fbpx

5 Rekomendasi Film Tentang Pendidikan yang Wajib Kamu Tonton

Tak dapat dipungkiri bahwa dari film, ada banyak inspirasi dan motivasi yang tergali. Masin-masing film tentu memiliki makna tersendiri yang khas. Berikut akan kami bahas sejumlah rekomendasi film tentang pendidikan yang wajib kamu tonton.

Bukan hanya tentang film motivasi, film-film di bawah ini juga bisa mendorong kamu untuk berkontemplasi lebih jauh mengenai aspek pendidikan itu sendiri.

SKY Castle (2018-2019)

Sumber: imdb.com

Meskipun bukan berupa film, SKY Castle merupakan drama Korea mengenai pendidikan yang patut ditonton. Dalam drama ini, penonton akan diajak memahami betapa ironisnya sistem pendidikan tinggi di Korea Selatan.

SKY Castle merupakan pemukiman mewah tempat para dokter dan profesor kaya-raya tinggal. Para istri di SKY Castle memiliki “tanggung jawab” untuk membuat suami mereka lebih sukses. Mereka juga berupaya mengasuh anak mereka supaya bisa menjadi pelajar terbaik dan diterima di universitas ternama. Tak heran apabila mereka rela menghabiskan milyaran Won untuk mempekerjakan tutor dan membayar akademi.

Drama satir ini menyasar langsung pada pola pengasuhan anak dan juga sistem pendidikan tinggi di Korea. Tak heran apabila SKY Castle berhasil menjadi salah satu drama Korea tersukses sepanjang sejarah.

Bad Genius (2017)

Sumber: imdb.com

Pada dasarnya, setiap orang memiliki kepandaian masing-masing. Mulai dari tentang akademis, kehidupan sosial, hingga menghasilkan uang. Bad Genius, atau yang juga dikenal sebagai Chalard Games Goeng adalah film thriller Thailand yang menyentil langsung impian ratusan pelajar yang ingin lolos tes terstandar demi masuk universitas terkemuka.

Disutradarai oleh Nattawut Poonpiriya dan dibintangi oleh Chutimon Chuengcharoensukying, Bad Genius berhasil menjadi salah satu film Thailand yang sukses secara internasional.

Garis besar cerita Bad Genius berputar pada kehidupan Lynn, seorang pelajar cerdas yang berusaha menghasilkan uang dengan memberi sontekan kepada teman-temannya. Misi terbesar Lynn dalam film ini adalah, berupaya memberikan jawaban untuk tes terstandar STIC (SAT) yang dikenal sulit untuk ditembus.

The Theory of Everything (2014)

Sumber: imdb.com

The Theory of Everything merupakan film biografi dari fisikawan terkenal, Stephen Hawking. Film ini diadaptasi dari buku karangan Jane Hawking, mantan istri Stephe.

Film ini akan menggambarkan perjalana hidup dari Hawking. Mulai dari ketika ia berkuliah di University of Cambridge pada tahun 1960-an, kehidupan cintanya dengan Jane Hawking, hingga kesuksesannya di bidang fisika dan kosmologi. Ia sering kali disebut sebagai penerus dari Einstein.

Sayangnya, Hawking didiagnosis menderita motor neurone disease yang menyebabkan dirinya tak bisa berjalan, berbicara, bergerak, atau bahkan bernapas. Ia diperkirakan hanya punya waktu dua tahun saja untuk hidup.

Freedom Writer (2007)

Sumber: imdb.com

Pada tahun 194 di Long Beach, California, Erin Gruwell memulai karirnya untuk mengajar di Woodrow Wilson High School. Dalam perjalanan karirnya ini, Erin menghadapi kenyataan bahwa kelas yang diajarnya merupakan kelas khusus anak-anak yang menjadi korban perkelahian antar geng rasial.

Misi utama Erin adalah berupaya untuk memberikan pendidikan yang layak bagi anak-anak bermasalah. Dengan idealitasnya, Erin mencoba mengajarkan toleransi pada murid-muridnya.

Legally Blonde (2001)

Sumber: imdb.com

Elle Woods (Reese Witherspoon) memiliki segalanya. Ia adalah gadis populer di sekolah. Sayangnya, kisah cintanya tidak berjalan mulus. Pacaranya, Warner (Matthew Davis) memutuskan untuk meninggalkan Elle dan fokus pada mimpinya untuk masuk Harvard Law School.

Elle yang tidak terima dengan perlakuan Warner, akhirnya berupaya sekuat tenaga untuk membuktikan bahwa mantannya itu salah. Dengan demikian, perjalanan Elle untuk bisa masuk Harvard Law School pun dimulai.

Pada dasarnya, Legally Blonde merupakan film komedi romantis yang menarik ditonton sebagai hiburan. Selain itu, kamu juga bisa sedikit mendapat gambaran mengenai Harvard Law School yang notabene merupakan sekolah hukum terbaik di sunia.

Demikianlah sejumlah rekomendasi film tentang pendidikan yang harus kamu tonton, Kawan Rantau. Dengan menonton film tersebut, kamu bisa mendapat pandangan lain mengenai dunia pendidikan lebih lanjut.

Baca juga rekomendasi film untuk membantu kamu dalam belajar Bahasa Inggris.

For Your Information

Apa saja rekomendasi film tentang pendidikan yang bisa saya tonton?

Baca artikel ini untuk tahu jawabannya, Kawan Rantau.

Mengapa SKY Castle layak ditonton?

Karena drama Korea ini berhasil menyasar langsung pola pendidikan anak dan juga sistem pendidikan tinggi di Korea.

Ingin mengetahui cerita lain di Bangkok?