fbpx

Tips Wisata Hemat di Brunei dengan Budget Mahasiswa

Brunei Darussalam mungkin ukurannya tak jauh berbeda dengan Singapura. Tapi, mungkin popularitasnya tak sebesar negeri Singa itu. Lalu, kira-kira, apa yang bisa kamu lakukan di negara tersebut? Adakah tips wisata hemat di Brunei untuk kamu yang hanya punya budget mahasiswa?

Coba, deh, baca ulasan kami berikut ini. Siapa tahu kamu betul-betu bisa menikmati Brunei dengan biaya yang tidak terlalu mahal.

Berkunjung ke masjid-masjid paling keren di Asia

Tips wisata hemat brunei - Masjid Omar Ali Saefuddien
Masjid Omar Ali Saifuddien. Sumber: khazanah.republika.co.id

Salah satu atraksi wisata paling terkenal dari Brunei Darussalam adalah masjidnya yang indah. Arsitekturnya yang begitu cantik membuat masjid di Brunei bukan sekadar menjadi tempat ibadah.

Kalau kamu sedang berkunjung ke Bandar Seri Begawan, kamu bisa pergi ke Masjid Omar Ali Saifuddien. Masjid ini berdiri di dekat sungai Brunei yang sangat cantik. Kemudian, kamu juga bisa pergi ke Masjid Jame’ Asr Hassanil Bolkiah yang disebut-sebut merupakan masjid terbesar di Brunei.

Untuk pengunjung non-muslim, kamu masih bisa masuk ke dalam masjid di luar waktu salat. Jadi, kamu tidak perlu khawatir.

Berkunjung ke desa apung

Kampong Ayer. Sumber: atlasobscura.com

Ingin merasakan sensasi naik kapal di Venesia? Maka kamu harus berkunjung ke Kampong Ayer. Berhubung ada sekitar 13,000 rumah di desa apung ini, tak heran apbila Kampong Anyer disebut sebagai Venice of the East.

Untuk mengelilingi desa, kamu harus menaiki kapal feri yang tersedia. Percayalah, kamu akan menemukan berbagai bangunan unik di dalamnya, mulai dari sekolah, masjid, hingga restoran.

Museum gratis ada di mana-mana

Tips Wisata Hemat Brunei - Museum Reoyal Regalia
Museum Royal Regalia. Sumber: asiatravelgate.com

Kalau kamu senang mengunjungi museum, maka berbahagialah. Karena banyak sekali museum di Brunei Darussalam yang bisa kamu masuki secara gratis.

Salah satu museum terbaik yang dapat kamu kunjungi adalah Royal Regalia. Melalui museum ini, kamu bisa mempelajari lebih jauh tentang Sultan dan bagaimana kehidupannya.

Lalu, untuk Museum Brunei, kamu bisa menemukan sejarah, etnografi, serta pameran saat Brunei masih dijajah oleh Inggris.

Makan-makan di Pasar Gadong

Pasar Gadong. Sumber: dztraveller.com

Supaya lebih hemat untuk makan, kunjungi Pasar Gadong yang selalu buka pada pukul 16.00. Di sana, kamu bisa menemukan berbagai pedagang yang menjajakan berbagai makanan, mulai dari nasi hingga mi.

Di pasar ini, kamu bisa menemukan sate, ikan bakar, dan juga daging bakar. Yang pasti, akan ada banyak jajanan enak di pasar ini.

Surga belanja

Sumber: shutterstock.com

Ternyata, Brunei Darussalam termasuk negara yang menerapkan pajak yang rendah. Jadi, kalau kamu berbelanja di Brunei, akan lebih murah dibandingkan negara lainnya. Mengunjungi Bandar Seri Begawan akan membuat kamu betah belanja.

Pada dasarnya, akan ada banyak sekali jalan menuju Roma untuk kamu berwisata tanpa mengeluarkan biaya lebih. Jadi, jangan khawatir ya, guys.

Kamu juga bisa membaca tips wisata hemat di Tokyo. Dijamin sesuai dengan budget mahasiswa.

For Your Information

Mengapa saya harus wisata ke Brunei Darussalam?

Meskipun negara kecil, Brunei Darussalam menyimpan berbagai atraksi wisata yang tak ada duanya. Salah satunya adalah Kampong Ayer, desa terapung terbesar di dunia.

Apakah saya bisa melakukan wisata hemat di Brunei Darussalam?

Tentu bisa. Sejumlah atraksi wisata di negara ini tidak memungut biaya.

Apa saja atraksi wisata yang ada di Brunei Darussalam?

Baca ulasan kami melalui artikel berikut ini. Dijamin kamu nggak akan menyesal.

Ingin mengetahui cerita lain di Bandar Seri Begawan?