fbpx

Budget untuk Backpacker ke India

Beberapa tahun terakhir, cerita perjalanan tentang India melalui blog, instagram, atapaun youtube mulai sering berlalu-lalang pada laman internet. Jika selama ini India hanya sebatas sudut pandang tayangan produksi Bollywood, maka sekarang kesempatan untuk merasakan langsung alam India secara langsung terbuka lebar.

Kekayaan sejarah, warna-warni budaya, serta keeksotisan alamnya menjadi daya tarik turis untuk mengunjungi anak benua ini. Sebagai negara dengan penduduk terbanyak di dunia dengan segala kemacetan, riuh rendah suara bising, dan sapi yang berselewaran kamu tidak boleh melewatkan pesona magis dataran luasnya. Dilansir melalui channel youtube Mohd. Agoes Aufiya, yuk hitung-hitungan asumsi budget untuk backpacker berdua ke India.

5. Penginapan

Perkiraan harga penginapan di kawasan Parganas adalah 300.000 per malamnya. Harga ini diasumsikan tidak terlalu mahal atau pun murah dengan kondisi tempat penginapan double room (bagi kamu yang backpacker berdua), pendingin ruangan, air panas, dan layanan breakfast. Sebelum mengklik tombol booking, pastikan terlebih dahulu kamu sudah melihat review dan rating dari tempat penginapan tersebut ya.

sUMBER: Dewa Dewi

4. Transportasi

Perencanaan budgeting ini disusun secara garis besar bagi kamu yang akan berwisata di sekitaran New Delhi dengan perkiraan biaya Rp 900.000 menggunakan moda transportasi sejenis Uber dan bajaj. Iya! bajaj merupakan transportasi asli dari India. Namun jika menggunakan transportasi umum seperti Metro atau MRT, pengeluaran biaya akan cenderung lebih murah.

Untuk menjelajai Agra, kamu bisa menyiapkan budget sekitar Rp 400.000 dengan menggunakan kereta atau bus berAC.

Sumber: Connext

3. Konsumsi

Kamu bisa menyiapkan anggaran dana sekitar Rp 200.000 untuk sekali makan berdua. Budget tersebut cukup untuk tempat makanan sekelas KFC, McD, restoran Mughal, ataupun chinesee food. Biaya maka tidak apa-apa jika dilebihkan sedikit karena sebagain dari kamu bisa saja tidak bisa beradaptasi dengan makanan asli setempat.

Sumber: Mari Pelesir

2. Objek Wisata

Rekomendasi obyek wisata berbayar di sekitaran Delhi menurut youtubernya, kamu bisa mengunjungi Humayuns’s Tomb, Qutub Minar, dan Amber Ford dengan biaya masuk Rp 100.000 per orangnya.

Sedangkan untuk kawasan Agra, kamu bisa mengunjungi Agra Ford (biaya masuk Rp 100.000 per orang)  dan si paling terkenal, Taj Mahal, dengan biaya masuk Rp 200.000 per orangnya. Alangkah lebih baiknya jika kamu mempelajari dan menggali informasi mengenai berbagai obyek wisata untuk memudahkan penyusunan budget perjalanan.

Sumber: Masih Baru

1. Rupee sama dengan 203.91 Rupiah Indonesia

Perkiraan biaya di atas hanya hitungan kasar dari trip backpacker ke India. Tidak ada salahnya jika kamu memulai mencari informasi kemudian menyususun anggaran perjalanan sebagai acuan untuk mempersiapkan dana liburan.

Terakhir, Selamat betualang di India!