fbpx

Mengupas 5 Alasan Tepat Mengapa Kamu Harus Kuliah di Belanda

Berdasarkan data yang dihimpun oleh UNESCO pada tahun 2017, Belanda termasuk ke dalam daftar 10 negara tujuan favorit para pelajar Indonesia. Setidaknya, ada 1.096 pelajar Indonesia yang memilih Belanda sebagai tempat mereka melanjutkan studi. Tentunya, terdapat berbagai alasan mengapa kuliah di Belanda sangat menarik.

Maka dari itu, berikut kami akan membahas sejumlah alasan tepat mengapa menjadikan Belanda tempat untuk melanjutkan kuliah begitu berarti.

1. Tidak bisa berbahasa Belanda tak jadi masalah

Sumber: study.eu

Apabila kamu belum bisa menguasai Bahasa Belanda, kamu tidak perlu khawatir, Kawan Rantau. Mengapa? Karena universitas-universitas di Belanda banyak sekali yang menawarkan program berbahasa Inggris. Bahkan, universitas di Belanda merupakan universitas yang paling banyak menyediakan program berbahasa Inggris di antara universitas-universitas yang ada di Eropa.

Setidaknya, terdapat lebih dari 2.000 program yang diajarkan dalam Bahasa Inggris. 

Kemudian, 95% orang-orang Belanda mampu berbahasa Inggris. Maka, kamu akan lebih berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

2. Biaya yang terjangkau

Kualitas dari institusi pendidikan tinggi di Belanda sudah tidak perlu diragukan. Reputasi dari universitas-universitas di Belanda telah diakui secara internasional. Meskipun demikian, yang harus kamu ketahui adalah, biaya perkuliahan dan juga biaya hidup di Belanda cenderung lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara berbahasa Inggris.

Selain itu, kamu bisa menemukan banyak sekali beasiswa yang dapat kamu manfaatkan untuk menjalani perkuliahan di Belanda.

Satu hal lagi yang penting, gaya pengajaran di Belanda dapat dibilang cukup unik. Mereka menekankan pada pengajaran yang interaktif dan juga berpusat pada siswa. Alhasil, nantinya para pelajar mampu mengembangkan kemampuan yang berharga, seperti melakukan analisis, menyelesaikan masalah, hingga pemikiran kreatif.

3. Komunitas internasional yang ramah dan beragam

Sumber: uu.nl

Belanda dikenal sebagai salah satu negara multikultur. Setidaknya, para pelajar internasional yang berada di Belanda berasal dari 160 negara yang berbeda. Kamu bisa menemukan komunitas internasional yang beragam dan inklusif di negara satu ini.

Kemudian, orang-orang Belanda cenderung merupakan pribadi yang terbuka, jadi sangatlah mudah bagimu untuk saling bertukar gagasan atau sekadar mengobrol.

4. Tempat terbaik untuk ditinggali

Belanda merupakan salah satu negara teraman di dunia. Hal ini didasarkan oleh data yang dikeluarkan oleh 2018 Global Peace Index. Selain itu, Belanda juga masuk ke dalam jajaran 10 negara paling bahagia di dunia.

Kemudian, Belanda juga merupakan negara yang penuh dengan tradisi dan budaya. Tak heran apabila kamu bisa menemukan banyak sekali museum di Belanda. 

Satu hal lagi yang penting adalah, Belanda merupakan gerbang ke seluruh bagian di Eropa. Dalam waktu tiga jam, kamu bisa langsung berada di Paris. Kemudian, kamu juga bisa mengunjungi London dan Berlin yang hanya berjarak enam jam menggunakan kereta.

5. Kesempatan berkarir

Sumber: archdaily.com

Bagi kamu yang ingin mengembangkan karir di Belanda, hal tersebut memungkinkan, kok. Belanda merupakan pusat ekonomi terbesar ke-18 di dunia. Sejumlah perusahaan multinasional berada di negara ini, termasuk Philips, Heineken, Sell, dan juga Unilever. 

Kemudian, Belanda juga merupakan pioner di sejumlah bidang keahlian, seperti agrikultur, manajemen perairan, seni dan desain, logistik, dan juga energi terbarukan.

Kesempatan berkarir di Belanda mulai terbuka luas karena Pemerintah Belanda juga mendukung gagasan ini. Para pelajar internasional yang telah lulus bisa mengajukan izin kerja dan melanjutkan kerja di Belanda.

Demikianlah 5 alasan tepat mengapa kamu harus mempertimbangkan untuk kuliah di Belanda. Sejumlah universitas kelas dunia pun juga berada di Belanda. Jadi, tidak ada alasan untuk membuat Belanda tidak menjadi negara yang kamu pertimbangkan.

Baca juga daftar 9 universitas terbaik di Belanda untuk kuliah tahun 2021.

For Your Information

Apakah Belanda menjadi negara favorit pelajar Indonesia?

Berdasarkan data yang dihimpun oleh UNESCO pada tahun 2017, Belanda termasuk ke dalam daftar 10 negara tujuan favorit para pelajar Indonesia. Setidaknya, ada 1.096 pelajar Indonesia yang memilih Belanda sebagai tempat mereka melanjutkan studi.

Mengapa saya harus kuliah di belanda?

Temukan jawaban lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Amsterdam?