Paspor Ini Sangat Langka, Cuma 500 Orang Memilikinya

Sudah bukan rahasia lagi bila ada beberapa paspor yang memang lebih kuat dibandingkan paspor lainnya. Sebagai contoh, paspor Uni Emirat Arab merupakan paspor terkuat di Dunia tahun 2019 ini dengan akses bebas visa ke 168 negara.

Baca Juga 10 Ranking Paspor Terkuat di ASEAN

Walaupun keren untuk dapat mengunjungi berbagai negara, menjadi anggota dari paspor paling eksklusif di dunia juga cukup keren, yakni: Sovereign Order of Malta.

Menurut Independent, tatanan Katolik, yang kedaulatannya diakui oleh Paus Paschal pada 1113, adalah rumah bagi paspor paling langka di dunia. Faktanya, hanya 500 paspor ini yang beredar di seluruh dunia saat ini.

Paspor diplomatik, menurut Sovereign Order of Malta, hanya diberikan kepada “anggota Dewan Sovereign (pemerintah), kepada kepala dan anggota Misi Diplomatik (serta pendamping dan anak-anak kecil mereka), dan – dengan sangat beberapa pengecualian – kepada tokoh senior yang bertanggung jawab atas misi khusus dalam Orde Malta. “

Paspor hanya berlaku selama empat tahun dan berhubungan erat dengan durasi penugasan oleh Ordo Katolik.

Sovereign Order of Malta mempertahankan hubungan diplomatik dengan 106 negara bagian, yang berarti semua negara bagian ini menerima paspor diplomatik sebagai bentuk identifikasi yang sah. Paspor bahkan menyertakan fitur biometrik dan menyesuaikan dengan standar Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO).

Saat ini, Sovereign Order of Malta aktif di 120 negara, di mana Ordo ini membantu merawat orang yang membutuhkan melalui pekerjaan medis, sosial, dan kemanusiaan. Ordo ini juga terlibat dalam membantu penduduk yang hidup di tengah-tengah konflik bersenjata dan bencana alam.

Selain itu, seperti yang dicatat Ordo di situsnya, mereka “netral, tidak memihak dan apolitis.” Ketika tautan Independent ini terbuka di tab baru dijelaskan, Ordi saat ini terdiri dari lebih dari 13.500 ksatria, dames, dan chaplain bersama dengan 80.000 permanen sukarelawan dan 25.000 karyawan, sehingga mendapatkan salah satu dari 500 paspor itu bahkan jarang di antara populasi yang terbatas ini.