fbpx

Kenali 4 Makanan Pokok Selain Nasi di Luar Negeri

Nasi menjadi makanan pokok paling banyak dikonsumi oleh penduduk muka bumi ini. Penduduk agraris seperti Indonesia seringkali merasa belum kenyang jika belum makan nasi, padahal sudah makan 10 roti, misalkan.

Sebenarnya, hal itu hanyalah masalah kebiasaan. Indonesia dan negara-negara Asia membuat nasi menjadi makanan sehari-hari, sehingga jika belum mencicipi nasi sedikit saja, maka belum terasa makan. Perbedaan makanan pokok di seluruh dunia ada hubungannya dengan kondisi geografis. Misalnya, orang Eropa cukup makan roti dan gandum untuk mengisi energi mereka. Apa sajakah makanan pokok selain nasi di negara lain? Simak artikelnya berikut ini!

Makanan Pokok di Asia Tengah: Gandum, Kacang-Kacangan, Buah & Sayur

Sumber: georganics.in

Wilayah Asia Tengah memakan gandum, kacang-kacangan, buah dan sayur sebagai hidangan utama. Hal ini disebabkan karena faktor geografisnya yang berdekatan dengan Benua Eropa. Maka dari itu, kamu akan jarang menemukan nasi sebagai makanan pokok di sana. Penduduk di wilayah sana juga mengkonsumsi beberapa jenis buah dan sayur, salah duanya apel dan wortel.

Tanaman Akar & Umbi-Umbian Sebagai Hidangan Utama di Afrika

Beets!

Penduduk Afrika Selatan gemar mengkonsumsi tanaman akar dan umbi-umbian sebagai makanan utama. Bagi penduduk di sekitar Mediterania, yaitu wilayah Eropa yang berdekatan Afrika, mereka biasa menyantap oat, buah zaitun, dan beberapa sayuran sebagai penghilang lapar.

Makanan Pokok Jagung, Sereal & Kentang di Amerika Tengah

Sumber: Pexels

Mungkin bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di wilayah agraris, makan jagung, sereal, dan kentang belum cukup kenyang, padahal sama-sama karbohidrat. Lain halnya dengan penduduk Amerika Tengah yang sudah puas dengan hidangan utama serelia, kentang, dan segelas susu. Santapan bergizi tersebut biasa dimakan saat sarapan.

Hasil Ternak & Laut

Sumber: http://www.1zoom.me

Sebagian penduduk di dunia melahap hasil ternak dan laut sebagai makanan baku untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka. Dagingnya dapat dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh bagi penduduk yang tinggal di wilayah dingin. Masyarakat Indonesia pun menyantap daging ternak dan laut sebagai pelengkap makanan supaya seimbang.

Demikianlah 5 Jenis Makanan Pokok Selain Nasi di Negara Lain. Jika kamu tidak menemukan nasi di lokasimu, maka siap-siap bawa penanak nasi, ya! Seperti blasteran Jerman-Papua ini rela membawa nasi sendiri ke gerai restoran cepat saji di Jerman. Wah, ada-ada saja, ya!


Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?