fbpx

Fernando de Noronha, Brazil Dibuka untuk Turis yang Pernah Terkena COVID-19

Seperti banyak destinasi wisata lainnya di dunia, pulau-pulau yang ada di Brazil juga ingin segera membuka pariwisata mereka. Akan tetapi, satu pendekatan unik dilakukan di Kepulauan Brazil satu ini. Apabila destinasi wisata lainnya mensyaratkan hasil tes COVID-19 negatif, maka kepulauan Fernando de Noronha, Brazil hanya memperbolehkan pengunjung yang pernah terkena COVID-19 dan dinyatakan sembuh.

Fernando de Noronha, Kepulauan di Brazil

Sumber: mauriciotravels.com

Fernando de Noronha merupakan kepulauan yang terletak di pesisir bagian timur laut Brazil. Kepulauan tersebut terkenal akan kehidupan bawah lautnya, pantai, dan juga pegunungan. Untuk sekarang ini, hanya terdapat 3.100 penduduk lokal yang tinggal tersebut. Pihak Pemerintah Brazil selalu mengupayakan supaya para penduduk tersebut tetap aman meskipun pariwisata akan dibuka kembali.

Pada dasarnya, Fernando de Noronha merupakan harta karun tersembunyi di Brazil. Tidak banyak turis yang mengetahui keberadaan dari kepulauan cantik satu ini. Untuk bisa berkunjung ke Fernando de Noronha, kamu harus menaiki pesawat dari Natal atau Recife.

Di sejumlah pantai terdapat pembatasan jumlah turis yang boleh berkunjung. Tidak mengherankan apabila pemerintah lokal memberlakukan pendekatan berbeda untuk menarik minat wisatawan ke kepulauan ini. Suasana yang sepi dan juga damai dapat dengan mudah kamu temukan di Fernando de Noronha.

Persyaratan masuk

Sumber: news.eutelsat.com

Andre Longo, sekretaris kesehatan negara bagian Pernambuco menyatakan, “Sudah tidak ditemukan lagi penyebaran COVID-19 di kepulauan ini dalam waktu yang cukup lama. Kita harus tetap menjaga kondisi tersebut. Yang jelas, langkah tersebut harus dipertimbangkan dalam menjaga keamanan warga dan mengaktifkan kembali aktivitas perekonomian di kepulauan tersebut.”

Untuk membuktikan bahwa pengunjung tersebut telah sembuh dari COVID-19, maka mereka harus menyerahkan hasil dari tes yang mereka lakukan. Pertama, kamu bisa menggunakan hasil tes PCR yang dilakukan tidak lebih dari 20 hari sebelum kedatangan. Lalu, kamu juga bisa menggunakan hasil serological test positif untuk menunjukkan keberadaan antibodi yang diambil maksimal 72 jam sebelum keberangkatan.

Mengenai imunitas dari seseorang yang pernah terserang COVID-19 memang masih menjadi pertanyaan. Pihak Coronavirus Disease Center (CDC) menyatakan bahwa para peneliti masih meneliti lebih jauh apakah orang yang telah terinfeksi COVID-19 dapat terinfeksi kembali.

Tidak dapat dipungkiri bahwa di tengah pandemi seperti ini, salah satu bidang yang paling terdampak adalah bidang pariwisata. Upaya dari Fernando de Noronha ini bukan berarti tidak memiliki potensi risiko, Kawan Rantau. Akan tetapi, pendekatan kreatif tapi juga tetap aman bagi warga dan pengunjung tempat wisata menjadi prioritas utama. Apakah kamu setuju?

Baca juga informasi mengenai Palawan Island, surga tersembunyi yang berada di Filipina.

For Your Information

Apa itu Fernando de Noronha?

Fernando de Noronha merupakan kepulauan yang terletak di pesisir bagian timur laut Brazil. Kepulauan tersebut terkenal akan kehidupan bawah lautnya, pantai, dan juga pegunungan.

Apa keunikan dari Fernando de Noronha?

Untuk sekarang ini, kepulauan tersebut terbuka bagi para wisatawan yang pernah terkena COVID-19. Informasi selengkapnya dapat kamu baca di sini.

Ingin mengetahui cerita lain di Brasilia?