fbpx

Jangan Lewatkan 10 Universitas Terbaik di Australia di 2021

Akhir-akhir ini, Australia telah menjadi negara yang diminati oleh para pelajar internasional. Keberadaan dari Group of Eight yang notabene merupakan perkumpulan universitas terkemuka di Australia menambah tinggi reputasi dari Australia. Akan tetapi, kali ini kami akan membahas lebih lanjut mengenai 10 universitas terbaik di Australia. Tentu saja, universitas Go8 termasuk di antaranya.

10. University of Wollongong

universitas terbaik di australia - university of wollongong
Sumber: linkedin.com

University of Wollongong (UOW) merupakan universitas negeri yang terletak di Wollongong, New South Wales, atau sekitar 80 kilometer dari Sydney. Menduduki posisi ke-196 dalam QS World University Rankings 2021, otomastis menjadikan UOW sebagai universitas terbaik ke-10 di Australia.

Wollongong sebagai kota yang menaungi UOW merupakan kota universitas terbaik yang mampu menyeimbangkan antara gaya hidup dan belajar mahasiswa.

9. University of Technology Sydney

Sumber: universitiesautralia.edu.au

Menduduki peringkat ke-133 dalam QS World University Rankings 2021, University of Technology Sydney (UTS) bisa menjadi pilihanmu untuk melanjutkan kuliah di bidang STEM.

Pada dasarnya, UTS berhasil merefleksikan diri sebagai keberagaman multikultur di Sydney. Terdapat 42.600 pelajar internasional yang berasal dari 120 negara berbeda di UTS. Terletak tepat di jantung kota Sydney, membuat UTS berupaya untuk menjadi pusat inovasi terbaik di Australia.

8. University of Adelaide

universitas terbaik di australia - university of adelaide
Sumber: adelaide.edu.au

Tergabung dalam Go8, University of Adelaide dikenal sebagai salah satu universitas terkemuka di Australia. Universitas yang berada di Adelaide ini berhasil menduduki posisi ke-106 dalam pemeringkatan QS World University Rankings 2021.

University of Adelaide tidak segan-segan untuk memberikan fasilitas terbaik bagi para siswanya. Selain itu, kamu juga bisa bergabung ke berbagai organisasi mahasiswa yang menarik untuk dicoba.

7. University of Western Australia

Sumber: teanabroad.org

Menduduki posisi ke-92 dalam QS World University Rankings 2021, University of Western Australia (UWA) terus melaju sebagai salah satu universitas terbaik di Australia. Universitas yang terletak di Perth ini termasuk salah satu universitas tertua di Australia.

Dengan kuliah di UWA, kamu akan mendapat pengalaman yang luar biasa sebagai seorang pelajar. Kamu bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada, mulai dari perpustakaan, toko buku, hingga berbagai jenis kegiatan yang tersedia di UWA.

6. Monash University

universitas terbaik di australia - monash university
Sumber: marj3.com

Universitas yang terletak di Melbourne ini berhasil menduduki posisi ke-55 dalam QS World University Rankings 2021. Hal ini menjadikan Monash University menduduki posisi ke-6 di Australia.

Seluruh hasil riset dari Monash University dapat memberikan dampak yang positif dan nyata bagi semua orang di dunia. Hal ini didukung oleh kemitraan yang terjalin antara Monash University dengan sejumlah institusi di dunia, mulai dari Indian Institute of Technology Bombay, hingga University of Warwick, Inggris.

Salah satu tujuan utama dari Monash University adalah menjadi universitas yang berfokus pada dunia kerja.

5. University of Queensland

Sumber: scmp.com

Menduduki posisi ke-5 di Australia, University of Queensland berhasil menduduki posisi ke-46 dalam QS World University Rankings 2021. Universitas yang terletak di Brisbane ini memang memiliki reputasi yang baik di mata para pelajar.

