Cara Cek Bantuan UMKM 2023 BLT BNI & BRI Lewat HP

Cara-Cek-Bantuan-UMKM-2023-BLT-Terbaru

Ada kabar gembira bagi sebagian masyarakat yang memiliki usaha Mikro, Kecil, maupun Menengah (UMKM). Pasal nya pemerintah memberikan bantuan sosial kepada para pengusaha UMKM. Masyarakat yang memiliki usaha, wajib mengetahui bagaimana Cara Cek Bantuan UMKM yang akan mereka dapatkan dari pemerintah.

Bantuan sosial dari pemerintah ini sudah ada sejak negara kita mengalami Covid. Karena dengan adanya penyakit tersebut keuangan bahkan ekonomi negara Indonesia merosot secara drastis. Jadi banyak kalangan masyarakat yang di berhentikan kerja, dan para pengusaha mengalami kerugian yang cukup besar.

Oleh sebab itu, pemerintah segera menurunkan bantuan UMKM ini untuk para pengusaha kecil, mikro, maupun menengah. Agar mereka bisa kembali memulihkan usaha yang masyarakat punya. Sehingga walaupun berada pada kondisi Covid sekalipun para pengusaha masih dapat bertahan.

Untuk itu, bagi masyarakat yang belum mengetahui bagaimana Cara Cek Bantuan UMKM. Mari simak artikel dari anakrantau.id ini hingga selesai. Kami akan memberikan informasi seputar UMKM pemerintah.

Penjelasan Singkat Mengenai UMKM

Penjelasan-Singkat-Mengenai-UMKM

UMKM merupakan kepanjangan dari usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. UMKM juga merupakan salah satu program bantuan sosal dari pemerintah untuk masyarakat yang memiliki usaha. Bantuan pemerintah ini diadakan guna mendorong dan membantu para pemilik usaha. Agar tetap bisa bertahan dan berjualan walaupun pada saat masa pandemi Covid.

Pada saat adanya Pandemi Covid ini, membuat seluruh masyarakat Indonesia sangat-sangat kesusahan. Bukan hanya masalah keuangan, namun untuk sandang dan panganpun semua merasa kesusahan. Terlebih lagi harga obat-obatan pun ikut melonjak. Sehingga membuat masyarakat semakin kesusahan.

Namun, walaupun keadaan negara kita seperti itu. Kita semua masih tetap bisa bertahan hidup. Terlebih lagi pemerintah cepat tanggap untuk melakukan berbagai bantuan sosial. Khususnya bantuan UMKM ini. Dengan adanya bantuan UMKM ini, masyarakat sedikit terbantu dalam urusan ekonominya. Sehingga mereka tetap bisa berjualan walaupun cukup terbatas.

Sampai saat ini, bantuan UMKM masih terus dicairkan oleh pemerintah. Pasalnya masyarakat pelaku usaha masih membutuhkan bantuan ini. Guna menstabilkan keadaan ekonomi pasca Pandemi Covid. Jadi untuk kalian yang ingin tahu Cara Cek Bantuan UMKM pemerintah seperti apa. Baca terus artikel anakrantau.id dibawah ini hingga selesai.

Panduan Cara Cek Bantuan UMKM

Panduan-Cara-Cek-Bantuan-UMKM

Bagi masyarakat yang sudah mendatar ataupun terdaftar sebagai penerima UMKM. Maka kalian harus segera mengetahui bagaimana Cara Cek Bantuan UMKM yang akan didapat. Jadi, kalian tidak kebingungan saat bantuannya sudah dicairkan oleh pemerintah.

Untuk kalian jangan khawatir yang belum mengetahui bagaimana Cara Cek Bantuan UMKM. Maka anakrantau.id akan memberikan penjelasan dan langkah-langkahnya. Agar lebih memudahkan kalian untuk segera mengeceknya. Untuk itu berikut langkah-langkah untuk pengecekan :

  • Buka menu Browser terlebih dahulu untuk masuk ke menu e-form BRI
  • Kemudain klik di pencarian https://eform.bri.co.id/bpum
  • Lalu masukan NIK KTP kalian pada form yang tersedia
  • Setelah itu masukan ulang kode verifikasi yang ada
  • Lalu klik Proses Inquiry pada layar e-form
  • Tunggu sebentar, hingga hasil data yang diminta keluar
  • Lalu, selesai kalian bisa melihat status bantuan UMKM apakah nama kalian sudah terdaftar atau belum.
  • Terakhir jangan lupa siapkan berkas-berkas yang diperlukan untuk pencairan pada Bank BRI terdekat.

