fbpx

Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar Farmasi di Oxford

Ketika jenis pekerjaan lain terancam digantikan oleh mesin, maka tidak dengan jenis pekerjaan yang bersinggungan dengan sistem kesehatan berikut ini, yakni apoteker. Apoteker merupakan salah satu kunci dalam ekosistem kesehatan yang penting. Semenjak perilisan QS WUR by Subject 2020, jelas bahwa Farmasi di University of Oxford menjadi nomor satu di dunia.

Kira-kira, apa saja alasan kenapa kamu harus belajar farmasi di Oxford? Berikut pemaparan kami.

Jurusan farmasi terbaik di dunia

Sumber: twitter.com

Sekali lagi, Departemen Farmakologi dari University of Oxford meraih posisi pertama dalam QS WUR by Subject 2020. Hal ini didorong dari upaya masing-masing pihak di Departemen Farmakologi untuk terus berbenah, baik di bidang pengajaran maupun pelayanan.

Departemen Farmakologi merupakan salah satu departemen pra-klinis di rumpun ilmu kesehatan Oxford. Kemudian, departemen ini juga merupakan rumah dari sekitar 220 peneliti, mahasiswa pasca sarjana dan juga staf yang difasilitasi sedemikian rupa. Salah satu fokus dari departemen ini adalah interaksi zat kimia dengan sistem biologi yang ada.

Kesempatan untuk Dual Degree

Apabila kamu menjalani perkuliahan S2 Farmasi di University of Oxford, kamu akan berkesempatan untuk menjalani program dual degree. Yap, betul sekali. Program pasca sarjana Farmakologi ini termasuk dalam Oxford 1+1 MBA Programme yang merupakan hasil kerja sama dengan Said Business School.

Kalau kamu penasaran dengan program dual degree ini, kamu bisa membaca keterangan lebih lengkapnya di sini.

Fasillitas yang mumpuni

Sumber: pharm.ox.ac.uk

Sebagai mahasiswa jurusan farmasi di Oxford, tentu kamu akan mendapatkan fasilitas mengakses laboratorium dan juga ruang kantor terpisah. Kemudian, setiap mahasiswa dapat mengakses komputer mereka masing-masing di MSc common room. Sejumlah perangkat lunak yang berfungsi untuk menganalisis hasil praktik telah terpasang di komputer tersebut, mulai dari chart and Excel, word processing, hingga presentation preparation. Kemudian, mesin scan, printer, dan juga fotokopi juga tersedia.

Untuk sumber bacaan sendiri, kamu tidak perlu khawatir. Karena, pihak dari Oxford telah menyediakan akses untuk semua jurnal yang relevan untuk digunakan. Kemudian, pihak perpustakaan pusat juga telah menyediakan sejumlah buku teks terbaru di bidang farmakologi.

Apa persyaratan untuk kuliah farmasi di Oxford?

Untuk yang ingin melanjutkan kuliah farmasi di Oxford, kamu setidaknya haruslah memiliki gelar di jurusan biologi atau kimia. Kemudian, minimal IPK yang harus kamu miliki adalah 3.5 dari 4.0. Berbeda dengan kebanyakan universitas di Amerika Serikat, untuk mendaftar di Oxford, kamu tidak perlu memberikan nilai tes GRE atau GMAT.

Yang pasti, dengan belajar farmasi di Oxford, kamu bisa berkesempatan menjadi apoteker maupun peneliti handal di bidang farmasi. Apalagi, dengan fakta bahwa Oxford terletak di London, Inggris, kamu tidak akan bisa melewatkan kesempatan untuk tinggal di kota paling ramah pelajar di dunia ini.

Kamu juga bisa membaca mengapa kamu harus kuliah S2 keperawatan di University of Pennsylvania.

For Your Information

Di manakah jurusan farmasi terbaik di dunia berada?

Berdasarakan QS WUR by Sucject 2020, University of Oxford menjadi pengampu jurusan farmasi terbaik di dunia berada.

Mengapa saya harus kuliah farmasi di Oxford?

Selain kualitas pendidikan yang sangat mumpuni, banyak sekali kesempatan yang bisa kamu dapatkan ketika berkuliah di jurusan ini. Informasi lengkapnya silakan baca artikel yang satu ini.

Apa keistimewaan dari Farmasi di Oxford?

Lengkapnya bisa kamu baca di artikel ini, Kawan Rantau.