fbpx

4 Strategi Efektif Pelajari Kosakata Baru untuk Tes TOEFL

Ketika kita mempelajari bahasa asing, tentu kita harus mempelajari kosakata baru bahasa tersebut. Padahal, mempelajari kosakata baru bisa jadi cukup sulit dilakukan bila kita tak terbiasa untuk mengulang kata-kata tersebut setiap hari. Tapi, tenang saja, kamu bisa simak 4 strategi efektif pelajari kosakata baru untuk tes TOEFL berikut.

Tetapkan tujuan realistis

Sumber: https://unsplash.com/@esteejanssens

Jika kamu mencoba belajar terlalu banyak kata dalam waktu bersamaan, kamu dapat mengurangi jumlah kosakata yang kamu ingat. 

Biasanya orang memerlukan waktu 4-5 menit untuk mempelajari kosakata baru mulai dari mengucapkan, mengejanya, mempelajari dalam kalimat, dan berpikir untuk menggunakannya. 

Jika kamu punya waktu luang, bagi waktu tersebut dalam 5 menit, maka itulah jumlah kata yang dapat kamu pelajari.

Jangan belajar dari daftar abjad

Sumber: https://unsplash.com/@ninjason

Saat kamu mencoba belajar kosakata dalam kamus, semua kata dalam urutan abjad akan memusingkan kamu, apalagi di samping kata-kata tersebut ada definisi dan terjemahan yang harus kamu perhatikan. 

Sebagai solusinya, kamu dapat membuat kartu kata-kata yang dapat kamu bawa kemanapun kamu pergi dan kamu bisa belajar secara lebih efektif. 

Melatih pengucapan

Sumber: https://unsplash.com/@hannahrodrigo

Saat tes TOEFL, kamu akan mendengar berbagai jenis aksen bahasa Inggris, misalnya aksen Amerika Utara, Inggris, Australia, hingga Selandia Baru. 

Ada banyak kata yang cukup rumit dan pengucapan serta ejaannya sangat berbeda. Karena itu melatih pengucapan dapat membantu kamu mengidentifikasi kosakata yang diucapkan ketika mengikuti tes TOEFL.

Menulis kata berkali-kali

Sumber: https://unsplash.com/@nickmorrison

Pada saat tes TOEFL, ejaan yang kamu tulis akan berdampak pada nilai tulisan kamu bahkan menurunkan skor kamu.

Karena ejaan bahasa Inggris begitu rumit, kamu perlu berlatih menulis kata-kata bahasa inggris yang sulit sekitar 3 sampai 7 kali. Saat menuliskannya, ucapkan kata tersebut dan latihlah cara pengucapannya.

Semoga 4 strategi di atas dapat membantu Kawan Rantau mempelajari kosakata baru untuk menghadapi tes TOEFL. Selain itu, kamu juga bisa membaca tentang hal-hal yang harus kamu persiapkan ketika ingin mengambil tes TOEFL.

Nah, bagi Kawan Rantau yang tertarik untuk belajar tes TOEFL secara online bersama tutor-tutor pilihan, Cakap menawarkan Kelas Belajar TOEFL Online dengan diskon 10% khusus buat kamu! Semangat, ya!

For Your Information

Apa itu tes TOEFL?

Test of English as a Foreign Language atau TOEFL merupakan tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam menggunakan dan memahami bahasa Inggris di tingkat universitas.

Apa saja kemampuan yang dinilai saat mengikuti tes TOEFL?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ada sejumlah kemampuan yang diuji saat kamu mengambil tes TOEFL, yakni dari kemampuan reading, listening, writing, dan juga speaking.

Mengapa penting untuk tahu tujuan mengambil tes TOEFL?

Dengan mengetahui alasan yang sebenarnya akan memudahkan kamu dalam belajar. Kamu akan menjadi lebih fokus untuk mendalami section yang kamu butuhkan.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?