fbpx

Simak! Inilah Skill yang Dicari Perusahaan Tahun 2020

Sudah memiliki gelar dari perguruan tinggi yang mentereng, apalagi lulusan dari luar negeri, pasti membuat kamu memiliki nilai tambah. Akan tetapi, hal tersebut tidak cukup kalau kamu ingin mencari kerja bersama jutaan pencari kerja lainnya. Kamu harus menjadi lain dari yang lain. Jadi, sebaiknya kamu harus memiliki skill-skill berikut yang dipercaya dicari oleh perusahaan di tahun 2020.

Baru-baru ini, Linkedin baru saja mengeluarkan publikasi tentang skill yang dicari oleh pihak perusahaan di tahun 2020. Hal ini disusun oleh Linkedin melalui analisis data dari 660 juta lebih profesional yang tergabung di dalam jejaring mereka.

Kira-kira, skill-skil apa saja yang dibutuhkan di tahun 2020 ini? Simak pembahasan kami berikut ini.

Blockchain

Skill dicari perusahaan 2020 - Blockchain
Blockchain. Sumber: unsplash.com

Penggunaan cryptocurrency dewasa ini semakin berkembang. Maka dari itu, pemahaman akan blockchain sangat diperlukan karena dengan kemampuan ini, kamu bisa menyimpan berbagai macam data dalam bentuk digital.

Orang-orang yang memiliki kemampuan ini menjadi salah satu kandidat yang dicari oleh pihak perusahaan. Apalagi, perusahaan yang bergerak di bidang uang digital sudah mulai marak.

Dengan demikian, kamu perlu mendalami pemahaman akan hal ini. Tenang, Anak Rantau, karena kamu bisa mempelajari seluk beluk dari Digital Currency di University of Nicosia (UNIC).

UX Design

UX Design. Sumber: unsplash.com

Memahami bagaimana seorang pengguna betah menggunakan produk tertentu menjadi salah satu tujuan utama dari para UX Designer. Hal ini menjadikan kemampuan untuk memahami UX Design secara keseluruhan menjadi penting.

Banyak perusahaan yang membutuhkan pekerja yang dapat membantu mereka mengembangkan produk serta pengalaman yang lebih human-centric.

Analisis Bisnis

Skill dicari perusahaan 2020 - analisis bisnis
Analisis Bisnis. Sumber: unsplash.com

Analisis bisnis menjadi salah satu skill yang paling dicari perusahaan tahun 2020 ini. Otomatis, bagi kamu yang memang terjun di bidang ini, harus bisa melakukan analisis bisnis lebih mendalam. Bagaimanapun, dalam beberapa hal, analisis bisnis diperlukan untuk mengambil keputusan.

Salah satu jurusan yang menekankan pada kemampuan analisis bisnis adalah Business Administration. Tak heran kalau sekarang ini masih banyak orang yang mengejar gelar MBA.

Penalaran analitik

Ilustrasi big data. Sumber: unsplash.com

Analytical Reasoning atau penalaran analitik menjadi kemampuan yang juga paling dicari di tahun 2020 ini. Tidak dapat dipungkiri, sekarang data telah menjadi pondasi bagi setiap bisnis yang dijalankan.

Maka dari itu, perusahaan banyak mencari kandidat yang mampu memanfaatkan data yang ada untuk kemudian memberikan masukan kepada perusahaan. Tentunya, hal ini ditujukan untuk menciptakan keputusan terbaik dalam bisnis yang dijalankan.

Produksi video

Skill dicari perusahaan 2020 - Produksi Video
Produksi video. Sumber: unsplash.com

Salah satu cara terbaik untuk mempromosikan suatu produk adalah melalui video. Dengan demikian, orang-orang yang memiliki kemampuan untuk memproduksi konten bergerak ini pun semakin banyak dicari oleh perusahaan.

Skill yang satu ini mungkin terlihat sederhana, akan tetapi tidak semua orang betul-betul bisa menguasainya.

Dengan adanya daftar skill di atas, semoga kamu menjadi lebih siap dalam menghadapi dunia kerja yang ganas. Kamu bisa mempersiapkan diri melalui kuliah yang sedang kamu jalani sekarang atau melalui sejumlah course yang disediakan.

Jadi, ayo terus semangat dan gali potensi diri ya, Anak Rantau. Jangan lupa untuk pantau 5 situs berikut ini yang bisa bantu kamu magang di luar negeri.

For Your Information

Bagaimana cara saya mudah mendapat pekerjaan?

Selain memiliki gelar pendidikan yang mumpuni, kamu juga harus memiliki skill di bidang-bidang tertentu supaya bisa menarik minat perusahaan padamu.

Skill apa saja yang dibutuhkan di tahun 2020 ini untuk mencari pekerjaan?

Kebutuhan skill kandidat pekerja di satu perusahaan tentu akan berbeda-beda. Akan tetapi, dilansir dari publikasi yang dikeluarkan Linkedin, skill-skill yang dibahas dalam artikel ini menjadi skill yang paling dicari perusahaan di tahun 2020.

Apakah saya bisa dengan mudah menguasai skill-skill yang diperlukan di tahun 2020 untuk mencari pekerjaan?

Memiliki skill tertentu mungkin tidak akan mudah untuk dipelajari. Akan tetapi, terdapat berbagai platform yang bisa membantumu untuk menguasainya.