Travel ke Luar Negeri, Jangan Lupakan 5 Hal Ini!

Horeeeeeeee, sebentar lagi waktunya libur panjang menyapa! Kamu pasti sudah menyiapkan berbagai planning. Mulai dari travelling ke luar atau dalam negeri, mengunjungi sanak keluarga, atau justru mengambil jatah lembur untuk memenuhi pundi-pundi tabungan, ups! Apapun itu, kamu pasti sudah menyusun kegiatan libur panjang ini dari jauh-jauh hari. Terlebih bagi yang akan mengadakan perjalanan wisata ke luar negeri.

Paspor, check. Uang, check. Tiket pesawat PP (pulang dan pergi), check. Lalu apa lagi ya? Tidak seperti perjalanan biasa, khusus perjalanan ke luar negeri ada beberpa barang yang harus kamu persiapkan terkait perbedaan culture dan peraturan tiap negara. Sambil packing, jangan lupa membaca artikel ini untuk membantu kamu menentukan barang wajib yang harus dibawa!

5. Dokumen penting dalam bentuk softcopy.

Bepergian ke luar negeri dalam rangka apapun dan kurun waktu tertentu, dokumen pribadi seperti paspor, visa (jika ke negara yang membutuhkan), identitas pribadi, dan lainnya wajib hukumnya untuk kamu scan dan disimpan di dalam folder pribadi ataupun email. Hal ini untuk mempersiapkan diri saat pemeriksaan di bendara ataupun jika terjadi suatu hal yang tidak diperkirakan.

Sumber: Studi Pariwisata

4. Universal adaptor.

Beberapa negara seperti Singapura memiliki model adaptor atau colokan berbeda dengan yang biasa kamu pakai di Indonesia. Selain itu, untuk kemudahan usahakan membawa travel adaptor yang mendukung double voltage, ditandai dengan adanya keterangan 110-220 V atau 110/240 V.

Sumber: Amazon.com

3. Rice cooker dan bumbu instan.

Bagi kamu yang berencana liburan ke negara bagian Eropa misalnya, jangan lupa untuk membawa rice cooker mini dan makanan instan seperti abon, mi, bawang goreng, dan sambal goreng. Terlebih bagi kamu yang terbiasa makan berat dengan nasi dan tidak terbiasa dengan makanan luar yang asing di lidah. Belum lagi harga yang relatif mahal untuk ukuran makan siang biasa. Jangan lupakan obat-obatan pribadi seperti masuk angin, obat pilek, obat mag, dan beberapa lainnya sebagai amunisi untuk jaga-jaga.

Sumber: geoliving

2. Sesuaikan pakaian yang kamu bawa dengan musim di negara tujuan.

Travelling ke negara empat musim memang membutuhkan perhatian ekstra terutama masalah pakaian. Seringkali tidak teliti dalam melihat perkiraan cuaca menyebabkan ‘salah kostum’ dan pengeluaran di luar rencana untuk membeli pakaian.

Sumber: MyMilk.com

1. Membawa uang cash secukupnya.

Untuk keperluan berbelanja yang tidak bisa menggunakan kartu debit, sebaiknya kamu menyiapkan uang cash secukupnya dengan pecahan kecil dan menaruhnya di beberapa tempat. Tukarkan rupiah pada money charger yang legal karena mencatat nomor seri dari uang yang ditukarkan. Hal ini memudahkan kamu untuk menukarkan kembali uang tersebut jika berlebih sepulang dari perjalanan.

Sumber: MoneySmart

Hal-hal di atas biasanya luput dari list perlengkapan karena euphoria liburan yang sudah melanda. Oh iya, untuk beberapa perjalanan yang ditempuh dalam waktu cukup panjang, alangkah baiknya kamu melaporkan pada bank tempat kamu menabung dan mengelola keuangan agar tidak terjadi transaksi fiktif yang tidak kamu kenali. Padahal sendirinya itu transaksi belanjaan kamu di luar negeri, hehehe. Selamat packing, dear readers!