fbpx

Simak! Begini Cara Memulai Menata Karir di NGO Versi Anak Rantau

Sebagai mahasiswa ilmu sosial, bekerja di sebuah non-governmental organization (NGO) merupakan satu jenis karir yang diimpikan. Sayangnya, tidak semua orang tahu apa itu NGO dan bagaimana meniti karir di bidang ini akan memberikan pengalaman yang cukup berbeda dibanding bekerja di perusahaan atau pemerintahan. Jadi, mari simak cara memulai menata karir di NGO versi Anak Rantau.

Sebelum kita membahas cara memulai menata karir di NGO, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu NGO.

Apa itu NGO?

Aksi oleh Greenpeace. Sumber: greenpeace.org

NGO atau yang juga dikenal sebagai lembaga non profit adalah sebuah organisasi masyarakat sipil yang memiliki fungsi secara independen dan terlepas dari pemerintahan. Jenis NGO sangatlah beragam, mulai dari NGO tingkat lokal hingga internasional, hingga berdasarkan tujuannya. Ada NGO yang berfokus pada isu anak seperti Save The Children dan Plan Internasional, ataupun berfokus pada isu lingkungan seperti Greenpeace dan World Wildlife Fund.

Banyak yang bertanya, ketika kerja di NGO yang memang bergerak di isu kemanusiaan, apakah kita akan dibayar? Tentu saja kita akan dibayar. Meskipun bergerak di isu kemanusiaan, NGO tetap akan memberikan kamu gaji dan tunjangan yang sesuai. Bahkan, beberapa NGO internasional dapat memberikan kamu gaji yang cukup tinggi karena keahlian yang kamu miliki.

Perbagus CV

Sumber: reckrytointi.com

Sama seperti pekerjaan-pekerjaan lainnya, sebuah Curriculum Vitae yang impresif perlu kamu pertimbangkan. Lalu, bagaimana cara memperbagus CV yang bisa kamu lakukan?

  1. Perbanyak ikut kegiatan kerelawanan. Bekerja di NGO akan sangat dekat dengan aktivisme dan pemberian bantuan. Apalagi, tujuan yang ingin dicapai oleh NGO adalah melakukan kerja sosial. Maka dari itu, sangat tepat apabila kamu mulai mengenal cara kerja NGO dengan mengikuti banyak kegiatan kerelawanan di dekatmu.
  2. Menjalani program magang. Ada banyak kesempatan untuk menjalani program di NGO-NGO tertentu. Tentu, ini akan menjadi pengalaman yang sangat berharga bagimu. Apalagi, biasanya ketika NGO membuka suatu lowongan, kemampuan serta pengalaman yang dimiliki oleh si pendaftar menjadi prioritas bagi mereka.
  3. Berkuliah di jurusan-jurusan yang relevan. Mendalami ilmu sosial menjadi salah satu cara bagimu untuk bisa mudah meniti karir di NGO. Apalagi, memang banyak jurusan yang memungkinkan kamu berkarir di bidang ini. Jurusan-jurusan seperti sosiologi, kesejahteraan sosial, antropologi, atau bahkan hubungan internasional bisa menjadi pintu gerbang bagimu untuk bekerja di NGO.

Siapkan Cover Letter terbaik

Layaknya melamar ke semua jenis pekerjaan, menyiapkan cover letter menjadi wajib kamu siapkan sebaik mungkin. Dalam cover letter yang kamu buat tersebut, tidak hanya harus menjalankan seberapa besar kemampuan yang kamu miliki tapi juga sejauh mana pengetahuan kamu mengenai isu yang dibahas di NGO tersebut.

Satu hal yang harus kamu tahu, berkarir di NGO akan membutuhkan berbagai tahapan yang tentunya tidak mudah dijalani. Memahami proses administrasi dari suatu program, hingga menyangkut bagaimana jalannya evaluasi sebuah program juga akan menjadi hal yang akan kamu lakukan.

Dengan demikian, jenis karir yang satu ini memang akan cukup berbeda dengan jenis karir lainnya. Apabila kamu tertarik, maka tentukan apa isu yang ingin kamu dalami dan peran apa yang ingin kamu ambil.

Kamu juga bisa membaca keuntungan-keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari kuliah jurnalistik.

For Your Information

Apa itu NGO?

NGO atau yang juga dikenal sebagai lembaga non profit adalah sebuah organisasi masyarakat sipil yang memiliki fungsi secara independen dan terlepas dari pemerintahan.

Apakah kerja di NGO dibayar?

Tentu saja kita akan dibayar. Meskipun bergerak di isu kemanusiaan, NGO tetap akan memberikan kamu gaji dan tunjangan yang sesuai. Bahkan, beberapa NGO internasional dapat memberikan kamu gaji yang cukup tinggi karena keahlian yang kamu miliki.

Bagaimana cara saya memulai meniti karir di NGO?

Salah satunya adalah dengan memperbagus CV. Untuk cara-cara lainnya, simak artikel berikut ini, ya.