fbpx

Jelajahi Berlin dengan Mencicipi Kuliner Khas Jerman Berikut Ini

Jerman memiliki kuliner yang khas dengan rasa yang unik. Daging, kentang, dan sosis menjadi sejumlah bahan yang pasti digunakan. Apabila kamu sedang berkunjung ke Jerman dan berjalan-jalan di Berlin, cicipi sejumlah kuliner khas berikut ini. Dijamin tidak akan menyesal.

Currywurst

kuliner khas Jerman - Currywurst
Sumber: iamexpat.de

Kuliner khas Jerman yang bahkan menjadi kebanggan dari para warganya adalah Currywurst. Bahkan, kamu bisa menemukan Deutsches Currywurst Museum yang didedikasikan khusus untuk kuliner satu ini.

Di setiap sudut Berlin, kamu bisa menemukan tempat untuk memakan sosis bakar satu ini. Unsur utama dari Currywurst adalah saus yang digunakan, mulai dari saus tomat, saus Worcesteshire, dan bubuk kari.

Salah satu restoran terkenal yang menyediakan Currywurst adalah Curry 36. Restoran ini selalu ramai dan dipandang menawarkan Currywusrt terbaik di Berlin.

Spätzle

kuliner khas Jerman - spatzle
Sumber: prostprost.com

Apakah kamu tertarik untuk makan pasta, Kawan Rantau? Kamu bisa mencoba untuk makan Spätzle. Adonan Spätzle terdiri dari telur, tepung, garam, dan air soda. Biasanya, pasta ini disajikan dengan topping keju lumayan banyak.

Awalnya, Spätzle ini merupakan kuliner khas Stuttgart. Akan tetapi, semakin meluas ke seluruh Jerman dan bisa kamu temukan di Berlin.

Königsberger Klopse

Sumber: lecker.de

Nama bola-bola daging yang satu ini berasal dari Prusia dan telah menjadi favorit di Berlin. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Königsberger Klopse adalah daging sapi muda, daging babi, bawang merah, telur, ikan teri, dan tepung.

Sama seperti Currywurst, Königsberger Klopse memiliki saus yang khas. Teksturnya yang creamy dan dicampur dengan lemon menjadikan saus  creamy mixture with capers and lemon unik.

Kamu bisa menikmati Königsberger Klopse di La Soupe Populaire. Restoran satu ini berada di Prenzlauer Allee 242, 10405 Berlin, Jerman.

Bratwurst

kuliner khas Jerman - bratwurst
Sumber: meisterwurtsindia.com

Hidangan dari sosis lainnya yang merupakan kuliner khas Jerman adalah Bratwurst. Biasanya, hidangan satu ini dimakan pada saat sarapan. Akan tetapi, bisa juga dimakan pada siang atau malam hari.

Sekarang ini, bratwurst biasa dihidangkan bersama dengan asinan kubis, salad kentang, lobak, dan mustard. Yang pasti, hidangan satu ini memang menarik untuk dicoba.

Kalau kamu sedang berada di Berlin, kamu bisa mencoba untuk menikmati Bratwurst di Curry at the Wall. Tempat makan ini berada di Zimmerstraße 97, 10117 Berlin.

Senfeier

Sumber: gutekueche.at

Senfeier termasuk makanan sederhana yang terbuat dari telur dan saus imustard yang creamy. Apabila kamu tertarik dengan hidangan berbahan dasar telur, maka mencoba Senfeier bisa menjadi pilihan.

Kemudian, kamu bisa menikmati Senfeier dengan kentang tumbuk atau rebus, nasi, bayam, maupun berbagai jenis sayuran. Biasanya, hidangan satu ini dipersiapkan pada saat Paskah dengan memanfaatkan sisa telur paskah.

Itulah sejumlah kuliner khas Jerman yang bisa kamu temukan di Belrin, Kawan Rantau. Tentu, wisata kulinermu akan semagkin menyenangkan, bukan?

Kamu juga bisa membaca tentang tempat terbaik untuk mencicipi kuliner khas Irlandia.

For Your Information

Apa ciri khas dari kuliner Jerman?

Sosis menjadi salah satu bahan utama yang digunakan.

Apakah Jerman memiliki pasta yang khas?

Ada, Kawan Rantau. Kamu bisa mencoba untuk memakan Spätzle.

Apa saja kuliner khas Jerman yang harus saya coba?

Baca artikel ini untuk tahu jawabanya.

Ingin mengetahui cerita lain di Berlin?