fbpx

Alternatif Pilihan Akomodasi untuk Pelajar Internasional di Kanada

Dear, Kawan Rantau! Apakah kamu berhasil mendapatkan surat penerimaan untuk berkuliah di Kanada? Kalau, iya, kami ucapkan selamat. Nah, tentu salah satu hal yang harus kamu pikirkan adalah mengenai tempat tinggal, bukan? Kali ini, secara khusus kami akan membahas lebih lanjut alternatif pilihan akomodasi untuk pelajar internasional yang bisa kamu pilih di Kanada.

Tentu saja, biaya akomodasi di Kanada akan bergantung pada jenis, kota, dan juga provinsi tempat kamu menetap. Jadi, perhatikan baik-baik seluruh faktor tersebut sebelum memilih jenis akomodasi yang kamu inginkan.

Akomodasi di dalam kampus

Sumber: future.utoronto.ca

Akomodasi di dalam kampus ini berarti merujuk pada opsi tempat tinggi di dekat atau dalam kampus.

Tentu saja, pilihan akomodasi satu ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang akan menjalani tahun pertama di Kanada. Dengan tinggal di tempat ini, kamu akan lebih mudah bertemu dan berkenalan dengan siswa lainnya dari berbagai negara. Kamu pun akan lebih mudah untuk sampai ke kelas.

Kamu bisa memilih jenis akomodasi single atau shared. Tentu pilihan akomodasi berbarengan dengan siswa lain akan jadi lebih murah daripada akomodasi single.

Sejumlah institusi juga menyediakan pilihan akomodasi yang sudah termasuk meal plan. Tentu hal ini akan memudahkan kamu kalau ini pertama kalinya tinggal sendiri.

Memilih akomodasi di dalam kampus berarti kamu bisa sedikit bernapas lega karena kamu tidak perlu mencari-cari furnitur karena kamar yang kamu tinggali sudah dilengkapi dengan tempat tidur, meja belajar, lemari, dan lainnya.

Sewa apartemen

Sumber: booking.com

Pilihan akomodasi lainnya yang cukup populer bagi pelajar internasional di Kanada adalah menyewa tempat tinggal, misalnya apartemen, secara pribadi.

Jenis akomodasi ini tentu akan lebih murah kalau kamu bisa mengajak temanmu untuk menjadi housemate. Kamu bisa berbagi fasilitas dapur, kamar mandi, dan ruang tamu bersama-sama.

Pilihan akomodasi satu ini bisa jadi lebih murah dibandingkan dengan akomodasi dalam kampus. Akan tetapi, ada juga sejumlah hal yang harus kamu biayai sendiri seperti internet, pemanas, dan juga listrik. Lalu, kalau apartemen yang kamu tinggali belum memiliki furnitur, kamu harus melengkapinya.

Salah satu keuntungan dari memilih akomodasi satu ini adalah, kamu memiliki ruang lebih untuk privasi dan tidak akan merasa stres karena tekanan di kampus.

Canada Visa mencatat bahwa harga sewa apartemen dari luas kampus akan berbeda-beda, apalagi di kota-kota besar seperti Vancouver, Toronto, dan Montreal. Jadi, lakukan riset dan diskusi dengan temanmu terlebih dahulu apabila ingin memilih opsi akomodasi satu ini, Kawan Rantau.

Homestay

Sumber: brocku.ca

Tinggal bersama dengan host family dapat menjadi jalan terbaik bagi pelajar internasional untuk menyesuaikan diri di lingkungan yang baru.

Sejumlah college dan universitas di Kanada telah menjalin kerja sama dengan warga lokal yang bersedia untuk menerima pelajar internasional untuk tinggal di rumah mereka. Biasanya, kamu bisa mendapatkan kamar pribadi dan juga makan tiga kali sehari.

Apabila kamu tertarik dengan opsi homestay, kamu bisa mencari informasi lebih lanjut di Canada Homestay Network.

Pada dasarnya, tidak ada pilihan akomodasi paling baik di antara lainnya. Hal tersebut tergantung dari preferensi pribadi dan juga budget yang kamu miliki.

Apabila kamu merasa kesulitan dalam menentukan pilihan jenis akomodasi di Kanada, kamu bisa menghubungi kantor internasional universitas untuk meminta pertimbangan. Kamu juga bisa menghubungi perkumpulan pelajar Indonesia yang ada di kampus tujuanmu atau di Kanada secara umum untuk membantu kamu menentukan pilihan akomodasi.

Jangan lupa baca juga hal-hal yang harus kamu lakukan setelah resmi diterima kuliah di luar negeri.

For Your Information

Apa yang harus saya lakukan setelah resmi diterima kuliah di luar negeri?

Salah satu hal yang haru kamu lakukan adalah mencari akomodasi untuk kamu tinggal.

Apa pilihan akomodasi untuk pelajar di Kanada?

Baca informasi lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Montreal?