fbpx

Rekomendasi Destinasi Wisata Ramah Lingkungan 2020

Tahun 2020 memang telah berjalan satu bulan, akan tetapi bukan berarti kamu tidak bisa merencanakan wisata untuk sepanjang tahun. Kali ini, untuk menghargai alam yang semakin memprihatinkan keadaanya, kami persembahkan rekomendasi wisata yang ramah lingkungan untukmu di tahun 2020 ini.

Kira-kira, tempat mana sajakah yang menarik untuk dikunjungi?

Novo Airao – Brazil

Wisata Ramah Lingkungan 2020 - Novo AIro, Brazil
Novo Airao. Sumber: matadornetwork.com

Kawasan Novo Airao tidak jauh letaknya dari Kota Manaus. Apabila kamu berkunjung ke sini, kamu bisa berkunjung ke komunitas adat dan tradisional Novo Airao.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi Institute for Ecological Research, sebuah lembaga penelitian yang terus bekerja di beberapa kawasan yang terancam di Brazil, termasuk Novo Airao.

Dengan berkunjung ke Novo Airao, kamu bisa pergi ke Taman Nasional Jau, hutan lindung yang sangat besar di kawasan ini, dan juga ke Taman Nasional Anavilhanas. Di Anavilhanas, kamu bisa menemukan aliran air yang menyegarkan di sini.

Taman Nasional Thaidene Nene, Kanada

Taman Nasional Thaidene Nene. Sumber: huffingtonpost.ca

Pada Agustus 2019, telah disepakati perjanjian antara pengelola Taman Kanada, Pemerintah Kawasan Barat Laut Kanada, dan juga masyarakat adat di sini untuk membentuk kawasan terlindungi di Thaidene Nene. Di dalamnya, terdapat taman nasional dan kawasan konservasi hewan liar yang menakjubkan.

Luas dari kawasan lindung ini mencapai lebih dari 2 juta hektar. Apabila kamu pergi ke taman nasional ini, kamu bisa melakukan penjelajahan, camping, memancing, ataupun hiking. Kemudian, berhubung kawasan barat daya ini kaya akan berlian, pembuatan kawasan lindung ini diharapkan dapat menahan praktik pertambangan yang dilakukan di kawasan ini.

Kawasan Sungai Danube – Romania

Wisata Ramah Lingkungan 2020 - Sungai Danube, Romania
Burung-burung di Delta Sungai Danube. Sumber: http://www.fourradar.com

Siapa yang menyangka bahwa kawasan Sungai Danube termasuk ke dalam situs warisan alam dunia versi UNESCO? Delta Sungai Danube ternyata menawarkan surga bagi para pengamat burung.

Ada sekitar 300 jenis burung yang berada di kawasan ini. Belum lagi ditambah dengan 3.000 jenis hewan lainnya yang dapat kamu lihat. Tak heran apabila kawasan ini juga menjadi kawasan paling kaya akan keanekaragaman hayati di Eropa.

Taman Nasional Tarangire – Tanzania

Taman Nasional Tarangire. Sumber: archieveglobalsafars.com

Salah taman nasional di Afrika yang jarang dikunjungi tapi menyimpan “permata” adalah Taman Nasional Tarangire. Taman yang menakjubkan ini tidak hanya akan membuat kamu bertemu dengan banyak gajah. Akan tetapi, taman ini telah menjadi rumah bagi para zebra, jerapah, macan tutul, singa, hyena, dan lainnya.

Akan tetapi, kalau kamu berencana berkunjung ke taman nasional ini, kamu harus berhati-hati dengan adanya lalat Tsetse yang bisa menyebabkan penyakit tidur.

Perlindungan Panda Sichuan – China

Rekomendasi wisata ramah lingkungan 2020 - Perlindungan Panda Sichuan, China
Perlindungan panda Sichuan. Sumber: thestaronline.com

Siapa sih, yang tidak merasa gemas dengan hewan yang satu ini? Panda memang khas negeri Tirai Bambu dan dapat dikatakan merupakan hewan yang rentan. Akan tetapi, kamu masih bisa melihat langsung upaya perlindungan pada panda di Perlindungan Panda di Sichuan, China.

Di sana, selain kamu bisa bertemu dengan panda, kamu juga bisa bertemu dengan panda merah, macan tutul salju, dan ratusan mamalia lainnya.

Jadi, kawan rantau, tunggu apalagi? Merencanakan wisata yang ramah lingkungan adalah upaya untuk melindungi planet di tahun 2020. Semoga kamu jadi tertarik untuk pergi ke tempat-tempat di atas, ya.

Kamu juga bisa membaca tentang jurusan Rekreasi dan Ekoturisme yang berupaya menggabungkan wisata dengan semangat ramah lingkungan di Universiti Putra Malaysia.

For Your Information

Apakah perlu membuat daftar destinasi wisata?

Tentu kamu perlu membuatnya karena belum tentu kamu bisa mengunjungi seluruh tempat wisata di dunia.

Mengapa ada wisata yang ramah lingkungan?

Karena banyak sekali tempat wisata yang malah merusak lingkungan karena adanya fenomena mass tourism.

Di mana saja tempat wisata yang ramah lingkungan berada?

Mengapa kamu tidak mencoba berkunjung ke artikel ini dan menemukan jawabannya sendiri?