fbpx

Mengenal Kuliner Khas Rusia yang Bisa Kamu Temukan di Moskow

Kuliner khas Rusia sangatlah berbeda dan unik dibandingkan dengan negara-negara lain. Hal ini dipengaruhi oleh faktor lingkungan, sosial, ekonomi, dan juga sejarah. Salah satu ciri khas dari kuliner Rusia adalah, banyaknya varietas dari satu produk yang dihasilkan.

Berikut sejumlah kuliner khas Rusia yang tentunya tak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke Moskow.

Bliny

Kuliner khas Rusia - Bliny
Sumber: Youtube.com

Apakah kamu ingin sarapan dengan memakan panekuk? Maka, kamu harus memilih bliny yang notabene adalah panekuk atau crepes khas Rusia. Biasanya, Bliny ini berukuran besar tapi tipis. Kamu bisa memakannya bersama dengan selai, madu, krim asam, atau bahkan daging salmon asap.

Bliny dipercaya menyimbolkan matahari. Tak hanya karena bentuknya yang memang bulat, tapi juga dari kehangatan yang tercipta saat memakannya.

Salah satu restoran yang menyediakan Bliny di Moscow adalah Cafe Pushkin. Kafe ini telah berdiri sejak tahun 1999 dan berada di Tverskoy Boulevard.

Kasha

Sumber: milkanbun.com

Kasha merupakan salah satu makanan yang paling umum ditemui di Rusia. Di dalamnya tidak hanya terkandung oatmeal, tapi juga sejumlah olahan gandum utuh sebagai bahan utama. Otomatis, Kasha biasa dijadikan makanan utama untuk makan malam atau makanan sampingan ketika sarapan.

Apabila kamu ingin mencicipi Kasha di jantung kota Moskow, maka kamu harus mencobanya di Dr. Zhivago. Di restoran ini, kamu akan menemukan berbagai versi modern dari kuliner Rusia.

Pelmeni

Kuliner khas Rusia - Pelmeni
Sumber: enjoyyourcooking.com

Makanan khas Siberia ini pada dasarnya merupakan dumpling ayam atau ikan. Bahkan, di beberapa tempat, daging yang digunakan untuk membuat pelmeni adalah daging beruang.

Biasanya, makanan yang satu ini dibiarkan membeku. Baru kemudian dimasak di dalam air panas ketika akan dimakan. Secara tradisional, pelmeni akan disajikan bersama dengan mentega, vinegar, krim asam, atau mustard.

Lepim i Varim akan menjadi tempat paling tepat bagimu untuk memakan pelmeni. Mengapa? Karena restoran yang satu ini menyediakan lebih dari 21,000 pelmeni per harinya. Tentunya, dengan berbagai macam bentuk dan isian yang khas.

Pirog

Sumber: privet-russia.com

Kalau yang satu ini, merpakan pai besar ala Rusia. Pirog ini memiliki banyak sekali jenis, mulai dari dengan kulit terbuka, tertutup, atau bahkan berlapis.

Selain bisa diberi isian manis, Pirog juga bisa diberi isian asin seperti jamur, daging, ataupun ikan.

Kalau kamu ingin mencari olahan tradisional dari Pirog, maka ada baiknya kamu berkunjung ke Stolle. Restoran ini ada di Pyatniskaya ul.

Okroshka

Kuliner khas rusia - okroshka
Sumber: russianrecipebook.com

Okroshka merupakan sup dingin yang populer di Rusia. Biasanya, sup ini disajikan kala musim panas. Bahan utamanya terdiri dari potongan sayuran, daging rebus, telur, dan juga kentang.

Nama dari sup ini diambil dari kata “krostitj”, yang berarti hancur menjadi bagian-bagian kecil. Diperkirakan, awal mula adanya sup ini adalah pada abad pertengahan. Kala itu, banyak orang Rusia yang membuat sup sederhana untuk disajikan.

Mencicipi Okroshka di Yolki-Palki bisa menjadi pilihanmu ketika berkunjung ke Moskow. Restoran yang terkenal akan Zakuski, Okroshka, dan Pelmeni-nya ini berada di Novoslobodskaya ul.

Tentunya menarik apabila bisa berkunjung ke Rusia dan mencicipi berbagai macam kuliner khas di sana. Bagaimana menurutmu, Anak Rantau?

Baca juga tentang Penganan Khas Hungaria yang Dapat Kamu Temukan di Budapest.

For Your Information

Apa yang khas dari kuliner Rusia?

Perbedaan sejarah, ekonomi, budaya, dan sosial membuat kuliner khas Rusia sangat beragam. Yang paling unik, akan ada banyak varian yang disajikan untuk olahan satu produk di Rusia.

Apa saja kuliner khas dari Rusia?

Kamu bisa menemukan panekuk bernama Bliny, sup musim dingin yang disebut Oroshka, atau dumpling berisi daging bernama Pelmeni.

Di mana saya bisa menyantap kuliner khas Rusia di Moskow?

Ada banyak sekali restoran maupun kafe yang menyediakan kuliner khas Rusia di Moskow. Akan tetapi, cobalah untuk membaca artikel ini supaya kamu tahu mana restoran yang tepat untuk itu.

Ingin mengetahui cerita lain di Moscow?