4 Profesi Baru di Industri 4.0. Global, Tekuni Keahliannya!

Revolusi Industri 4.0 bukan isapan jempol belaka. Banyak pekerjaan repetitif yang hilang dan digantikan baru. Hal ini bukan hanya terjadi di Indonesia, tapi di seluruh dunia. Beragam profesi baru ini tentu saja harus diperdalam oleh beberapa skill. Menurut Linkedin, ada 50.000 keahlian yang potensial di era industri 4.0 ini. Supaya standout, yuk simak artikel berikut ini!

1. Content Creator, Profesi Baru yang Mesti Kaya Ide!

Semenjak Youtube dan Instagram booming di Indonesia sekitar tahun 2014, pekerjaan content creator menjadi hal yang menarik untuk dipertimbangkan. Content creator bukan hanya membuat konten film, tapi juga bisa tulisan, sajak, atau desain yang persuasive. Selain itu, alangkah lebih baik jika konten juga bermakna dan memiliki kekuatan untuk menggerakkan masyarakat ke arah yang lebih baik. Eksekusi dan pengemasan ide menjadi tantangan di profesi baru ini.

Pekerjaan baru di industri 4.0 ini memerlukan keterampilan berpikir kreatif, persuasif dan terkadang analitik. Analitik yang dimaksud adalah mampu melihat permasalahan secara adem. Dilansir dari Linkedin, mempunyai sebuah platform adalah hal hebat, namun semuanya akan sia-sia jika kamu tidak membujuk masyarakat untuk melihat kontenmu.

2. Social Media Strategist. Sekilas Terlihat Ringan, Nyatanya Tidak!

Ngaku, siapa yang sering bolak-balik buka Instagram, Youtube, Line, dan Whatsaap dalam sekali waktu? Kamu sebagai generasi milenial pasti begitu, kan? Ternyata kebiasaan itu juga melahirkan profesi baru di Industri 4.0 ini, yaitu social media strategist. Pergeseran dari analog menjadi digital membuat suatu brand mesti dipasarkan melalui sosial media.

Social Media Strategist bertugas untuk membangun branding perusahaan agar terlihat menarik di mata warganet. Jika salah mengunggah konten, maka citra perusahaan bisa berubah bahkan memancing kemarahan global. Selain itu, ia juga bertanggung jawab dalam membuat event, dan menganalisa kritik dan saran dari netizen. Maka dari itu, biasanya seorang social media strategist tahan banting dengan komentar pedas netizen. Ia harus pandai beradaptasi dengan ekosistem digital dan memiliki manajemen pengelolaan situasi sulit.

3. SEO Specialist, Sang Pengendali Search Engine

Di era yang serba instan ini membuat search engine atau mesin pencari menjadi hal yang mustahil untuk diabaikan. Pasalnya, orang mencari informasi melalui Google, Yahoo, Bing, dan lain sebagainya secara cepat. Nah, tugas SEO Specialist adalah melakukan optimasi agar website atau artikel berada di halaman pertama Google. Dengan begitu, informasi dapat dibaca tanpa repot-repot klik halaman selanjutnya. Semakin ke bawah urutannya, maka semakin kecil kemungkinan dibaca oleh warganet. Wah, susah juga ya!

Menurut Linkedin, skill yang cocok untuk SEO Specialist ini adalah selalu update informasi mengenai algoritma Google supaya tidak kalah saing. Peminatnya masih langka, loh! Perusahaan rela menggaji cukup tinggi untuk posisi ini demi pemasaran yang terintegrasi melalui website.

4.Web Developer, Sang Sahabat Algoritma Website

Kalau dari tadi anakrantau membahas profesi baru dari segi komunikasi, nah, kali ini cukup berbeda. Profesi baru di era digital ini juga masih sepi peminat, loh! Tugasnya yaitu membuat dan mengembangkan aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemograman. Di era distruptif ini, aplikasi bukan hanya ramah di smartphone, tapi juga harus pas di berbagai gadget.

Menjadi web developer memerlukan skill UI/UX design yang kuat. Dilansir dari Linkedin, UI/UX menjadi kunci agar website ramah dikunjungi dan mudah diakses. Dengan begitu, pengunjung betah berlama-lama akses informasi sehingga memperkecil bounce rate.

Nah, itu dia beragam profesi baru di era digital 4.0 dan skill untuk memperdalaminya. Di masa depan, kamu bukan hanya bersaing dengan gadget, namun juga artificial intelligence (AI). Maka dari itu, kembangkan kreativitas supaya kamu dapat bertahan di dunia kerja dan meraih posisi yang menjanjikan. Subscribe mailing list kita untuk mendapatkan segala sumber informasi untuk belajar dan tinggal di luar negeri, sampai berjumpa di lain kesempatan!