Bunga Tulip Berasal dari Turki apa Belanda?

Selama ini Bunga Tulip identik dengan negara Belanda karena sudah menjadi icon negara tersebut. Tetapi tahukah kamu, mulanya Bunga Tulip dibudidayakan di negara Turki? Bunga tersebut awalnya tumbuh liar di kawasan pegunungan Pamir dan pegunungan Hindu Kush dan stepa di Kazakhstan. Karena keindahan dan kecantikannya dapat memikat Kerajaan Ottoman Turki sehingga mulai dibudidayakan pada tahun 1080 Masehi.

Sumber: tourturki

Seiring perkembangannya, banyak fakta menarik yang harus kamu ketahui tentang asal muasal bunga ini sampai berkembang dan terkenal di negara ‘Kincir Angin’. Bisa juga kamu jadikan referensi perjalanan nantinya jika berkesempatan mengunjungi Istanbul di bulan April atau Mei. Tertarik? Mari kita bahas!

Bunga Tulip merupakan bunga nasional Turki. Motif bunga ini seringkali digunakan pada ornament-ornamen dari Turki dan Persia.

Sumber: Kompasiana

Bunga Tulip mulai dibudidayakan di kebun Sultan Mehmed II pada tahun 1451-1481 M. Sedangkan di negara Belanda, bunga ini baru dikenal pada tahun 1594 yang ditanam di Hortus Botanicus of Leiden oleh Clusius.

Sumber: Tour ke Turki

Turki dibawah kekuasaan Sultan Ahmed III dikenal sebagai era “Lale Devri” atau “Era Tulip”.  Pada masa ini, adanya dewan khusus yang membudidayakan bunga Tulip dan memberikan panggilan yang puitis untuk bunga-bunga tersebut seperti “Those that burn the heart”, “Matchless Pearl”, “Rose of Colored Glass”, “Increaser of Joy”, “Star of Felicity”, dan lain-lain.

Sumber: Travelling Eropa

Kata “tulip” berasal dari bahasa Turki “Turban” yang berarti penutup kepala. Dinamakan demikian karena bentuk bunga tersebut yang menyerupai turban atau penutup kepala bagi laki-laki di Turki.

Sumber: Digiyan.com

Istanbul Tulip Festival. Meskipun Belanda menyebut dirinya sebagai penghasil Tulip kualitas terbaik maka Turki tetap melestarikan bunga ini sebagai negara pertama yang membudidayakannya. Festival Bunga Tulip di Turki diadakan pada awal April hingga awal Mei sebagai symbol datangnya musim semi. Hamparan Bungan Tulip yang menyerupai permadani ini akan kamu temui di tempat-tempat terbuka kota Istanbul.

Sumber: design-dautore.com

Banyak tempat terbaik yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati Festival Bunga Tulip. Tidak hanya Istanbul, keindahan bunga Tulip ini dapat kamu nikmati di beberapa tempat. Sebut saja Gulhane Park, Emigran Park, Yildiz Park, dan beberapa tempat lainnya.

Sumber: tripadvisor.com

Mengunjungi kota Istanbul pada musim semi akan terasa kurang lengkap jika kamu tidak menghadiri festival bunga yang melambangkan kesempurnaan dan cinta yang abadi ini. Tak hanya itu kamu juga bisa menikmati jajanan dan oleh-oleh khas Turki. Bunga Tulip yang memenuhi pusat-pusat Istanbul akan menebarkan hawa segar nan ceria menyambut wisatawan yang datang. Terasa pas untuk kamu melepas penat dan berburu pengalaman baru di negeri orang.