fbpx

Dilema Turis Indonesia Mencari Internet di Luar Negeri

Liburan ke luar negeri menjadi momen yang paling dinantikan banyak orang untuk melepas penat setelah berbulan-bulan beraktivitas. Menjelang liburan, peralatan pasti semakin disiapkan, terutama internet di luar negeri yang sudah menjadi kebutuhan primer di era digital. Manfaatnya begitu terasa, seperti mudah mencari informasi tempat, pesan penginapan, dan paling penting update di sosial media sebagai branding diri sedang berada di tempat favorit.

Akan tetapi, seringkali pelancong Indonesia dilema ketika berurusan dengan internet di luar negeri, apalagi jika pergi ke tempat yang masih jarang dikunjungi wisatawan asing. Kebingungan melanda pikiran ketika dihadapkan pada pilihan membeli sim card di negara asal & tujuan atau menyewa portable wifi.

Sumber: http://www.nomadahowfar.com

Sebenarnya keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Negara, harga dan bandara tujuan menjadi faktor utama memilih akses internet terbaik ketika berada di luar negeri. Hal yang perlu diingat adalah tidak semua bandara atau area publik di luar negeri memiliki jaringan internet yang baik. Maka dari itu, bagi pembaca yang sedang kebingungan, artikel ini cocok dibaca sampai selesai untuk menentukan akses internet yang mudah dipakai dan sesuai kebutuhan.

1. Sewa Internet di Luar Negeri dengan Portable Wifi

Saat ini sedang marak fenomena sewa portable wifi untuk memenuhi kebutuhan internet di luar negeri. Ada yang bilang jika sewa wifi langsung di negara tujuan, maka harus bersabar untuk bisa memakai fasilitasnya. Pasalnya, pengunjung baru bisa mencari dan menggunakannya ketika sampai di destinasi. Jika begitu, bayangkan jika pengunjung baru sampai di bandara tengah malam dan sulit mengaktifkan internet, maka akan kerepotan, bukan?

Sumber: http://www.worldsim.com

Harga yang relatif mahal membuat turis Indonesia perlu menimbang lagi untuk menyewa wifi, tergantung destinasi negaranya. Dilansir dari klook, wifi 4G untuk Korea Selatan pengambilan di sana langsung seharga Rp 33.875 per hari per perangkat. Mending kalau liburannya ramai-ramai bisa patungan, akan tetapi jika sendirian maka biayanya dapat membobol dompet secara dalam.

Sumber: phinemo.com

Segala hal di dunia ini memiliki kekurangan dan kelebihan. Di samping kekurangannya dari segi harga, akan tetapi portable wifi memiliki kelebihan dari efisiensi. Pasalnya, wifi dapat terkoneksi hingga 5 gawai dengan minimal jarak 10 m. Selain itu, ukurannya kecil sehingga praktis untuk berbagi perjalanan di media sosial.

Supaya lebih tenang, maka sewalah dari tempat asal sebelum berangkat karena harga paketnya jauh lebih murah dan bisa digunakan dari sebelum sampai destinasi. Lalu, pilihlah wifi yang selalu bisa diaktifkan kapanpun dan di manapun. Rajin-rajinlah mengulik instagram untuk mengetahui penyewaaan portable wifi di Indonesia yang selalu siap sedia.

2. Membeli Sim Card Lokal

Cara yang satu ini merupakan hal paling umum dilakukan. Pembelian sim card sebagai opsi untuk akses internet lebih murah dibandingkan sewa wifi. Selain itu, bagi pecinta solo travelling, sim card menjadi alat andalan untuk menghemat biaya internet di luar negeri.

Sumber: http://www.befreetour.com

Akan tetapi, kekurangannya adalah sim card hanya bisa mengkoneksi 1 gawai dan tidak semua tipe bisa personal hotspot. Dengan begitu, setiap orang harus memiliki sim card masing-masing supaya tetap bisa berkomunikasi. Selain itu, jika handphone bukan dual sim card, maka akan sedikit kerepotan untuk menukarnya. Akan tetapi, masalah tersebut bisa disiasati secara lebih efektif dengan menggunakan Whatsaap tanpa harus merubah nomor.

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan dari pilihan membeli sim card atau menyewa portable wifi ketika jalan-jalan ke luar negeri. Saking butuhnya, jaringan internet bisa menentukan mood bepergian, apabila jelek maka turis tidak bisa update di sosial media. Pun, akan ada komunikasi yang terlewat karena tidak bisa mengecek situasi melalui smartphone. Semoga artikel ini dapat membantu pembaca anak rantau yang sedang merencanakan liburan akhir tahun ke luar negeri, ya!

Kalau sudah bisa memilih akses internet terbaik, maka selanjutnya bekali dirimu dengan persiapan menghadapi jetlag di pesawat. Kondisi tersebut turut berkontribusi pada keseruan liburan, apabila efeknya terlalu lama, maka suasana menjadi sedikit kacau.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?