fbpx

Mengenal 3 Kawasan Pedesaan Skotlandia yang Secantik di Buku Cerita

Kota-kota besar di Skotlandia memang tidak diragukan lagi sangatlah cantik. Baik Edinburgh sebagai kawasan kota tua maupun Glasgow yang dipenuhi dengan berbagai arsitektur bersejarah, seluruh kota tersebut terlihat menawan. Akan tetapi, bagaimana dengan kawasan pedesaan yang ada di Skotlandia? 

Ternyata, daya tarik di Skotlandia malah berada di kawasan pedesaan ini, lho. Mengapa? Karena kalau kamu perhatikan baik-baik, kecantikan dari kawasan ini secantik di buku cerita. Penasaran? Simak pembahasan kami berikut ini.

Luss, Argyll dan Bute

Sumber: campsites.co.uk

Terkadang, Luss memang sering dipenuhi oleh turis. Akan tetapi, jangan biarkan hal tersebut membuatmu enggan mengunjungi desa satu ini.

Kalau kamu ingin melihat secara langsung kehidupan pedesaan Skotlandia yang autentik, maka kamu harus mengunjungi Luss. Pondok-pondok yang terbuat dari batu tulis dapat kamu temukan berjajar di jalan-jalan desa. Pada akhirnya, arsitektur yang ada di tempat ini membuat kamu kembali ke abad 18 dan 19.

Apabila kamu datang pada saat musim semi atau musim panas, maka kamu bisa menikmati pemandangan bunga-bunga yang tumbuh di fasad dan taman depan dari rumah-rumah Luss.

Setelah berjalan-jalan dan menikmati harumnya bunga mawar di sepanjang jalan, kamu bisa mengunjungi gereja lokal yang telah berdiri sejak abad ke-19. Kamu bisa menikmati langit-langit gereja yang indah disertai dengan jendela yang terbuat dari kaca patri.

Di gereja tersebut, kamu bisa mengunjungi pemakaman dengan bebatuan yang berusia ratusan tahun karena telah ada sejak Abad pertengahan.

Desa Luss terletak di tepi Danau Lomond. Tepatnya, berada di antara Danau Lomond dan Taman Nasional Trossachs. Alhasil, kamu bisa menikmati pemandangan yang cantik di kawasan desa ini.

Hirta, St. Kilda

Sumber: historytoday.com

Hirta merupakan salah satu pemukiman yang berada di kepulauan terpencil, St. Kilda. Pada dasarnya, St. Kilda merupakan bagian dari situs warisan dunia UNESCO yang terdiri dari empat pulau, yakni: Soay, Boreray, Dun, dan Hirta. Hirta sendiri merupakan pulau terbesar di St. Kilda.

Meskipun di Hirta kamu masih bisa menemukan sisa-sisa kehadiran manusia selama 2.000 tahun, untuk sekarang ini tidak ada lagi orang yang tinggal di Hirta. Pada tahun 1930-an, seluruh warga Hirta dievakuasi dan dimukimkan ke daratan.

Hirta memang dikenal sebagai ghost village, akan tetapi pengalaman mengunjungi desa satu ini akan selalu menarik. Tebing yang ada di kepulauan St. Kilda merupakan rumah dari sejumlah burung laut langka, seperti puffins dan Northern fulmar. 

Perjalanan menuju St. Kilda sangat memungkinkan dengan mengggunakan Kilda Cruises yang tersedia setiap hari dari Isle of Harris.

Tobermory, Isle of Mull

Sumber: lonelyplanet.com

Terletak di kawasan timur laut Isle of Mull, dan berseberangan langsung dengan daratan utama, Sound of Mull, Tobermory dikenal karena deretan bangunannya yang berwarna. Rumah-rumah tersebut terletak di sepanjang jalan utama dan terlihat sepert kawasan pelabuhan pada abad ke-18. 

Menjadi kota utama dari Isle of Mull membuat Tobermory memiliki banyak sekali toko dan restoran yang bisa kamu kunjungi. Akan tetapi, daya tarik dari Tobermory bukanlah sekadar toko dan restoran. Apabila kamu tertarik melihat kehidupan satwa liar secara langsung, maka Tobermory merupakan tempat yang tepat. 

Dengan berkunjung ke Tobermory, kamu bisa mendapat kesempatan untuk melihat elang berekor emas dan putih, berang-berang Mull, paus, dan juga lumba-lumba.

Itulah tiga kawasan pedesaan cantik yang ada di Skotlandia, Kawan Rantau. Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi salah satu desa tersebut? Mengapa tidak!

Baca juga hal-hal yang bisa kamu lakukan di negara-negara Skandinavia.

For Your Information

Apa hal yang terkenal di Skotlandia?

Kota-kota besar di Skotlandia memang tidak diragukan lagi sangatlah cantik. Baik Edinburgh sebagai kawasan kota tua maupun Glasgow yang dipenuhi dengan berbagai arsitektur bersejarah, seluruh kota tersebut terlihat menawan. Akan tetapi, kawasan pedesaan di Skotlandia juga tidak kalah, lho.

Dimana saja kawasan pedesaan yang cantik di Skotlandia?

Baca pembahasan lebih lanjutnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Edinburgh?