fbpx

Anne van den Ban Fund: Beasiswa Kuliah S2 di Wageningen University

Wageningen University & Research merupakan salah satu universitas terkemuka di Belanda. Kampus ini pun pernah mendapatkan predikat sebagai kampus paling hijau di dunia. Nah, apabila kamu ingin kuliah S2 menggunakan beasiswa, Wageningen University juga menyediakan kesempatan tersebut kok, Kawan Rantau.

Ingin tahu beasiswanya seperti apa? Simak pembahasannya berikut ini, ya.

Tentang Anne van den Ban Fund

Anne van den Ban - Beasiswa S2 Wageningen Universitay
Anne van den Ban, Profesor Rura Extension di Wageningen University. Sumber: YouTube.com

Beasiswa Anne van den Ban Fund telah ada sejak tahun 1992. Beasiswa ini mengambil nama seorang profesor Rural Extension di Wageningen University, dr.ir. Anne van den Ban.

Anne van den Ban pernah menyatakan bahwa kekurangan ilmu pengetahuan merupakan salah satu pendorong timbulnya kemiskinan. Pengetahuan bisa menjadi faktor penentu untuk melawan kemiskinan. Maka dari itu, ia ingin membantu para mahasiswa Wageningen yang memiliki kesulitan finansial.

Maka dari itu, beasiswa Anne van den Ban Fund memberikan kesempatan bagi para mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S2 di Wageningen uNiversity.

Siapa yang bisa mendaftar?

Beasiswa S2 Wageningen Universitay
Sumber: wur.nl

Beasiswa Anne van den Ban ini ditujukan untuk para mahasiswa yang berasal dari negara-negara berkembang di Afrika, Asia Selatan, Asia Tenggara, dan lainnya. Tentu, mahasiswa Indonesia masuk menjadi ke dalam kategori yang disyaratkan.

Kemudian, pendaftar beasiswa Anne van den Ban harus sudah diterima di program studi agrikultur, pangan, maupun lingkungan di Wageningen University. Beasiswa ini akan lebih dikhususkan untuk mahasiswa yang membutuhkan bantuan finansial.

Syarat lainnya adalah, tidak menikah dengan warga negara Belanda dan tidak memiliki status sebagai seorang refugee.

Penerima beasiswa Wageningen diharapkan memiliki rekor akademik yang baik sehingga dapat mengikuti perkuliahan di Wageningen tepat waktu. Kemudian, mereka juga diharapkan termotivasi untuk kembali ke negara asalnya setelah menyelesaikan perkuliahan di Wageningen.

Bagaimana proses pendaftarannya?

Prosedur seleksi penerima beasiswa Anne van den Ban Fund akan dilakukan melalui kolaborasi dengan universitas. Dengan demikian, bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa ini, harus mendapatkan penawaran terlebih dahulu dari pihak anitia seleksi Anne van den Ban Fund. Proses penawaran tersebut biasanya diberikan pada bulan Mei.

Informasi lebih lanjut soal beasiswa yang satu ini bisa kamu temukan di tautan berikut ini ya, Kawan Rantau.

Kamu juga bisa membaca kisah Natsha yang mengambil jurusan Food Technology di Wageningen Universiy.

For Your Information

Apakah saya bisa kuliah dengan beasiswa di Belanda?

Apabila kamu sedang mencari kesempatan kuliah dengan beasiswa, maka kamu bisa memilih untuk mendaftar Anne van den Ban Fund, skema beasiswa yang ditawarkan oleh Wageningen University, Belanda.

Apa saja program yang ditawarkan oleh beasiswa Anne van den Ban Fund?

Kamu bisa memilih jurusan agrikultur, pangan, maupun lingkungan.

Apa saja syarat pendaftaran beasiswa S2 di Wageningen University?

Temukan jawabannya dengan membaca artikel ini ya, Kawan Rantau.