Finlandia; Negara Paling Bahagia di Dunia

Baru-baru ini Finlandia dinobatkan sebagai “Negara Paling Bahagia di Dunia” oleh World Happiness Report. Tak cukup dengan kemasyuran di bidang pendidikan, Finlandia seolah-olah menyabet semua tolak ukur kebahagiaan yang menjadi penilaian. Pendapatan, kebebasan, kepercayaan, harapan hidup sehat, dukungan sosial, dan kedermawanan.

Kebayang dong, enaknya travelling di negara yang luasnya cuma 338,424 km2 dengan jumlah penduduk sekitar 6 juta jiwa. Selain itu. Finlandia merupakan negara paling hijau di Eropa dan peringkat ke-11 di dunia. So, jangan takut bosan karena “hijaunya” Finlandia akan memanjakan mata kamu dan tentu saja kesempatan untuk menghirup udara yang minim polusi. Fresh!

Kamu yang sudah ancang-ancang ingin liburan atau kuliah di Finlandia, alangkah lebih baiknya mengantongi beragam fakta negara Finlandia yang penuh prestasi ini.

Termasuk ke dalam negara teraman di dunia. Bahkan saking minimnya tindakan kriminalitas di Finlandia ini, jangan kaget jika suatu saat menemui presiden Finlandia tengah berjalan santai di depan gedung parlemen[. Travel Risk Map 2018 menetapkan Finlandia sebagai salah satu negara teraman dengan tolak ukur resiko medis, keamanan tempat tinggal, dan keamanan jalan[.

Sumber: Serambi Indonesia

Helinski, ibu kota paling hijau di dunia. Jika negara Finlandia adalah negara paling hijau peringkat ke-11 di dunia maka Helinski sebagai ibu kota negaranya menduduki peringkat ke-1 di dunia. Perlu kamu ketahui, pemerintah Finlandia tengah mempersiapkan Helinski sebagai ibu kota ramah lingkungan dan bebas motor di tahun 2025 dengan terus memperbaiki sarana transportasi umum untuk menunjang aktivitas masyarakatnya. Wow!

Sumber: Media Tata Ruang

Salah satu negara dengan koneksi internet paling cepat. Biasanya kalau buka media sosial tiba-tiba koneksi internet terputus atau error karena dipakai beramai-ramai pasti kamu suka ngamuk dan bete dong! Akamai-Content Delivery Network- menobatkan Finlandia sebagai salah satu negara dengan koneksi internet tercepat. Bayangkan! Kecepatan terendahpun mencapai 7 Mbps/detik. Kamu bisa rajin update instastories jika liburan ke Finlandia.

Sumber: indohack7

Sistem pendidikan yang bagus menghasilkan Sumber Daya Manusia yang hebat. Masalah kualitas pendidikan dan tenaga pendidiknya, Finlandia memang sudah tidak diragukan lagi. Pemerintah menruh perhatian yang besar untuk hal ini dan tidak heran jika kualitas Sumber Daya Manusia yang dihasilkan juga tidak kalah hebatnya, Kemajuan teknologi, ahli, dan dokter-dokter kualitas terbaik banyak berasal dari negara ini.

Sumber: Serambi Indonesia

Menyaksikan langsung Aurora Borealis atau “Northern Light”. Jika kamu berkunjung pada musim dingin ke Finlandia, jangan lupa untuk menyaksikan Aurora Borealis. Fenomena alam berupa pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet. Waktu terbaik untuk menyaksikannya adalah sekitar bulan Desember hingga Februari.

Sumber: CNN

Berdasarkan keistimewaan Finlandia, kamu wajib memasukkannya ke dalam bucket list liburan. Jika berencana berkunjung pada musim dingin, sebaiknya sudah menyiapkan pakaian yang pas mengingat Finlandia termasuk negara yang ekstrim dinginnya menjapai -30℃.