditawarkan oleh pihak universitas dan merupakan alternatif dari perkuliahan dengan bertemu secara langsung. Cara penyampaiannya tergantung dari masing-masing pihak universitas, bisa melalui video perkuliahan, sesi langsung perkuliahan secara daring, dan lainnya.

Kursus daring lebih fleksibel

Sumber: must.org

Pada dasarnya, pelaksanaan kursus daring akan jauh lebih fleksibel dibandingkan kuliah daring. Kamu bisa mengikuti kursus daring sesuai dengan kemampuan kamu. Kamu pun bisa menentuka sendiri jadwal kursus yang kamu inginkan.

Sedangkan, untuk kuliah daring, sudah ada linimasa dan jadwal yang tetap. Jadi, sifat dari kuliah daring jauh lebih kaku. Lalu, kamu juga harus menyelesaikan seluruh perkuliahan dan juga persyaratan lainnya seperti ujian dan juga magang sebelum bisa dinyatakan lulus.

Pendaftaran dan biaya

Sumber: mentalfloss.com

Mendaftar kursus daring tentu jauh lebih mudah dibandingkan dengan kuliah daring. Tidak ada prasyarat tertentu yang harus kamu penuhi untuk mendaftar program yang satu ini. Tentu hal ini sangat berbeda dengan kuliah daring.

Apabila kamu ingin mendaftar program ini, maka sama saja dengan kamu mendaftar perkuliaha biasa. Nilai IELTS dan juga GRE bisa jadi menjadi prasyarat untuk mendaftar jenjang S2.

Untuk biaya sendiri, tentu jauh berbeda. Perkuliahan daring akan sama saja dengan biaya perkuliahan biasa. Sedangkan, untuk kursus daring, biasanya hanya diperlukan ketika kita ingin mendapatkan sertifikat di akhir program.

Sign-up untuk info kehidupan di luar negeri lainnya!

* indicates required

Demikianlah sejumlah perbedaan antara kursus dan kuliah daring. Manakah yang sesuai dengan kebutuhanmu? Pada dasarnya, kita bisa belajar dari mana saja dan kapan saja. Kita hanya perlu memilih mana yang kita butuhkan. Di tengah pandemi COVID-19 ini, kuliah daring telah dijadikan solusi pembelajaran di sejumlah universitas, termasuk di China.

For Your Information

Apa itu MOOC?

Massive Open Online Course atau MOOC merupakan kursus daring yang diselenggarakan di satu platform tertentu. Sejumlah universitas terkemuka di dunia telah bermitra dengan platform tersebut untuk menawarkan kursus daring terbaik.

Apakah perbedaan kuliah daring dan tatap muka?

Pada dasarnya seluruh proses perkuliahan akan sama saja. Akan tetapi, seseorang tidak perlu mengikuti kelas tatap muka.

Apa perbedaan kuliah dan kursus daring?

Baca artikel ini untuk tahu jawaban lengkapnya.