fbpx

Hal-hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Berkunjung ke Pakistan

Selama dua dekade terakhir, Pakistan menjadi salah satu desinasi wisata yang sulit dikunjungi. Akan tetapi, beberapa tahun terakhir, telah terjadi peningkatan jumlah wisatawan ke Pakisan. Kalau kamu penasaran dengan negara yang satu ini, berikut hal-hal yang harus kamu tahu sebelum berkunjung ke Pakistan.

Travelling sendirian sudah jauh lebih mudah

Sumber: unsplash.com/Shiza Nazir

Dulu, kalau kamu ingin berwisata ke Pakistan, kamu harus mendapatkan NOC (no-objection certificate). Akan tetapi, sekarang tidak demikian. Kamu sudah bisa bebas melakukan travelling sendirian. Meski tetap ada beberapa tempat yang harus kamu hindari, seperti Provinsi Balochistan.

Akan tetapi, larangan ini dapat berubah sewaktu-waktu. Jadi, kamu bisa mencoba untuk mengeceknya di situs remsi pemerintah Pakistan.

Tidak semua tempat aman

Sumber: unsplash.com/Talhah Sayeed

Bagaimanapun, Pakistan masih merupakan daerah konflik. Jadi, mungkin sekali ada tempat-tempat yang sebaiknya tidak kamu kunjungi.

Untuk kota-kota yang cukup aman kamu kunjungi adalah Lahore dan juga kota terbesar di Pakistan, Karachi. Maka dari itu, lakukan penelitian kecil-kecilan terlebih dahulu mengenai itinerary perjalananmu ke Pakistan.

Gunakan mobil, bis, atau kereta untuk transportasi

Sumber: unsplash.com/Ahsan S.

Pada dasarnya, Pakistan merupakan negara yang cukup luas. Jarak dari satu kota ke tempat lain bisa memakan waktu beberapa jam. Sebagai contoh, dari ibukota Islamabad menuju pengunungan Gilgit-Baltistan bisa menghabiskan waktu 16 jam menggunakan bis.

Akan tetapi, lebih baik kamu menggunakan mobil, bis, atau kereta sebagai alat transportasi. Penerbangan domestik memang tersedia. Akan tetapi, biayanya akan sangat mahal dan tentunya tidak ramah untuk kantong turis.

Keramahan warga tanpa batas

Sumber: unsplash.com/Muhammad Muzamil

Bagi orang-orang Pakistan, menerima tamu merupakan bentuk berkah dari Tuhan dan harus dijamu sebaik mungkin. Jadi, jangan kaget ketika kamu sekadar mengobrol dengan seseorang di jalanan, mereka bisa mengajakmu makan siang penuh di rumah mereka.

Bukan hanya itu, bahka mereka bisa memaksamu untuk memperbolehkan mereka menawarkan tempat untuk tidur. Mereka pun tidak pernah meminta bayaran atas keramahan yang mereka berikan.

Bebas menggunakan bahasa Inggris

Sumber: unsplash.com/Nouman Raees

Apabila kamu takut terkendala bahasa saat berkunjung ke Pakistan, maka kamu tidak perlu khawatir. Sebelumnya, Pakistan merupakan negara jajahan Inggris. Sehingga, bahasa Inggris telah menjadi bahasa mereka. Jadi, kamu bisa bebas menggunakan bahasa Inggris ketika berada di sana. Akan ada banyak orang yang memahami apa yang kamu katakan.

Akan tetapi, lebih baik kamu juga membawa kamus bahasa Urdu apabila kamu berkunjung ke daerah-daerah terpencil. Setidaknya, kamu bisa mempelajari sejumlah bahasa Urdu dasar untuk berkomunikasi dengan warga lokal.

Demikianlah sejumlah hal yang harus kamu ketahui sebelum berkunjung ke Pakistan. Ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi ketika berada di negara ini. Akan tetapi, yang paling penting adalah menaati peraturan yang dicanangkan oleh pihak pemerintah. Supaya kamu tidak mendapat masalah.

Kamu juga bisa membaca tentang hal-hal yang harus kamu ketahui soal Swiss sebelum berkunjung ke negara tersebut.

For Your Information

Mengapa saya harus berwisata ke Pakistan?

Pakistan merupakan salah satu negara yang sulit dikunjungi. Akan tetapi, negara ini menyimpan banyak sekali hidden gems wisata yang tidak dapat kamu duga.

Apakah saya harus bisa bahasa selain Inggris saat berkunjung ke Pakistan?

Apabila kamu takut terkendala bahasa saat berkunjung ke Pakistan, maka kamu tidak perlu khawatir. Sebelumnya, Pakistan merupakan negara jajahan Inggris. Sehingga, bahasa Inggris telah menjadi bahasa mereka. Jadi, kamu bisa bebas menggunakan bahasa Inggris ketika berada di sana.

Apa saja yang harus saya ketahui sebelum berkunjung ke Pakistan?

Baca artikel ini untuk tahu informasinya lebih lanjut.