fbpx

Apa Gunanya Tekuni Jurusan Pendidikan Hingga ke Luar Negeri?

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar seseorang mengambil jurusan pendidikan di luar negeri? Apakah terlintas asumsi bahwa ia akan diberi tugas mengajar di luar negeri? Tidak benar juga. Seseorang yang mengambil jurusan pendidikan di luar negeri dapat mengambil manfaat tanpa syarat mengajar di negeri rantau. Lalu, kenapa harus jauh-jauh belajar pendidikan ke luar negeri jika bisa mengambil studi di negeri sendiri?

Terjadinya pandemi Covid-19 di seluruh dunia membuat pendidikan terancam berada di krisis jangka panjang. Guru pun dituntut untuk kreatif dalam menyampaikan materi di tengah keterbatasan untuk tatap muka. Salah satu pemicu timbulnya kreativitas adalah belajar dari pengalaman negara lain.

Kenapa Harus Jauh-Jauh ke Luar Negeri?

Sumber: Pexels

Belajar, lihat, observasi, dan penerapan dapat menambah pemahaman dan pengertian akan budaya yang berbeda dengan negara asal. Maka dari itu, beruntunglah jika mendapatkan kesempatan belajar ke luar negeri karena pengalaman adalah guru terbaik. Dari segi pendidikan, hal tersebut penting untuk meningkatkan kompetensi pengajaran.

Para tenaga pendidik bukan hanya mengandalkan kecerdasan dan kepintaran di atas kertas, melainkan mereka juga dituntut untuk memiliki kecerdasan emosional. Selain itu, semakin luas khazanah dalam melihat dunia, maka semakin besar untuk menularkan kebaikan kepada anak-anak didiknya.

Dilansir melalui beritasatu.com (2019) menurut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, guru Indonesia yang memiliki kesempatan belajar di luar negeri dapat menjadi contoh, referensi, dan benchmark untuk guru di sekelilingnya.

Manfaat mengambil jurusan pendidikan di kampus di luar negeri dapat memperkaya sudut pandang terhadap suatu budaya. Selain itu, tenaga pendidik dapat menjadi lebih percaya diri karena merasa dirinya berkembang dari segi kapabilitas. Lalu, guru juga dapat mendapatkan contoh sistem pengajaran di suatu negara untuk diterapkan di lingkungan pendidikan sekitarnya.

Sekarang, masih bertanya-tanya belajar tentang pendidikan di luar negeri? Jangan remehkan manfaatnya untuk kebaikan pendidikan bangsa, ya!

Negara Ternyaman untuk Jurusan Pendidikan

Sumber: Pexels

Jelajah dunia dapat membuat kemampuan metodologi pengajaran guru menjadi berkembang. Jika memiliki pengalaman mengajar di negeri orang, maka dapat menjadi pengalaman yang mengesankan dan bernilai untuk diri sendiri dan sekitar. Jika kamu memiliki keinginan untuk terjun ke bidang pendidikan, maka terdapat beberapa negara untuk menyalurkan minatmu.

1. University of Limerick, Irlandia

Menjajakan kaki di tanah Eropa merupakan impian banyak orang, terutama profesi guru. Cobalah mengambil kesempatan mendalami prodi pendidikan dengan menjadi tenaga pengajar selama 1 semester di Irlandia. Universitas Limerick menawarkan peminatan Physical Education (P.E) and Sport bagi kamu yang minat mengajar di bidang olahraga.

2. Magang di Bidang Pendidikan di Roma, Italia

Ada kesempatan untuk para tenaga pendidik di seluruh dunia mengikuti magang prodi pendidikan di Italia selama 2 minggu. Para peserta akan mengelilingi kota sambil magang di sekolah lokal, daycares, tempat rekreasi, atau perpustakaan. Pengalaman emas ini dapat menambah nilai di curriculum vitae (CV) dengan pencantuman sertifikat magang.

3. University of Maynooth, Irlandia

Jika kamu tertarik pada pengembangan sumber daya guru, maka cobalah tengok University of Maynooth di Irlandia. University of Maynooth membuka program teacher education dengan cakupan studi sebanyak 6 sks.

Masih banyak negara lain yang menjadi tujuan para peminat bidang pendidikan, seperti Jerman, Inggris, Finlandia, Australia, Swedia, atau Denmark. Ketika memilih negara tujuan, maka gali informasi sedalam mungkin, lalu cocokkan dengan misi, visi, dan preferensi kamu dalam memandang pendidikan. Jangan lupa perhatikan masa studi di universitas.

Prospek Kerja Lulusan Pendidikan

Sumber: Pexels

Prospek kerja lulusannya memiliki banyak peluang bukan hanya di sekolah, tetapi juga di sektor digital saat ini, apalagi start up pendidikan di Indonesia sedang berkembang pesat. Selain guru, lulusan prodi pendidikan dapat menjadi konselor pendidikan, pengajar bimbingan belajar, asisten guru/dosen, administrasi pendidikan, dan lain sebagainya. Kualitas pengajaran di Indonesia akan semakin meningkat berkat pemikiran dan tindakan cemerlang dari lulusan jurusan pendidikan.

Rekomendasi kampus top-tier pada bidang pendidikan dan keguruan:

  • Oxford University (Inggris)
  • University of Cambridge (Inggris)
  • University College London (Inggris)
  • Stanford University (Amerika Serikat)
  • Harvard University (Amerika Serikat)
  • University of Melbourne (Australia)
  • Korea University (Korea Selatan)
  • National University of Singapore (Singapura)
  • University of Hong Kong (Hongkong)
  • National Taiwan Normal University (Taiwan)
  • Nanyang Technology University (Singapura)

Beasiswa Untuk Pengembangan Karier Profesional

Profesi pengajar tidak bisa dianggap sepele karena pendidikan merupakan tombak untuk masa depan anak-anak bangsa. Maka dari itu, tidak ada salahnya mengikuti pelatihan guru di luar negeri untuk pengembangan karier yang lebih baik. Pelatihan tersebut bersifat pengembangan diri, sehingga seringkali alumnus program tidak bergelar. Meskipun begitu, peserta akan mendapatkan pengalaman berharga untuk meningkatkan kompetensi pengajaran ketika kembali ke negara asal.

Tidak ada istilah berhenti belajar, bahkan untuk seseorang yang berkarier di bidang pendidikan. Jangan berhenti menggali potensi untuk menjadi guru teladan bagi anak-anak didiknya. Semangat mengembangkan wawasan, ya!

For Your Information

Apa saja prospek kerja lulusan pendidikan?

Selain guru, lulusan prodi pendidikan dapat menjadi konselor pendidikan, pengajar bimbingan belajar, asisten guru/dosen, administrasi pendidikan, dan lain sebagainya.

Kenapa ambil jurusan pendidikan di luar negeri?

Guru dituntut untuk kreatif dalam menyampaikan materi di tengah keterbatasan untuk tatap muka. Salah satu pemicu timbulnya kreativitas adalah belajar dari pengalaman negara lain.

Di mana kampus bagus di luar negeri untuk jurusan pendidikan?

Oxford University (Inggris), University of Cambridge (Inggris), University College London (Inggris), Stanford University (Amerika Serikat), Harvard University (Amerika Serikat), University of Melbourne (Australia)

Ingin mengetahui cerita lain di Busan?