Perhatikan 6 Larangan Selama Berkereta di Tokyo. Jangan Dilanggar!

Bepergian ke luar negeri belum lengkap rasanya jika tidak mencoba transportasi umum di sana. Jepang merupakan negara yang terkenal dengan kereta cepat dan efisiensi waktu. Berkereta sudah menjadi budaya mendarah daging di sana. Jika kamu ingin menaiki kereta Jepang, maka bersikaplah sopan dan jangan melanggar norma masyarakat di sana. Berikut 6 hal yang harus kamu perhatikan terkait larangan di kereta Jepang. Simak ulasannya berikut ini

1. Jangan Sibuk Mencari Tiket di Sekitar Mesin Tap

TOKYO

Masyarakat kota Jepang, khususnya Tokyo selalu terburu-buru dalam berjalan. Mereka menganut pepatah “waktu adalah emas”. Jika kamu sibuk bukan kepalang mencari tiket yang terselip pada saat di depan mesin tap, maka hal itu dapat membuat kesal orang di belakangmu dan menilaimu kurang fokus. Siapkan tiketmu sebelum memasuki stasiun demi menghindari pandangan sinis masyarakat di sana.

2. Jangan Menyerobot Antrian

Japan: Shin-Osaka Station

Jepang sangat menganut budaya tertib antri. Kalau kamu memotong antrian, maka siap-siap saja dengan sanksi sosial yang berlaku di sana. Kamu bukan hanya membuat malu diri sendiri, tetapi juga tanah kelahiranmu. Jika ramai, maka tunggulah kereta di sisi kanan atau kiri peron. Akan tetapi, jika sepi maka masuklah melalui sisi kiri atau kanan peron. Jangan menunggu kereta di tengah peron karena dapat menghalangi penumpang yang keluar.

3. Jangan Masuk Kereta Sebelum Penumpang Lain Keluar

Picking up passengers

Kereta di Tokyo berhenti hanya beberapa menit saja, maka dari itu beri kesempatan penumpang untuk turun terlebih dahulu. Hal itu juga sebagai upaya demi menghindari tabrakan penumpang yang turun dan naik ke/dari gerbong kereta. Bersabarlah, asalkan disiplin waktu maka kamu tidak akan ketinggalan kereta. Lagipula, kereta Jepang selalu hilir mudik setiap menit sehingga kamu tidak perlu khawatir menunggu terlalu lama.

4. Awas Berisik, Jangan Asyik Mengobrol di Smartphone !

Going Home From School, Tokyo

Orang Jepang sangat suka ketenangan. Maka dari itu, berbicara lantang di kereta Tokyo merupakan kesalahan sikap yang sangat fatal. Terlalu asyik pun juga salah karena obrolanmu akan terdengar di tengah suasana tenang saat berkereta di Jepang. Tak tanggung-tanggung, dering telepon genggam juga dapat membuat orang lain jengkel. Jaga ketenangan dengan mode silent. Daripada mengusik ketenangan, mendingan baca buku selama perjalanan.

5. Sadar Diri, Terkadang Headphones Tidak Kedap Suara

Sumber : pexels.com

Jangan menyetel musik terlalu keras meskipun kamu memakai headphones. Sebagai perbandingan, mungkin kamu sebagai pengguna commuter line Indonesia punya pengalaman mendengarkan musik yang tidak ingin kamu dengar akibat volume headphones yang terlalu tinggi. Bagaimana perasaanmu? Risih bukan? Sama halnya seperti kereta di Tokyo. Pengguna kereta di sana juga kesal karena hal itu tidak sopan. Turunkan sedikit volumenya demi ketenangan penumpang yang lain.

6. Jangan Makan Tempat!

Grown-ups

Penumpang di kereta bukan hanya kamu seorang, maka dari itu janganlah kamu mengambil tempat orang lain dengan merenggangkan kaki atau meletakkan barang di atas tempat duduk. Hal itu akan menganggu kenyamanan penumpang yang duduk di sebelahmu. Selain itu, orang lain yang ingin duduk juga terampas haknya akibat perbuatan tersebut.

Nah, itulah 6 larangan selama berkereta di Jepang. Perhatikan etika ketika sedang memakai transportasi umum di sana, khususnya kereta. Sebenarnya masih banyak larangan lainnya yang harus kamu hindari ketika berkereta di sana. Tonton video ini untuk melihat parodinya!