Ini Alasan Kenapa Pramugari Meminta Jendela Pesawat Dibuka

Saat terbang, penumpang sering dikenai berbagai peraturan dan ketentuan dengan tujuan yang kurang jelas. Mengapa penerbang harus menaiki senderan kursi ketika lepas landas dan mendarat? Apakah ponsel yang aktif benar-benar mengganggu sinyal pesawat? Mengapa jendela harus dinaikkan untuk pendaratan?

Untuk pertanyaan jendela penutup, setidaknya, sekarang kita akhirnya mempunyai jawaban. Menurut CN Traveller, “Alasan mengapa para penerbang harus membuka dan menutup jendela mereka bukanlah untuk hiburan pramugari ataupun pemandangan yang lebih baik dari udara, tetapi untuk perlindungan terhadap sengatan matahari, atau untuk mempersiapkan Anda menghadapi sentakan pendaratan: itu terutama untuk keamanan.”

Dalam keadaan darurat, pramugari ditugasi untuk mengevakuasi sebuah pesawat terbang dalam waktu 90 detik atau kurang — menurut peraturan A.S. Penumpang diminta untuk menjaga jendela mereka terbuka selama lepas landas dan mendarat karena ini saat-saat sebagian besar kecelakaan penerbangan terjadi, dan jendela memungkinkan kru penerbangan untuk menilai situasi darurat dan menentukan jalan keluar mana yang paling baik digunakan.

Cahaya alami juga merupakan faktor sukses emergency exit. ”Dengan membiarkan cahaya alami menerangi kabin, untuk keluar secara tiba-tiba mengurangi rasa kebingungan bagi para penumpang dan kru, dan mereka akan lebih mampu bergerak keluar dari pesawat,” lapor Kristen Leigh Painter dari CN Traveler.

Jadi, lain kali seorang pramugari meminta kamu untuk mengangkat jendela, didengarkan saja ya karena ini untuk kebaikanmu sendiri.