Setidaknya, terdapat lebih dari 4.000 course yang ditawarkan oleh University of Queensland untuk tingkat sarjana maupun pascasarjana. Kota Brisbane sendiri menjadi sangat menarik untuk ditinggali karena merupakan kota yang ideal untuk belajar dan wisata.

4. University of New South Wales (UNSW)

universitas terbaik di australia - university of new south wales
Sumber: berkuliah.com

UNSW dikenal sebagai universitas yang memiliki hubungan kuat dengan industri. Kali ini, universitas yang terletak di Sydney ini mampu mempertahankan posisinya dalam 50 besar univesitas terbaik di dunia. Iya, UNSW berhasil menduduki peringkat ke-44 dalam QS World University Rankings 2021.

Berdasarkan hasil studi dari LinkedIn, para lulusan UNSW merupakan lulusan paling dicari oleh perusahaan. Pada intinya, hidup kamu sebagai lulusan UNSW akan terbuka dengan terang.

3. University of Melbourne

Sumber: crn.com.au

Di posisi ketiga dari daftar ini ada University of Melbourne. Universitas satu ini berhasil menduduki peringkat ke-41 dalam QS World University Rankings 2021.

Para lulusan dari University of Melbourne diyakini merupakan pribadi yang berbakat dan mampu memberikan dampak yang positif kepada warga di seluruh dunia. Kemudian, penelitian yang dilakukan oleh University of Melbourne ditujukan untuk menyelesaikan tantangan sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Salah satu keistimewaan dari University of Melbourne adalah adanya Melbourne Model yang merupakan kurikulum khusus yang membantu pelajar memahami hal-hal di luar jurusannya.

2. University of Sydney

universitas terbaik di australia - university of sydney
Sumber: oztrekk.com

Menduduki posisi kedua, ada University of Sydney yang tentunya terletak di Sydney. Universitas ini menduduki peringkat ke-40 dalam QS World University Rankings 2021. Pada dasarnya, University of Sydney selalu konsisten menduduki posisi 50 besar universitas terbaik di dunia.

Kemudian, salah satu keunggulan dari University of Sydney adalah, berdasarkan Graduate Employability Ranking, University of Sydney menduduki posisi pertama di Australia dan keempat di dunia. Dengan demikian, kualitas dari para lulusan University of Sydney di dunia kerja sudah tidak dapat diragukan.

1. Australian National University (ANU)

Sumber: dwp.com

ANU berhasil dinobatkan sebagai uiversitas terbaik di Australia. Menurut pemeringkatan QS World University Rankings 2021, ANU berhasil menduduki posisi ke-31. Universitas yang terletak di Canberra terkenal akan jejaring dan kemitraannya yang luas. Otomatis, hal tersebut akan menambah kualitas dari para lulusan ANU.

ANU menawarkan berbagai jenis program yang dapat menarik pelajar. Kemudian, ANU juga memberikan keluwesan bagi para pelajar untuk mengombinasikan program yang ia ambil. Beberapa bidang yang bisa kamu pelajari di ANU adalah sebagai berikut:

  1. Seni dan ilmu sosial
  2. Asia dan Pasifik
  3. Bisnis dan ekonomi
  4. Teknik dan komputer
  5. Sains dan matematika
  6. Kedokteran dan ilmu kesehatan
  7. Hukum
  8. Keamanan nasional

Demikianlah pembahasan kami kali ini, Kawan Rantau. Jangan lupa juga untuk mencari tahu panduan kuliah sambil bekerja di Australia yang bisa kamu manfaatkan.

For Your Information

Mengapa saya harus kuliah di Australia?

Keberadaan dari Group of Eight yang notabene merupakan perkumpulan universitas terkemuka di Australia menambah tinggi reputasi dari Australia.

Di mana universitas terbaik di Australia berada?

Australia ada rumah bagi universitas-universitas terkemuka di dunia. Kami telah mengupas 10 universitas terbaik di Australia bagi kamu yang ingin menempuh perguruan tinggi di negeri kanguru ini, yuk disimak!

Ingin mengetahui cerita lain di Adelaide?