Liburan ke Eropa? Kini Harga Tiket Lebih Murah Dalam 3 Tahun Terakhir Ini

Bila kamu sudah lama bermimpi-mimpi untuk menaiki menara Eiffel di Paris atau menaiki bus tingkat di Piccadilly Circus London, maka kamu beruntung! Tahun lalu, 672 juta orang – setengah dari total populasi turis dunia – menghabiskan waktu di Eropa.

Di tahun 2019 ini, benua tersebut akan tetap menjadi destinasi wisata populer, apalagi harga tiket yang semakin murah dalam beberapa tahun terakhir ini.

Apalagi, penerbangan ke Eropa untuk musim gugur dan kemarau tahun ini berada di harga terendah dalam 3 tahun terakhir, menurut Hopper. Harga rata-rata penerbangan di musim gugur (Maret, April, Mei) berkisar di angka $637 PP (pulang pergi) atau Rp. 9 juta. Bahkan terdapat tiket Jakarta – Paris (PP) seharga $622 atau Rp. 8,8 juta untuk pertengahan April ini. Tiket pada musim kemarau nanti (bulan Juni, Juli dan Agustus) akan berkisar di harga rata-rata $909 atau Rp. 12,9 juta. Semua ini jauh di bawah harga rata-rata pada tahun 2018 dan 2017.

Buat kamu yang sedang mencari promo bagus, kini harga tiket London rata-rata $782 atau Rp. 11 juta dan akan “semakin rendah dalam jangka panjang, dan kemungkinan tetap rendah dalam jangka pendek,” kata Patrick Surry dari Hopper, yang mengatakan karena Brexit, maskapai perlu menurunkan harga tiket lebih jauh untuk mengisi kursi yang berkurang sebab penurunan pariwisata dari negara-negara Uni Eropa.