Antropologi UNAM, Jurusan Antropologi Terbaik di Amerika Latin

Membicarakan Amerika Latin, maka kita akan disambut oleh keramahan orang-orangnya yang eksentrik. Sebagai bagian dari Benua Amerika, di kawasan Amerika Latin juga banyak institusi pendidikan tinggi yang menarik untuk dibahas. Kali ini, kami akan membahas jurusan antropologi di Universidad Nacional Autonoma de Mexico (UNAM), Meksiko, jurusan antropologi terbaik di Amerika Latin.

Mengapa harus membahas antropologi UNAM?

UNAM. Sumber: flickr.com

UNAM menjadi salah satu institusi pendidikan dengan banyak sekali pilihan yang edukatif di Meksiko. Telah berdiri sejak tahun 1551, UNAM menjadi universitas terbesar di Amerika Latin dan menjadi yang terbaik di kawasan ini. Termasuk jurusan antropologi yang diampu di universitas ini.

Berdasarkan QS World University Rankings 2019 by subject, jurusan antropologi UNAM berhasil menduduki posisi ke-44 dunia, dan nomer 1 di Amerika Latin. Jurusan antropologi di universitas menjadi bagian dari School of Political and Social Sciences.

Tentang Antropologi, UNAM

Sumber: dezeen.com

Centro de Estudios Antropologicos merupakan pusat kajian antropologi di UNAM. Di dalamnya, akan ada para mahasiswa dan juga profesor dari jurusan antropologi yang membahas aspek arkeologi, biologi, dan juga sosial dari suatu kejadian. Perspektif yang digunakan sangatlah holistik dan menjadi begitu menarik untuk diikuti.

Dalam jurusan ini, akan ada lima aspek yang diajarkan, yaknik aspek teoretis, metodologis, analatik, interdisiplin, dan teknis.

Secara teoretis, jurusan ini akan menyediakan pemikiran teoretis yang koheren dan kritis. Lalu, secara metodologis, kamu akan mendapatkan dasar untuk menjembatani pengetahuan teoretis dan mendapatkan pengalaman secara empiris. Dengan aspek analitik, maka kemampuan siswa untuk menganalisis dan membuat pertanyaan penelitian menjadi lebih baik.

Selanjutnya, dengan aspek interdisiplin, ditekankan bahwa terdapat hubungan di antara berbagai disiplin ilmu yang ada. Dengan demikian mendorong siswa memiliki pendekatan yang lebih humanis. Secara teknis, para siswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan meraka dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk keperluan penelitian dan lainnya.

Apa yang akan dipelajari?

Sumber: tesserae.eu

Untuk jurusan ini, kamu perlu menyelesaikannya dalam waktu 8 semester. Sejumlah mata kuliah wajib yang harus kamu ambil di antaranya adalah Teori Antropologi I, II, dan III, serta Metode dan Teknik Penelitian Sosio-Antropologi.

Lalu, untuk kelas pilihan, ada sejumlah mata kuliah yang cukup menarik, seperti antropologi politik, kebudayaan dan idetitas, antropologi urban, antropologi rural, antropologi dan globalisasi, demografi, hingga antropologi dan migrasi.

Untuk keseluruhan mata kuliah yang dapat diambil, kamu bisa mengunjungi tautan berikut ini.

Demikianlah pembahasan jurusan antropologi terbaik di Amerika Latin. Cukup menarik bukan jurusan yang satu ini? Apakah kamu tertarik? Baca juga tentang perbedaan jurusan antropologi dan arkeologi yang telah kami rangkum.

Apakah ada jurusan antropologi di luar negeri?

Tentu ada. Jurusan antropologi memiliki akar yang sangat tua. Jadi, jurusan ini menjadi jurusan ilmu sosial klasik yang masih relevan.

Di mana saya bisa kuliah antropologi di luar negeri?

Jurusan antropologi terbaik masih dipegang oleh universitas-universitas di Inggris dan juga Amerika Serikat. Akan tetapi, apabila kamu ingin merasakan pengalaman yang cukup berbeda, maka kamu bisa mencoba untuk masuk jurusan antropologi di UNAM, jurusan antropologi terbaik di Amerika Latin.

Apa saja yang diajarkan di antropologi, UNAM?

Untuk tahu jawabannya lebih lanjut, kamu bisa langsung membaca keterangannya di artikel ini.