fbpx

Panduan Bagi Kamu yang Ingin Jalan-jalan di Korea Selatan

Dengan semakin kuatnya Korean Wave, tak heran apabila Korea Selatan menjadi salah satu tujuan wisata yang begitu menarik untuk dikunjungi. Budayanya yang unik, makanan yang melimpah, serta biaya yang cukup terjangkau membuat negara ini bisa menjadi destinasi wisata kamu. Jadi, berikut panduan dari kami untuk kamu yang ingin jalan-jalan di Korea Selatan.

Pada dasarnya, Seoul merupakan salah satu kota paling aman di dunia. Selain itu, kota ini pun juga ramah terhadap turis. Nah, untuk memudahkan kamu saat berada di Korea Selatan, perhatikan sejumlah hal berikut ini.

Membeli T-money Card

T-Money card. Sumber: gieanywhere.com

Kalau kita berada di Indonesia, tentu akan lebih mudah bagi kita ketika kita memiliki e-money yang bisa kita gunakan untuk bepergian ke mana saja. Dalam artian untuk membayar biaya transportasi. Nah, di Korea pun juga demikian.

Sesaat mendarat dari bandara Incheon, belilah T-money Card yang merupakan kartu transportasi yang dapat kamu gunakan untuk menaiki kereta bawah tanah yang ada di Seoul. Tak hanya kereta, lho, tapi juga bis.

Sama seperti e-money, T-money ini sangat mudah digunakan. Kamu hanya perlu menempelkan kartu ini di pintu masuk dan keluar saat kamu akan menaiki kereta atau bis. Harga kartu ini berkisar antara 2,700 won atau sekitar 32.000 rupiah saja.

Menggunakan transportasi umum sebaik mungkin

Sumber: englishspectrum.com

Di Seoul, seluruh sistem transportasi umum berjalan sangat efisien. Kamu tidak perlu menunggu lebih dari 5 menit untuk menaiki kereta. Bis pun demikian. Mungkin tidak akan secepat naik kereta, akan tetapi, kamu hanya perlu menunggu maksimal 10 menit untuk pergi ke mana saja.

Pilihan lain untuk transportasi, adalah menggunakan taksi. Ya, taksi di Korea relatif aman digunakan. Kamu juga bisa mendapatkannya secara langsung di jalanan kota. Tak perlu menggunakan aplikasi online untuk bisa menggunakan transportasi yang satu ini.

Persiapkan SIM Card

Sumber: ayuavenue.wordpress.com

Akui saja bahwa internet telah menjadi kebutuhanya sehari-hari. Maka dari itu, kamu bisa mencoba untuk mencari SIM Card lokal yang dapat kamu gunakan selama berada di Korea. Kamu bisa membelinya di bandara atau toko-toko serbaguna lainnya.

Persiapkan Google Translate dan Kamus Bahasa Korea

Sumber: jaymanalotoibm.wordpress.com

Meskipun tak menjadi suatu keharusan, akan tetapi lebih baik kamu menyiapkan kedua hal ini. Memang, di beberapa tempat kamu bisa menggunakan bahasa Inggris, akan tetapi, ada juga tempat-tempat tradisional yang tidak memungkinkan kamu menggunakan bahasa Inggris. Para warga lokal hanya bisa berbahasa Korea.

Dengan demikian, kedua aplikasi di atas dapat sedikit membantumu untuk berkomunikasi. Oh, ya, kalau kamu sedang ke Myoengdong, kamu juga bisa menggunakan bahasa Mandarin, lho! Tampaknya, banyaknya turis asal China yang berkunjung ke kawasan ini membuat warga lokal fasih menggunakan bahasa Mandarin.

Gunakan Kakao Maps

Sumber: map.kakao.com

Apabila kamu tiba-tiba saja tersesat, maka kamu tidak bisa menggantungkan kehidupanmu pada Google Maps. Mengapa demikian? Berhubung Korea Selatan bertetangga dengan Korea Utara, maka Korea Selatan cenderung sangat melindungi data yang mereka miliki. Maka dari itu, terkadang Google Maps tak bisa beroperasi dengan sempurna di Korea.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan Kakao Maps apabila kamu memang membutuhkan petunjuk jalan yang akurat.

Demikianlah sedikit panduan jalan-jalan di Korea yang bisa kamu gunakan. Persiapkan perjalananmu dengan baik ya, Kawan Rantau. Supaya bisa menikmati perjalanan dengan lebih bahagia.

Baca juga 5 hidangan Korean Selatan yang wajib dicicipi menurut YouTuber Kimdao.

For Your Information

Apakah memungkinkan bagi saya untuk berwisata ke Korea?

Dengan adanya semangat Korean Wave, tentu Korea menjadi salah satu destinasi wisata yang patut kamu pertimbangkan.

Mengapa saya harus berkunjung ke Korea Selatan?

Pada dasarnya, Seoul merupakan salah satu kota paling aman di dunia. Selain itu, kota ini pun juga ramah terhadap turis.

Apa saja panduan saat jalan-jalan di Korea Selatan?

Baca artikel berikut ini untuk mengetahui informasi lengkapnya.