10 Kampus Jurusan Teknik Sipil Terbaik di Dunia. Mana Favoritmu?

Teknik Sipil menjadi jurusan bergengsi di perguruan tinggi. Lulusannya memiliki penghasilan yang memadai dan terjamin di dunia kerja. Akan tetapi, besar kecilnya gaji kadang dipengaruhi oleh universitas, apabila bergengsi maka perusahaan akan menimbang besaran gaji yang patut diberikan.

Belajar di luar negeri, apalagi di kampus bergengsi di dunia adalah impian seumur hidup. Kamu dapat belajar dengan enak karena fasilitasnya. Dilansir dari Construction Week dari Times Higher Education World University Rankings 2019, 10 kampus berikut memiliki jurusan teknik sipil terbaik di dunia. Bagi kamu peminat jurusan ini dan sedang mencari kampus, yuk simak terlebih dahulu artikel ini!

10. University of California, Berkeley

Sumber: news.berkeley.edu

Kampus ini memiliki jurusan teknik sipil yang akan membuatmu berdecak kagum karena silabusnya detail. Para pelajar akan belajat tentang ilmu teknik, desain, dan praktek selama 4 tahun secara komprehensif. Pun, mereka juga mendapatkan pelatihan dari Komisi Akreditasi Teknik Badan Akreditasi untuk Rekayasa dan Teknologi (ABET) yang berbasis di AS. Wah, keren, ya!

9. University College London (UCL)

University College London (UCL), London, UK

Perguruan tinggi ini juga masuk jajaran yang patut diperhitungkan khususnya jurusan teknik. Kampus yang telah berdiri sejak 1826 ini membuka prodi teknik sipil, struktur, pekerjaan geoteknik, cairan, desain, analisis transortasi, survei dan material. Para mahasiswa diajar oleh dosen sekaligus praktisi yang akan membuka cakrawala mereka secara teori dan lapangan.

8. John Hopkins University

Sumber: shopatbloom.com

Kampus kebanggaan Baltimore, Amerika Serikat ini menyediakan jurusan teknik sipil yang dapat membuat mahasiswanya geleng-geleng kepala. Cakupan kurikulumnya cukup luas yaitu prinsip kimia, matematika, fisik dan dampak ekonomi, lingkungan dan sosial, serta belajar menangani proyek skala besar. Selain belajar, para pelajar juga menjalani pelatihan di luar kuliah seperti program dalam penyediaan air dan analisis sistem.

7. Swiss Federal Institute of Technology Zurich

Sumber: www.gotouniversity.com

Kampus yang biasa disingkat ETH Zurich ini membuka jurusan teknik sipil dengan bahasa Jerman sebagai bahasa utama perkuliahan. Enaknya, kamu dapat langsung meneruskan ke jenjang pascasarjana langsung jika sudah lulus. Sehubungan disiplin ilmu yang sangat luas, para mahasiswa teknik sipil belajar segala hal dengan cakupan fisika, hidrolik, hidrologi, teknik struktur, ilmu material, geoteknik, dan infrastruktur transportasi.

6. Imperial College London

Imperial College London

Perguruan tinggi ini berlokasi di Inggris dan memiliki program sarjana teknik sipil terbaik di dunia. Pengajar di sana sangat berpatokan pada silabus yang bertujuan menciptakan insinyur yang dapat membangun suatu kota atau negara secara berkelanjutan. Alumninya diharapkan dapat memecahkan masalah kompleks terkait infrastruktur sekaligus menjaga lingkungan.

5. Princeton University

Sumber: /www.princeton.edu

Kampus yang berlokasi di New Jersey ini membuka 5 jurusan teknik yang disebut ‘TRACKS’ kepada mahasiswa program sarjana. Prodi tersebut ialah arsitektur, teknik lingkungan, teknik geologi, dan seni liberal. Para dosen bukan hanya mengajar mata kuliah wajib, namun juga kepemimpinan di bidang teknik sipil. Bangunannya terkesan tua dan vintage, namun ilmu yang mereka dapatkan sangat berbobot. Perguruan tinggi ini mencoba memberi bekal ilmu dengan hati supaya alumninya dapat memecahkan masalah kompleks tanpa mengacuhkan standar etika.

4. California Institute of Technology

Sumber: www.usnews.com

Kampus Caltech ini memiliki program pascasarjana teknik sipil terbaik versi Times Higher Education World Rankings 2019. Seleksinya pun ketat dengan perkiraan hanya 1 dari 10 mahasiswa yang diterima di tempat prestisius ini. Mahasiswa diberi bekal oleh universitas dengan keahlian penelitian interdisipliner di era teknologi yang serba cepat ini.

3. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Stata Center

Kampus bergengsi ini membuka jurusan teknik sipil dengan jalur khusus. Para mahasiswa ditempa untuk memiliki spesialisasi di bidsng sipil, lingkungan, atau sistem. Setelah lulus, kampus yang menjadi rumah bagi sekitar 11.000 siswa tersebut berharap alumninya menjadi ahli sektor kota cerdas dan dapat membangun infrastruktur secara efisien dan berkelanjutan.

2. Stanford University

Sumber: pixabay.com

Kampus yang telah berdiri sejak 1885 menjadi salah satu pilar kebanggaan Amerika di akademis. Para mahasiswa wajib menyelesaikan mata kuliah teknik maupun rekayasa supaya mereka benar memahami pengantar hukum dasar teknik yang mencakup mekanika fluida lingkungan dan hidrologi. Lalu, mereka juga belajar mata kuliah wajib yang mencakup desain arsitektur, konstruksi, dan geoteknik.

1. University of Oxford

Bodleian History Faculty Library, University of Oxford

Seluruh manusia di muka bumi ini pasti tahu Oxford. Kampus ini secara konsisten selalu masuk jajaran perguruan tinggi terbaik di dunia versi Times Higher Education World University Ranking. Para lulusan almamater jurusan teknik sipil Oxford memiliki kualitas mumpuni di dunia kerja. Kebanyakan dari mereka meniti karir di bidang konstruksi dengan pemahaman dasar profesi yang sangat baik setelah belajar selama 4 tahun. Tak heran, lulusannya laku di pasar kerja.

Demikianlah 10 kampus jurusan teknik sipil terbaik di dunia. Semoga kamu dapat melanjutkan belajar di salah satu universitas di atas, ya! Sampai jumpa di artikel selanjutnya.