fbpx

Akibat COVID-19, Konferensi APAIE Kembali Ditunda Hingga Tahun 2022

Konferensi Asia Pacific Association for International Education (APAIE) sebelumnya akan dilaksanakan pada tahun 2021, setelah dimundurkan akibat pandemi COVID-19. Hal ini dilakukan menyusul dampak dari COVID-19 yang begitu dahsyat. Akan tetapi, baru-baru ini, pihak penyelenggara APAIE menyatakan bahwa konferensi akan kembali ditunda hingga tahun 2022.

Dampak nyata COVID-19

Sarah Todd. Sumber: chronicle.com

Dalam surel yang dikirimkan ke masing-masing delegasi, pimpinan APAIE, Sarah Todd, menjelaskan bahwa saat ini perjalanan internasional masih terus terdampak akibat pandemi. Hal ini tentunya dilakukan untuk menekan jumlah penyebaran COVID-19 di berbagai negara.

“Sangatlah sulit, bahkan tidak mungkin, untuk memprediksi kondisi seperti apa yang akan kita hadapi pada Maret 2021. Akan tetapi, semua orang yang terlibat dalam konferensi APAIE mengupayakan untuk memberikan kepastian sejelas mungkin,” ungkap Todd.

“Karena alasan tersebutlah, kami memutuskan untuk menunda kembali pelaksanaan konferensi yang sebelumnya dijadwalkan akan dilaksanakan di Vancouver.

Todd menyampaikan rasa terima kasihnya pada Simon Fraser University dan Mahidol University yang mampu menyesuaikan dengan agenda dari panitia APAIE. Dengan demikian, penyelenggaraan konferensi APAIE direncanakan akan dilaksanakan di Vancouver pada Maret 2022 dan Bangkok pada Maret 2023.

Kemungkinan konferensi virtual

Konferensi APAIE. Sumber: thepienews.com

Di saat seperti ini, Todd menjelaskan bahwa sektor pendidikan internasional menghadapi tantangan yang luar biasa. Yang bahkan belum pernah dialami sebelumnya. Maka dari itu, sangatlah penting bagi komunitas internasional untuk saling membantu sama lain.

Di sisi lain, Todd mengakui bahwa banyaknya acara virtual yang dilaksanakan pada saat seperti ini, membuat APAIE mengambil keputusan untuk tidak melaksanakan konferensi virtual serupa pada tahun 2020.

“Namun demikian, kami bersedia untuk memberikan update mengenai apa yang terjadi di kawasan Asia-Pasifik. Kami juga akan berupaya menyediakan platform yang dapat digunakan untuk saling berbagi, tambah Todd.

Kemudian, Todd juga menjelaskan bahwa kemungkinan mereka baru akan mengadakan konferensi virtual pada Maret 2021. Lalu, Todd juga menyatakan bahwa pihaknya juga akan melihat kemungkinan pertemuan regional berskala kecil yang sekiranya mungkin dilakukan.

Konferensi APAIE bukanlah satu-satunya acara yang ditunda hingga tahun 2022, Kawan Rantau. Berbagai acara besar seperti konferensi, peluncuran film, hingga berbagai konser musik pun juga mengalami nasib yang sama. Ketidakpastian yang diakibatkan oleh COVID-19 memang tidak bisa begitu saja diabaikan.

Baca juga daftar acara-acara yang ditunda akibat dari COVID-19.

For Your Information

Mengapa konferensi APAIE kembali ditunda?

Akibat ketidakpastian karena COVID-19, pada akhirnya pelaksanaan konferensi pendidikan tinggi ini kembali ditunda.

Dimana konferensi APAIE 2022 dilaksanakan?

Tempat pelaksanaan konferensi APAIE 2022 tetaplah sama, yakni di Vancouver, Kanada.

Ingin mengetahui cerita lain di Bangkok?