Memang proses yang diliat cukup sedikit sulit bagi mereka yang baru-baru terdaftar sebagai penerima UMKM. Namun, dengan berjalannya waktu, akan terasa lebih mudah untuk kalian dalam menggunankan aplikasi tersebut. Oleh sebab itu, kalian harus mengikuti tahap demi tahap dengan baik hingga selesai.

Syarat Sebagai Penerima Bantuan BLT UMKM

Syarat-Sebagai-Penerima-Bantuan-BLT

Ada beberapa persyaratan yang dapat kalian penuhi untuk mendapatkan bantuan UMKM ini. Semua para pelaku usaha bisa mengajukan sebagai penerima bantuan UMKM ini. Hanya saja ada beberapa syarat yang harus diketahui. Sebelum kalian melakukan pendaftaran sebagai penerima bantuan.

Bantuan UMKM ini memang tidak diberikan kepada seluruh masyarakat. Hanya yang memiliki usaha yang akan menerima bantuan. Karena UMKM ini merupakan kategori bantuan sosial ekonomi berupa uang tunai yang diberikan pemerintah kepada pelaku usaha. Oleh sebab itu, ada beberapa Syarat sebagai penerima bantuan UMKM, yaitu :

  • Sebagai Penerima Harus memiliki KTP dan KK
  • Sebagai Penerima merupakan asli Warga Indonesia
  • Sebagai Penerima bukan merupakan Apratur Negara
  • Sebagai Penerima tidak bekerja sebagai PNS, POLISI/TNI ataupun BUMN
  • Melampirkan surat usulan calon penerima BPUM dan pengusul BPUM
  • Harus dan wajib memiliki usaha mikro
  • Sebagai Peenerima tidak terdaftar pada KUR atau kredit usaha mikro lainnya
  • Apabila domisili usaha berbeda dengan KTP, maka bisa melampirkan Surat Ketengan Usaha (SKU)

Syarat Atau Berkas Untuk Mencairkan BLT UMKM

Setelah kalian telah memenuhi syarat sebagai penerima bantuan. Dan layak sebagai penerima bantuan UMKM. Maka ada beberapa syarat yang harus disiapkan pada saat pencairan nanti. Adapun syarat atau berkas yang harus diketahui untuk mencairkan BLT UMKM ini yaitu :

  • Pencairan hanya akan dilakukan di Bank BRI terdekat sesuai domisili penerima
  • Kalian sudah terdaftar sebagai Nasabah Bank BRI, jika belum lakukan proses pendaftaran nasabah terlebih dahulu.
  • Membawa KTP Asli kalian sebagai penerima
  • Membawa Buku Tabungan BRI
  • Membawa Kartu ATM BRI
  • Pastikan kalian sudah menerima notifikasi SMS. Sebagai pemberitahuan penerima UMKM untuk ditunjukan di Bank BRI saat pencairan
  • Menyiapkan surat Pernyataan atau surat lainnya yang sudah ditanda tangani oleh pejabat setempat kalian.

Itulah beberapa syarat yang harus kalian ketahuisebelum melakukan pencairan. Agar pencairan bisa berjalan dengan lancar. Apabila berkas yang disiapkan sudah sangat lengkap.

Nominal Total Bantuan UMKM

Adapun nominal yang akan didapat dari penerima bantuan UMKM ini bervariasi. Semua yang didapat tergantung dengan besar ataupun kecil usaha yang dijalaninya. Jadi setiap penerima bantuan akan mendapatkan bantuan yang berbeda-beda.

Namun, pada umumnya Nominal total bantuan UMKM yang cair mencapai Rp. 1.200.000 per setiap penerima bantuan. Tapi, perlu diingat kembali, semua penerima bantuan UMKM akan mendapatkan nominal yang berbeda-beda. Tergantung usaha yang mereka jalani. Oleh sebab itu, kalian harus memahami proses Cara Cek Bantuan UMKM ini. Sehingga bisa selalu kalian cek berkala dengan mudah.

Syarat Atau Cara Daftar Bantuan UMKM

Setelah kalain membaca persyaratan yang sudah dijelaskan tadi. Lalu kalian berhak mendapatkan bantuan UMKM ini. Maka kalian bisa segera melalakukan pendaftaran. Jika kamu masih bingung bagaimana cara untuk pendaftarannya, kalian bisa simak pembahasan ini. Kami akan memberitahu langkah-langkah apa saja untuk melakukan pendaftarannya. Berikut adalah beberapa langkah yang harus diketahui :

  • Kalian bisa mengajukan Permohonan Pendaftaran sebagai calon penerima bantuan BLT ke Dinas Koperasi dan UMKM setempat
  • Lalu lengkapi data yang diminta berupa :
  • KTP, KK, nama lengkap dan alamat sesuai dengan KTP, nomor telpon dan usaha yang dimiliki bergerak dibidang apa
  • Kemudian serahkan semua berkas kepada Dinas Koperasi Dan UMKM untuk proses selanjutnya.
  • Jika sudah di verifikasi, maka kalian akan mendapat pemberitahuan melalu nomor telpon yang tertera
  • Atau bisa kalian cek secara berkala melalui Cara Cek Bantuan UMKM yang sudah tertera di atas tadi.

