fbpx

Travel ke Luar Negeri, Jangan Abaikan 3 Hal Ini!

Kamu yang pertama kali melakukan perjalanan-travelling-ke luar negeri rasanya bagaimana? Cemas, deg-degan, khawatir, atau kegembiraan yang meledak-ledak seperti kembang api malam pergantian tahun? Hehehe, apapun itu, sensasinya bagi setiap orang memang berbeda-beda. Tapi pengalaman pertama memang menjadi kenangan tersendiri tentunya.  

Kerap kali walaupun sudah dipersiapkan jauh-jauh hari tetap saja ada beberapa hal yang luput dari pengawasan. Ini tidak hanya berlaku bagi kamu yang pertama kali jalan-jalan atau bepergian ke luar negeri namun yang sudah sering pun bisa saja mengabaikan beberapa hal tersebut.

Dilansir dari akun youtuber, Miss Turis, ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan ketika persiapan, sedang perjalanan, hingga sepulangnya dari perjalanan ke luar negeri. Agar tidak terulang atau amit-amit jangan sampai kejadian, yuk kita bahas!

Ketika kamu sudah memilih negara tujuan, usahakan tidak memesan tiket di last minute dan jangan awam terhadap waktu perjalanan

Seringkali karena fokus menunggu tiket dengan harga miring kamu sampai teledor untuk melakukan pemesanan tiket perjalanan. Seringkali berujung pada pemesanan tiket mepet hari keberangkatan yang tentu harganya membengkak sekian kali lipat. Mencari harga tiket yang ramah di kantong memang keharusan agar menghemat biaya perjalanan namun sangat disayangkan jiga berujung pada kelalaian. Stay focus, dear.

Iming-iming tiket murah memang menggiurkan. Namun jangan sepelekan masalah lamanya waktu perjalanan udara dan perbedaan waktu ketika sampai di negara tujuan. Hindari waktu kedatangan yang terlalu pagi atau terlalu malam yang berujung pada sulitnya mencari transportasi umum menuju tempat penginapan.

Aturlah destinasi perjalanan kamu dengan baik dan hindari menjadi traveller yang ambisius

Melihat negeri orang dengan beragam perbedaan dengan negeri sendiri itu memang membuat “lapar mata”. Segala tempat ingin dijelajahi. Seringkali hal ini menyebabkan kamu kebingungan dan tidak menikmati perjalanan dengan baik. Jangan hanya karena untuk postingan feed instagram yang kece, perjalanan menjadi terburu-buru dan berujung kelelahan.

Carilah sumber informasi sebanyak mungkin mengenai destinasi perjalanan kamu. Lalu pilihlah yang benar-benar kamu inginkan dan bikin penasaran. Agar kesan tak luntur dan kamu bebas melakukan eskplorasi tanpa dikejar-kejar waktu.

Bawalah barang sesuai kebutuhan bukan membawa semua barang yang kamu inginkan

Overpack. Kerap kali bingung membedakan antara kebutuhan dan keinginan, ransel perjalanan kamu menjadi penuh yang justru menambah beban biaya. Belum lagi kalau sampai dijutekin sama petugas counter check in. Engga banget kan. Bawalah pakaian, peralatan mandi, peralatan make-up, bekal makanan, dan sepatu yang benar-benar dibutuhkan ketika perjalanan. Hal ini bisa kamu tentukan ketika mempelajari dengan cermat segala informasi terkait negara tujuan. Selamat memilah!

Sifat lupa memang seringkali mendominasi pada waktu-waktu seperti ini. Karena terburu-buru, terlalu bersemangat, atau menganggap perjalanan ini sebelah mata kamu jadi mengabaikan beberapa hal di atas. Jika setelah membaca artikel ini kamu merasa “tertampar” maka ada baiknya kamu menyimpan artikel agar selalu mengingat tiga point di atas. Jangan lupa berdoa. Semoga perjalanan kamu menyenangkan!

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?