fbpx

Mengenal 5 Universitas yang Paling Menghargai Kesetaraan Gender

Tujuan kelima dari Sustainable Development Goals (SDGs) adalah mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua perempuan dan anak perempuan. Ternyata, hal ini telah menjadi fokus dari berbagai universitas di dunia. Maka dari itu, berikut kami kenalkan 5 universitas yang paling menghargai kesetaraan gender di dunia.

Western Sydney University, Australia

Para lulusan Western Sydney University. Sumber: westernsydeny.edu.au

Western Sydney University menjadi salah satu universitas yang mendidikasikan diri pada pemberantasan kekerasan seksual di lingkungan kampus. Hal ini dilakukan dengan mengembangkan program pendidikan hubungan yang saling menghormati. Program tersebut ternyata telah diimplementasikan di berbagai universitas di Australia.

Selain itu, berbagai fasilitas kampus pun ditambahkan untuk mendukung kesetaraan gender, seperti pengadaan fasilitas menyusui. Kemudian, terdapat juga upaya untuk mengembangkan Gender Equality Policy.

Vrije Universiteit Amsterdam, Belanda

Para mahasiswa Vrije Universiteit Amsterdam. Sumber: fgb.vu.nl

The Wo/men network di Vrije Universiteit Amsterdam bertujuan untuk meningkatkan posisi perempuan di universitas. Jejaring tersebut digunakan untuk mempromosikan diversitas dan kesempatan yang sama bagi semua gender. Tentunya, hal ini untuk melawan gender bias yang muncul di lingkungan kampus.

Para perempuan di VUA sering kali mengadakan ancara yang bertujuan untuk menjadi wadah diskusi mengenai kesetaraan gender.

University of Gothenburg, Swedia

Universitas paling menghargai kesetaraan gender - University of Gothenburg
Para mahasiswa University of Gothenburg. Sumber: studyinsweden.se

University of Gothenburg memiliki peran penting dalam penelitian kesetaraan gender. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa kesetaraan gender telah menjadi isu utama yang dibahas oleh dua organisasi riset di University of Gothenburg.

Pertama, isu kesetaraan gender dibahas oleh Centre for Interdisciplinary Gender Research. Pusat kajian ini menjadi sumber bagi para peneliti di Gothenburg. Kemudian, mereka juga sering mengadakan forum dan dialog untuk mewadahi diskusi mengenai geder.

Kedua, Swedish Secretariat for Gender Research menjadi organisasi kedua yang memiliki gender sebagai bahasan utama.

University of Bologna, Italia

Universitas paling menghargai kesetaraan gender - University of Bologna
Para mahasiswi University of Bologna. Sumber: http://www.unibo.it

Sebagai bentuk komitmennya terhadap tujuan kelima dari SDGs, University of Bologna berencana untuk mempublikasikan data gender tiap tahunnya. Kemudian, mereka juga bermaksud mendirikan pusat bantuan bagi para mahasiswa yang memiliki perhatian terhadap komunitas LGBTQ+.

Hal ini sejalan dengan Gender Equality Plan yang dipromosikan oleh University of Bologna. Dalam rencana tersebut, University of Bologna berupaya untuk memberikan kesempatan karir seluas-luasnya bagi perempuan.

University of Worcester, Inggris

Universitas paling menghargai kesetaraan gender - University of Worcester
Para lulusan dari University of Worcester. Sumber: worcester.ac.uk

Pada tahun 2017, dilaporkan bahwa gender gap di University of Worcester hanya mencapai 3.16%. Tentu hal ini sangat jauh lebih kecil dibandingkan rata-rata gender gap di Inggris secara nasional, yakni mencapai 17.4%.

Kemudian, dalam laporan tersebut juga, disebutkan bahwa 65% pegawai di University of Worcester adalah perempuan. Kabar baiknya lagi, para perempuan ini juga mendapatkan tempat di tingkat-tingkat manajerial yang tinggi.

Penilaian akan universitas paling menghargai kesetaraan gender ini dikeluarkan oleh Times Higher Education. Penilaian ini termasuk bagian dari University Impact Ranking. Hal-hal yang diperhatikan dalam perankingan ini meliputi penelitian mengenai gender, kebijakan yang ramah terhadap kesetaraan gender, dan juga komitmen dari universitas dalam merekrut dan mempromosikan perempuan, baik sebagai pegawai maupun mahasiswi.

Universitas-universitas lainnya yang juga terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran akan kesetaraan gender adalah, University of Auckland (Selandia Baru), Pompeu Fabra University (Spanyol), University of Montreal (Kanada), University of North Carolina at Chapel Hill (Amerika Serikat), dan University of Hamburg (Jerman).

Demikilan pembahasan mengenai universitas paling ramah terhadap kesetaraan gender kali ini. Kamu juga bisa membaca rekomendasi buku tentang gender yang pas kamu baca di tahun 2020 ini.

For Your Information

Apa tujuan ke-5 dari Sustainable Development Goals (SDGs)?

Tujuan kelima dari Sustainable Development Goals (SDGs) adalah mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua perempuan dan anak perempuan.

Apa yang membuat suatu universitas dikatakan paling menghargai kesetaraan gender?

Hal-hal yang diperhatikan dalam perankingan universitas paling menghargai kesetaraan gender meliputi penelitian mengenai gender, kebijakan yang ramah terhadap kesetaraan gender, dan juga komitmen dari universitas dalam merekrut dan mempromosikan perempuan, baik sebagai pegawai maupun mahasiswi.

Universitas mana sajakah yang paling menghargai kesetaraan gender?

Kamu bisa baca informasi lengkapnya di artikel ini. Yang pasti, kelima universitas yang tercantum memiliki komitmen tinggi dalam perwujudan kesetaraan gender.