Panduan Lengkap Tour KPOP Gratis Visa di Korea Selatan!

2020 segera menyapa kita semua! Apakah kamu sudah menyiapkan rencana untuk liburan di akhir tahun? Jika belum, maka Korea Selatan menjadi tempat yang cocok untuk melepas lelah sembari melihat artis-artis K-Pop kesayangan kamu. Yap, jika kamu fans berat K-Pop dan budayanya, wajib membaca artikel tour KPOP ini!

Kalau kamu rajin memantau media sosial, biasanya banyak promo open trip ke Korea Selatan berseliweran di lini masa. Lebih seru lagi, pemerintah Korea Selatan membebaskan biaya visa kepada penduduk Asean, termasuk Indonesia selama 3 bulan. Ini berlaku untuk pengajuan visa mulai dari 1 Oktober hingga 31 Desember 2019. Bagaimana mekanisme pengajuannya?

Bebas Biaya Visa Gratis ke Korea Selatan Selama 3 Bulan

Sumber: Pexels

Pemerintah Korea Selatan membebaskan biaya visa untuk negara-negara Asia Tenggara dalam rangka penyelenggaraan 30 tahun ASEAN-Republic of Korea Commemorative Summit. Selain itu, Indonesia selaku penyumbang pengunjung terbesar juga meningkatkan pariwisata Korea Selatan. Dilansir dari keterangan resmi Kedutaan Besar Republik Korea untuk Indonesia, antusiasme masyarakat Indonesia yang berkunjung ke sana selalu meningkat hingga 15% per tahun. Maka dari itu, pemerintah Korea Selatan membuka kesempatan langka ini sebagai cara menarik perhatian warga ASEAN dan Indonesia agar semakin menikmati keindahan alam dan kebudayaan Korea. Kapan lagi ke luar negeri bebas visa?

Hanya untuk visa C3

Gratis visa ini berlaku untuk jenis visa C3 dan single entry (klasifikasi visa C-3). Visa tersebut berlaku untuk kunjungan singkat selama minimal 30 hari dan maksimal 90 hari. Jadi, jangan membuat visa di luar C3, ya!

Dikenakan Biaya Administrasi

Selama 3 bulan gratis visa, turis Indonesia memang tidak dikenakan biaya sebesar USD 40 atau setara Rp 560.000. Kendati demikian, pemohon tetap dipungut biaya administrasi pendaftaran sebesar Rp 196.000 di Korea Visa Application Center (KVAC). Tetap saja ini kesempatan yang tidak boleh kamu lewatkan!

Masa Berlaku Visa

Masa berlakunya adalah 3 bulan setelah tanggal penerbitan pada periode bebas visa. Misal, kamu mengajukan tanggal 7 oktober, lalu menunggu visa terbit selama 6 hari kerja, yakni 13 oktober, maka visa dapat digunakan hingga 13 Desember 2019.

Korea Selatan berhasil meningkatkan pariwisata melalui media K-pop dan kebudayaannya. Berkunjung ke agensi dan industri hiburan sudah menjadi ritual mendarah daging bagi penggemarnya. Jika beruntung, kamu bisa langsung bertemu artis di agensi dan tempat rekaman. Selain itu, kamu juga bisa belajar mengenai sistem penyiaran di sana. Bagaimana caranya? Baca terus panduan lengkapnya di sini!

1. Digital Media City

Digital Media City, Seoul, South Korea

Pertama dalam panduan tour KPOP ini adalah Digital Media City. Alasan Korea Selatan memiliki sistem penyiaran yang mumpuni adalah adanya kompleks teknologi digital di Sangam-dong, Mapo-gu, Seoul. Digital Media City ini berdiri di atas lahan seluas 57 ha dan kerap dijuluki sebagai “Mekah”nya Korean Wave. Di sana banyak kantor penyiaran memproduksi acara variety show jempolan, seperti 2 Days 1 Night, Running Man, I Live Alone, dan sebagainya. Tempat seni ini juga sering menjadi lokasi syuting K-Drama hits seperti Goblin. Pengunjung akan merasakan suasana digitalisasi yang modern hingga berdecak kagum. Pantas saja kualitas tayangan Korea sering dapat rating tinggi di internasional!

Digital Media City

Berhubung ini merupakan kompleks televisi dan teknologi, kamu wajib mampir ke banyak stasiun televisi sekaligus, yaitu SBS, MBC, CJ E&M, dan YTN. Lobinya dibuka untuk publik, namun khusus area Hallyu Theme di MBC World Tour, pengunjung harus reservasi dahulu dan dilansir dari klook.com, tiketnya seharga Rp 181.885 per orang dewasa. Area tersebut merupakan zona untuk mencoba dan mempelajari sistem penyiaran dan produksi acara di Korea. Tidak tanggung-tanggung, wisatawan bisa belajar menjadi pembaca acara berita TV.

Kamu juga bisa jalan-jalan santai di sekitar kompleks sambil menonton di layar LED gedung. Banyak sekali spot foto bagus untuk Instagram kamu, seperti instalasi keren, berfoto dengan standee bintang korea, dan juga cetakan telapak tangan artis di jalan setapak Star Street. Pokoknya, kamu pasti lelah, namun senang karena wilayahnya luas banget! Lokasinya strategis, kamu hanya turun di Digital Media City Station jalur Gyeongui, lalu keluar di Exit 9, dan jalan kaki selama 10 menit ke tujuan.

