fbpx

Ini 5 Beasiswa Short Course Pilihan yang Bisa Kamu Ambil!

Untuk mengikuti program short course, terkadang kamu harus membayar sejumlah biaya, seperti biaya kuliah atau biaya perjalanan bila kamu melakukan short course di luar negeri. Namun, ternyata ada juga beberapa beasiswa yang menawarkan program short course bagi penerimanya. Wah, seru dong belajar di negara orang dan gratis pula! Kira-kira beasiswa short course apa saja yang menarik untuk dicoba? Berikut ini 5 beasiswa short course pilihan yang bisa kamu ambil!

YSEALI Academic Fellow Program, Amerika Serikat

Sumber: asean.usmission.gov

Young Southeast Asian Leaders Initiative atau yang dikenal dengan YSEALI merupakan program beasiswa khusus untuk pemuda dan mahasiswa negara-negara ASEAN seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

Sesuai namanya, program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan para peserta. Program ini pun terbuka untuk mahasiswa seluruh jurusan dan beberapa bidang studi yang menjadi prioritas dalam program ini, antara lain Civic Engagement, Environment and Natural Resources Management, serta Entrepreneurship and Economic Development.

Dalam program ini, setiap peserta akan diajak melakukan kegiatan bersama masyarakat dan tur ke kampus-kampus terbaik serta tempat-tempat bersejarah di Amerika. Para peserta juga akan bertemu langsung dengan para pembuat kebijakan, pejabat pemerintah, pebisnis, dan akademisi di Amerika Serikat. Wow, kapan lagi kamu bisa mendapatkan pengalaman seperti ini? Makanya, segera cek info lebih lengkap seputar beasiswa ini melalui halaman resmi YSEALI.

StuNed Short Course, Belanda

Sumber: nesoindonesia.or.id/beasiswa/stuned

StuNed merupakan salah satu beasiswa pendidikan singkat yang rutin diadakan pemerintah Belanda dengan pemerintah Indonesia sebagai bentuk kerja sama persahabatan kedua negara. Masa studinya sendiri berlangsung antara 2 sampai 12 bulan tergantung program yang diikuti.

Melalui beasiswa StuNed, kamu berkesempatan mengikuti pendidikan singkat dan pelatihan bersertifikat internasional di berbagai pilihan bidang program studi yang di universitas-universitas terkemuka di Belanda. Di akhir program pun kamu akan mendapatkan sertifikat atau diploma.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika kamu mau mengikuti program ini, antara lain sudah harus lulus S1/D4, pengalaman kerja minimal 2 tahun di bidang terkait, mendapatkan izin dari perusahaan tempat bekerja, dan memiliki skor IELTS minimal 5,5. Beasiswa ini juga terbuka untuk semua usia produktif, jadi kesempatan mengikuti ini bisa kapan saja dan terbuka untuk umum. Info selengkapnya dapat kamu cek melalui situs resmi StuNed.

Australia Awards Scholarship, Australia

Sumber: youthop.com

Awalnya Australia Award Scholarship merupakan beasiswa untuk melanjutkan S2 maupun S3. Kini, pemerintah Australia pun mengenalkan program baru, yaitu beasiswa short course berbentuk program pelatihan untuk pengurus organisasi maupun pengusaha mandiri yang memberi dampak untuk masyarakat. Short course ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan jaringan organisasi untuk meningkatkan persahabatan antara Indonesia-Australia.

Short course yang disediakan sebanyak 350 program di bidang IT, industri kreatif, social business and community development. Setiap programnya sendiri akan diikuti oleh 25 peserta. Info selengkapnya dapat kamu cek melalui halaman resmi Australia Awards.

SSEAYP, Kapal Pesiar Jepang

Sumber: sseaypindonesia.org

Short course SSEAYP merupakan salah satu course yang cukup menarik karena hampir seluruh aktivitas dilakukan di atas kapal pesiar Nippon Maru dari Jepang. Secara garis besar, kegiatan utama SSEAYP dibagi menjadi 2, yaitu kegiatan di atas kapal (Onboard Activities) dan kunjungan ke negara-negara ASEAN sebagai country program dengan puncak acara di Jepang. 

Peserta program ini berasal dari berbagai negara ASEAN dan Jepang, jadi selama acara berlangsung, peserta diharuskan untuk saling mengenal dan menumbuhkan rasa persahabatan. Selain itu, kegiatan pertunjukan budaya dari para peserta setiap negara merupakan salah satu kegiatan yang menarik dan jangan sampai terlewatkan.

Jika kamu ingin mengikuti program ini, kamu dapat mencari informasi lebih lanjut di Kementerian Pemuda dan Olahraga pada program PPAN (Pertukaran Pemuda Antar Negara). Info mengenai program ini dapat kamu lihat langsung di situs resmi SSEAYP.

Global Korea Scholarship

Sumber: perfectscholarship.com

Tak hanya terkenal dengan industri hiburan melalui K-Drama dan K-pop, Korea pun menjadi negara favorit untuk berwisata melalui budaya dan sistem pendidikannya. Pemerintah Korea dan Indonesia bekerja sama mengadakan short course untuk mahasiswa atau mahasiswa tingkat akhir selama satu setengah bulan. Info lebih lengkap mengenai program ini bisa kamu lihat di situs resmi Global Korea Scholarship, ya!

Itu dia beberapa beasiswa short course yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kemampuanmu dan menambah pengalaman di negeri orang.

Bagi kamu para pemburu beasiswa, kamu juga bisa mencari info seputar beasiswa pertukaran pelajar untuk musim gugur dan musim dingin pada tahun 2020 ini!

Bila kamu berminat untuk mengikuti salah satu di antaranya, segera persiapkan diri kamu, ya. Jadi, negara mana yang kira-kira akan kamu pilih untuk melanjutkan studi?

For Your Information

Apakah ada beasiswa untuk program short course?

Ya, ada juga beberapa beasiswa yang menawarkan program short course. Misalnya, YSEALI Academic Fellow Program di Amerika Serikat dan StuNed Short Course di Belanda.

Siapa saja yang bisa mendaftar beasiswa short course?

Siapa pun bisa mendaftar beasiswa short course asalkan memenuhi persyaratan masing-masing beasiswa, seperti batas usia, memiliki pengalaman kerja, memenuhi batas minimal IPK, dan memenuhi batas minimal skor tes bahasa seperti TOEFL atau IETLS yang telah ditentukan.