Segera daftarkan diri kalian untuk mendapatkan bantuan UMKM dari pemerintah ini. Sehingga bisa bermanfaat sekali untuk menunjang ekonomi serta keberlangsungan usaha kalian.

Pihak Terkait Sebagai Pengusul

Sebelum kalian mendaftar sebagai penerima bantuan UMKM. Kalian harus mendapatkan surat dari pengaju bantuan dan pengusul. Ini merupakan salah satu syarat utama yang harus kalian lengkapi sebelum melakukan pendaftaran. Karena tanpa surat dari pengusul kalian belum bisa mendapatkan bantuan UMKM tersebut.

Bagi kalian yang belum mengetahui siapa saja pihak terkait pengusul itu. Maka kami akan memberikan sedikit informasinya mengenai pihak terkait sebagai pengusul yaitu :

  • Dinas Koperasi Dan UMKM
  • Kementrian dan Lembaga Perdagangan
  • Koperasi yang sudah Sah dan Berbadan Hukum
  • Lembaga penyalur kredit UMKM yang berasal dari pemerintah

Jenis Bantuan Lainnya Untuk UMKM

Jenis-Bantuan-Lainnya-Untuk-UMKM

Perlu diketahui bahwa selain uang tunai yang diberikan pemerintah kepada penerima bantuan UMKM. Ada berbagai jenis bantuan lainnya yang diberikan pemerintah kepada para pelaku usaha. Agar lebih meningkatkan kestabilan usaha yang mereka punya. Adapun Jenis Bantuan lainnya dari pemerintah untuk UMKM yaitu :

Kursus Dan Pelatihan Usaha

Kursus dan pelatihan usaha merupakan hal yang sangat penting bagi para pelaku usaha. Oleh karena itu, pemerintah memberikan bantuan ini kepada para pemilik usaha. Guna untuk lebih meningkatkan kreativitas dan juga keterampilan mereka dalam mengolah bisnis usaha yang dipunya.

Kursus dan pelatihan usaha yang diberikan oleh pemerintah mencakup berbagai aspek dan topik. Mulai dari menejemen keuangan, sumber daaya manusia, pemasaran serta pengembangan terhadap produk yang dimiliki. Selain itu, kursus dan pelatihan usaha ini sangat bermanfaat sekali bagi para pemilik usaha untuk lebih meningkatkan hasil penjualan mereka.

Dengan begitu mereka bisa memahami tren terbaru dalam berbisnis. Dan juga bisa meminimalisir resiko kebangkrutan akibat tantangan antara pesaing usaha. Untuk itu, pemerintah memberikan kursus dan pelatihan ini secara gratis dan dapat dijangkau para penerima UMKM.

Bantuan Berupa Teknologi

Salah satu Teknologi yang ditawarkan pemerintah bagi para pelaku UMKM ialah Mesin berupa perangkat Lunak maupun perangkat keras. Bantuan ini sangat membantu sekali bagi para UMKM. Sehingga mereka bisa meningkatkan kualitas produk yang dimiliki untuk bisa bersaing dengan para usaha menengah keatas lainnya.

Dengan adanya bantuan teknologi dari pemerintah ini. Masyarakat UMKM bisa lebih mengembangkan produksi yang mereka punya. Agar menjadi lebih efisien dan memiliki kualitas produk yang lebih baik lagi.

Bantuan Berupa Perizinan

Bantuan ini sangatlah penting bagi para pelaku usaha UMKM. Karena tanpa adanya izin usaha, maka kegiatan usaha yang mereka punya akan terhambat. Sehingga mereka tidak bisa meneruskan usaha yang dimilikinya.

Bantuan perizinan yang diberikan pemerintah untuk para UMKM ini berupa. Fasilitas saat mengurus perizinan, informasi mengenai regulasi bisnis, dan juga pelatihan dalam memenuhi standar aturan yang berlaku.

Dengan adanya bantuan perizinan ini, maka pelaku UMKM dapat mengetahui apasaja yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnisnya. Sehingga tidak terjadi pelanggaran aturan dalam usaha bisnis yang dijalankan.