2. Gangnam City Tour-Apgujeong

Gangnam City Tour - Anak Rantau Tour KPOP
Sumber: http://tour.gangnam.go.kr/

Kedua dalam panduan tour KPOP ini adalah Gangnam City Tour. Banyak agensi entertainment besar ada di sini, seperti JYP, SM, Cube dan FNC. Lokasinya yang berdekatan membuat kamu dapat mengunjunginya sekaligus di hari yang sama. Jika ingin pergi ke JYP, maka naiklah subway tujuan Stasiun Cheongdam, sementara SM dan lainnya dapat dijangkau melalui Apgujeong Rodeo sebagai stasiun subway terdekat. Tidak banyak yang bisa dilakukan selain foto-foto di depan kantor dan berharap keberuntungan bertemu idola.

Daerah Apgujeong-Gangnam terkenal sebagai kawasan padat turis, sehingga kamu tidak usah takut nyasar. Setelah capek fangirling, jangan lupa cobain streetfood di sana! Saking strategisnya, kamu juga bisa mampir belanja atau lanjut senang-senang ke SMTOWN Coex Atrium.

3. SMTOWN COEX Artium

Ketiga dalam panduan tour KPOP ini adalah SMTOWN COEX. SM Entertainment adalah agensi pionir yang sukses menjebol K-Pop ke internasional. Baik fans atau non fans, ke Korea belum afdol jika tidak mampir ke sini. Buat kamu yang masih belum familiar, tempat ini merupakan gudangnya buat belanja pernak pernik, album, snack, dan seru-seruan bareng artis SM Entertainment.

Gedung 6 lantai itu menyediakan hiburan berupa photobooth, teater, ruang studio, ruang rekaman, museum berteknologi AR, dan beragam aktivitas yang bakal memuaskan hasrat K-Pop enthusiast. Di sana kamu akan merasakan kegiatan idol K-Pop ketika menciptakan karya. Selain itu, kamu juga sekalian tapak tilas sejarah artis-artis SM dari pertama kali perusahaan berdiri sampai generasi terbaru. Makin gak sabar, kan!

SM Town Museum - Anak Rantau Tour KPOP
Sumber: https://www.trazy.com/

Masuk SMTOWN COEX Artium gratis dan tidak memerlukan reservasi, kecuali bagian Theater Hologram Musical dan Augmented Reality (AR) Museum. Berikut jam operasional dan harga tiketnya:

SMTOWN AR Museum: Setiap hari 11.30 KST – 20.30 KST. Giliran terakhir masuk jam 19.30 KST. Tiket seharga 18.000 won (Rp 222.746. Pemesanan online bisa lebih murah).

SMTOWN Theater: Setiap hari 11.00 KST – 22.00 KST. Tiket sekitar 7.578 won (Rp 93.776). Jadwal tayangan dapat dilihat melalui situs resmi SMTOWN Theater.

Secara keseluruhan, tempat fantastis ini terletak di lokasi strategis, yakni Gangnam. Kamu cukup jalan kaki sekitar 10 menit dari Stasiun Samseong (Seoul Subway Line 2) setelah exit 6. Mumpung visa gratis, langsung cabut aja!

4. YG Entertainment

YG Entertainment Building - Anak Rantau Tour KPOP
Sumber: http://www.koreaherald.com/

Keempat dalam panduan tour KPOP ini adalah Bangunan Agensi KPOP YG. Agensi BIG 3 ini mendebutkan banyak artis hip hop korea terkenal seperti 2NE1, Blackpink, Bigbang, PSY, Lee Hi, Winner, IKON, dan lainnya. Lagu-lagunya sering nangkring di chart teratas. Meskipun sempat tersandung skandal besar di awal tahun 2019 hingga CEO nya resmi mundur, namun YG tetap eksis dengan musik-musik ciamik.

Kantornya berlokasi di 397-5 Hapjeong-dong, Mapo-gu, Seoul, Korea Selatan. Penggemar bisa naik subway tujuan Habjeong Station line 6, kemudian keluar di exit 8. Lalu kamu jalan kaki hingga perempatan kedua dan melihat pom bensin. Setelahnya, kamu belok kanan dan menyusuri jalanan yang agak menurun. Setelah ketemu perempatan lagi, kamu belok kiri dan posisi gedung YG berada di depan minimarket GS25. Jika tidak tahu arah, maka ikuti saja gerombolan fans asing yang juga ingin melihat-lihat ke sana

Seperti berkunjung ke kantor agensi pada umumnya, kamu tidak bisa masuk ke dalam kalau bukan orang penting. Akan tetapi, ini akan menjadi kepuasan tersendiri bagi pecinta K-Pop, apalagi jika bertemu artis favoritnya saat promosi album atau lagu baru. Maka dari itu, banyak penggemar Korea membawa kamera DSLR, bahkan menunggu dari pagi demi melihat artisnya keluar dari gedung. Jadi, sudah siap senang-senang di Korea dengan visa gratis? Tunggu apa lagi, langsung rencanakan!

Sebelum ke Korea Selatan, yuk belajar Bahasa Korea secara otodidak biar kamu bisa berkomunikasi dengan orang lokal disana!