Hacker Asal Pasuruan Ketiban Rejeki Rp 105 juta Dari Google

Pemuda asal Bukir, Kota Pasuruan, mendapat hadiah dari Google. Jumlahnya lumayan besar, sebanyak $7.500 atau sekitar Rp 105 juta.

Belakangan ini suka terjadi kasus-kasus hacking di perusahaan besar di dalam negeri seperti Telkmosel (2017) maupun di luar negeri seperti Facebook (2018).

Salah satu cara perusahaan besar seperti Google untuk menghindari kejadian hacking ini adalah untuk memberikan hadiah kepada siapapun yang bisa menemukan bug atau kecacatan dalam sistem keamanan software mereka.

Nosa, hacker beruntung ini mengungkapkan, tak menyangka mendapat hadiah dari Google. Dia menjelaskan, notif reward itu, setelah ia mendapati sistem keamanan pada Google masih terdapat celah, yang bisa dibilang membahayakan mesin pencarian itu.

Nosa belajar keterampilan coding dan hacking dari komunitas-komunitas, dan lucunya, Google sendiri. “Setiap bug hunter mempunyai suatu impian, impian saya menemukan bug di Google.” ujarnya.

Nosa menemukan bug tersebut pada awal Maret 2018, tetapi bug tersebut masih sepele. Pada bulan Agustus 2018 dia mencoba lagi dan berhasil bypass keamanan tersebut — yang akhirnya dinyatakan valid dari Google pada September awal.

Bagaimana harapan kedepan dan perasaan Nosa setelah berhasil hack Google? Simak jawabannya di video berikut.