fbpx

50 Awardee LPDP Harus Tunda ke Luar Negeri karena Covid-19

Pandemi Covid-19 yang melanda lebih dari 180 negara di seluruh dunia berdampak pada proses keberangkatan calon mahasiswa yang akan melanjutkan studi dengan beasiswa, salah satunya LPDP. Dilansir dari CNN Indonesia, sekitar 50 awardee LPDP harus tunda ke luar negeri karena Covid-19.

Penundaan keberangkatan ke luar negeri

Sumber: https://unsplash.com/@martinsanchez

Tahun ajaran baru universitas di luar negeri sebagian besar dimulai pada bulan Juli sampai dengan Agustus 2020. Seharusnya para penerima beasiswa LPDP dapat berangkat ke negara studinya antara bulan Maret sampai dengan Juli 2020.

Untuk meminimalisir penularan Covid-19, pihak LPDP meminta penerima beasiswa LPDP ke luar negeri untuk menunda keberangkatannya. Hal ini mengingat negara yang menjadi mayoritas tujuan studi adalah negara yang memiliki ribuan kasus Covid-19. Negara-negara tersebut antara lain Jepang, Australia, Inggris, Italia, dan Jerman.

Selain itu, pihak LPDP juga menunda seleksi program beasiswa yang sedianya dilaksanakan pada 20 Maret 2020 sampai dengan waktu yang belum ditentukan dengan memperhatikan perkembangan dan dampak pandemi Covid-19.

Penundaan keberangkatan hingga tahun 2021

Sumber: https://unsplash.com/@corychecketts

Penundaan keberangkatan tersebut dilakukan berdasarkan pertimbangan pihak kampus di masing-masing negara. Bila terdapat universitas yang menyediakan opsi enroll atau daftar ulang dan menyediakan fasilitas pembelajaran online, penerima beasiswa LPDP dapat mengikutinya.

Jika pihak kampus tidak menyediakan opsi tersebut dan tidak memiliki kebijakan lain terkait proses daftar ulang, maka para penerima beasiswa harus menunda keberangkatan mereka hingga tahun 2021.

Untuk Kawan Rantau yang juga harus menunda keberangkatan ke luar negeri untuk studi, jangan bersedih! Selama kalian terdaftar sebagai penerima beasiswa dan calon mahasiswa di universitas tujuan, kalian pasti akan menemukan cara untuk dapat melanjutkan studi di universitas impian kalian setelah pandemi Covid-19 berakhir.

Untuk Kawan Rantau yang belum mendapatkan beasiswa, masa-masa ini juga dapat kalian gunakan untuk mempersiapkan diri mendapatkan beasiswa. Sementara itu, untuk Kawan Rantau yang sedang melanjutkan studi di luar negeri, tetap waspada dan jaga kesehatan kalian.

Selain artikel tentang 50 awardee LPDP harus tunda ke luar negeri karena Covid-19 ini, Kawan Rantau juga bisa membaca artikel seputar visa pelajar internasional yang terdampak oleh Covid-19.

Dalam kondisi seperti ini, kesehatan menjadi prioritas yang utama. Lebih baik kita menunda keberangkatan ke luar negeri untuk memutus mata rantai Covid-19.

For Your Information

Mengapa keberangkatan penerima beasiswa LPDP ke luar negeri ditunda?

Pihak LPDP juga menunda keberangkatan penerima beasiswa ke luar negeri sampai dengan waktu yang belum ditentukan dengan memperhatikan perkembangan dan dampak pandemi Covid-19.

Apakah ada cara lain supaya penerima beasiswa LPDP tetap dapat berangkat ke luar negeri?

Bila terdapat universitas yang menyediakan opsi enroll atau daftar ulang dan menyediakan fasilitas pembelajaran via online, maka penerima beasiswa LPDP dapat mengikutinya.

Bagaimana bila pihak kampus tidak menyediakan opsi daftar ulang atau fasilitas belajar online?

Jika pihak kampus tidak menyediakan opsi daftar ulang dan tidak memiliki kebijakan lain terkait proses daftar ulang, maka para penerima beasiswa harus menunda keberangkatan mereka hingga tahun 2021.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?