fbpx

Perpustakaan Berbentuk Lubang Cacing Sedang Dibangun di China

Perpustakaan modern baru yang berbentuk mirip dengan lubang cacing sedang dibangun di Century Park, China. Tepatnya di kota Haikou.

Salah satu keunikan dari perpustakaan ini adalah, pemandangan indah Laut China Selatan yang dapat langsung dinikmati saat membaca buku di sini.

Pada dasarnya, proyek pembangunan perpustakaan ini termasuk ke dalam proyek pengembangan peremajaan pelabuhan. Pembangunannya sendiri dikelola oleh salah satu firma arsitektur China bernama MAD. 

Menurut pihak perusahaan, kompleks perpustakaan tersebut akan terlihat seperti “lubang cacing yang melampaui ruang dan waktu”.

Struktur bangunan

Sumber: archdaily.com

Struktur dari perpustakaan ini akan dibagi menjadi dua bagian, yakni perpustakaan di satu sisi, dan fasilitas lainnya di bagian lainnya. Fasilitas tersebut dapat berupa tempat parkir, kamar mandi, dan juga toilet.

Seperti yang telah disebutkan, perpustakaan ini merupakan bagunan beton yang memiliki lengkungan dan ruang seperti gua. Kemudian, desain dari perpustakaan ini akan dilengkapi jendela-jendela berbentuk bundar yang besar di langit-langit. Hal ini dilakukan untuk memungkinkan cahaya alami menembus bagian dalam perpustakaan.

Bagian inti dari bangunan ini tentu saja merupakan perpustakaan dua lantai setinggi 7.430 kaki yang dapat menampung hingga 10.000 buku.

Tidak hanya perpustakaan

Sumber: dezeen.com

Bagian dasar dari bangunan ini nantinya akan menjadi tempat kafe, area resepsionis, kantor, dan ruang VIP berada. Lalu, kamu juga akan menemukan ruang baca anak yang didesain seperti terowongan.

Kemudian, di lantai atasnya, kamu bisa menemukan ruang baca dengan pemandangan laut yang sangat indah. Dii bagian atap, kamu bisa menemukan kolam dekoratif yang juga unik.

Diperkirakan, perpustakaan yang berbentuk mirip lubang cacing di China ini akan selesai dibangun pada tahun 2021 mendatang. Wah, tentu bangunan yang unik serta memiliki banyak fungsi seperti bangunan ini banyak menarik perhatian. Perpustakaan satu ini tidak hanya bisa menjadi tempat untuk membaca dan belajar, tapi juga tempat untuk sekadar bersantai menikmati pemandangan yang ada.

Semoga tahun depan keadaan sudah jadi lebih baik dan kita bisa mengunjungi tempat ini tanpa perlu khawatir.Baca juga daftar 5 perpustakaan dengan desain futuristik yang patut dikunjungi.

For Your Information

Apa keistimewaan dari perpustakaan berbentuk lubang cacing?

Selain bentuknya yang unik, perpustakaan ini juga menawarkan pemandangan indah Laut China Selatan. Fasilitas yang tersedia pun tidak hanya perpustakaan.

Apa saja fasilitas yang ada di perpustakaan ini?

Temukan jawabannya di artikel ini, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Haikou?