Akses Penjualan Digital

Akses penjual digital adalah salah satu bantuan yang diberikan pemerintah kepada UMKM. Pasalnya bantuan ini sangat berguna bagi para pelaku usaha UMKM. Untuk mendapatkan jangkauan konsumen yang lebih luas melalui platform digital.

Dengan adanya akses penjualan digital ini, para UMKM mampu memasarkan berbagai produk yang dimiliki secara Online. Sehingga dapat meningkatkan penjualan bagi mereka serta menambah nilai keuntungan yang akan UMKM dapatkan.

Melalui Online ataupun media sosial, para pelaku UMKM akan mendaptkan jangkauan konsumen yang lebih luas. Sehingga dapat memperluas lagi jangkauan bisnis yang mereka punya. Semakin banyak pula produk yang bisa mereka jual dan tawarkan ke konsumen Online. Adapun iklan online yang dapat digunakan oleh para usaha UMKM sebagai media promosi yang lebih efektif dan efisien.

Manfaat Dari Bantuan UMKM Pemerintah

Manfaat-Dari-Bantuan-UMKM-Pemerintah

Bantuan dari pemerintah untuk UMKM khususnya usaha kecil sangatlah berguna dan bermanfaat. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa dirasakan bagi para penerima bantuan UMKM dari pemerintah ini :

Menambah Modal Usaha

Salah satu manfaat yang didapat dari program pemerintah adalah bertambah nya modal usaha bagi para UMKM. Modal usaha sangat berpengaruh sekali bagi para penerima UMKM. Karena dengan adanya bantuan dari pemerintah ini, mereka bisa menambah modal usah. Untuk keberlangsungan usaha yang sedang dijalaninya.

Dengan adanya tambahan modal usaha ini, mampu membuat para UMKM lebih memperluas jaringan bisnis yang dipunya. Sehingga mereka bisa meningkatkan pendapatannya lebih baik lagi. Oleh sebab itu, bantuan modal ini sangat berpengaruh sekali bagi para UMKM untuk mengatasi tantangan keuangan dan memperluas jaringan bisnis.

Kualitas Produk Meningkat

Dengan adanya bantuan pemerintah kepada UMKM ini. Membuat para pelaku UMKM mendapatkan dan menjual produk yang dimiliki dengan kualitas yang lebih baik. Dengan bantuan khursus dan pelatihan tadi, membuat para pelaku usaha UMKM. Lebih kreatif dan meningkatkan lagi kualitas produk yang mereka miliki.

Dengan begitu, mereka juga bisa ikut bersaing dengan para pengusaha menengah dan keatas. Sehingga mereka bisa merasakan keuntungan yang lebih besar juga dari produk yang pelaku UMKM punya.

Keterampilan Bagi Para Pengusaha

Melalui bantuan dari pemerintah ini, para pelaku UMKM mampu meningkatkan berbagai keterampilan yang mereka punya. Dengan mengikuti berbagai pelatihan dan juga seminar gratis yang diberikan pemerintah. Membuat pola pikir dan daya keterampilan dari UMKM semakin meningkat lebih baik lagi.

Dengan adanya seminar yang diikuti, membuat para usaha UMKM mmempelajari berbagai strategi bisnis yang efektif. Sehingga mampu mengasah keterampilan para pelaku UMKM untuk lebih kreatif dan inovatif lagi. Peningkatan keterampilan ini akan berdampak positif apabila terus berlangsung panjang. Sehingga sangat bermanfaat bagi pelaku usaha mikro, kecil, maupun menengah.

Memperkuat Daya Saing UMKM

Bantuan yang diberikkan pemerintah sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat pelaku UMKM demi memperkuat daya saing usaha. Dengan adanya bantuan akses digital, dan teknologi para pelaku UMKM bisa memperluas jaringan produk usahanya. Sehingga mereka mampu bertahan dan bersaing dengan UMKM lainnya.

Produk yang mereka hasilkan juga bisa lebih optimal dan tidak kalah dengan pelaku usaha menengah. Jadi mereka lebih percaya diri dalam menciptakan suatu produk dan memasarkannya secara luas melalui media Online. Oleh sebab itu produk mereka juga bisa ikut bersaing dipasaran sebagaimana mestinya.

Peningkatan penghasilan pun bisa mereka dapatkan sama seperti para pelaku usaha menengah. Oleh sebab itu, bantuan dari pemerintah ini sangat berpengaruh sekali terhadap keberlangsungan UMKM.

Sekian pembahasan mengenai Bantuan UMKM dari pemerintah yang dapat kalian baca. Semoga artikel ini membantu para pembaca sekalian.

Baca juga :